Gaya Hidup

Referensi 12 Macam Aglonema yang Pas untuk Hiasi Rumah

PORTALRAKYAT – Tanaman jenis aglonema merupakan salah satu tanaman hias yang populer dan bisa dibilang cukup naik daun saat ini. Sebenarnya jenis aglonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sudah lama ada di Indonesia namun popularitasnya baru mencuat kembali di tengah masyarakat.

Beberapa jenis aglonema juga cukup populer di Asia Tenggara dan salah satunya di Indonesia. Hal ini karena tanaman hias jenis aglonema tidak tahan pada udara dingin dan membutuhkan kondisi lingkungan yang hangat supaya bisa tumbuh dengan normal. Sedangkan lingkungan yang hangat mudah didapatkan di Indonesia.

Ada bermacam-macam jenis aglonema yang tumbuh dan bisa dijadikan tanaman hias untuk rumah Anda. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai jenis aglonema tersebut dari berbagai sumber, Minggu (6/9/2020).

Jenis Aglonema yang Pertama

  1. Aglonema Cutlass

Jenis aglonema ini memiliki sebutan yaitu tanaman pisau. Jenis aglonema ini memiliki keunikan, yaitu memiliki daun melancip layaknya sebuah pisau dan memiliki perpaduan warna daun hijau yang didominasi warna putih.

  1. Aglonema Silver Queen

Nama dari jenis aglonema ini berasal dari daun yang lebar dan dominasi warna perak yang jauh lebih banyak dibandingkan warna hijaunya. Jenis aglonema ini seakan menjadi standar bagi tanaman hias karena tampilannya yang sangat indah. Jenis aglonema ini termasuk salah satu jenis aglonema yang memiliki harga mahal jika dijual.

  1. Aglonema Silver King

Beda dengan jenis aglonema sebelumnya, aglonema ini punya daun yang tidak terlalu lebar dan warna daunnya masih cukup didominasi warna kehijauan. Perawatan jenis aglonema ini cukup sulit sebab batangnya harus dipotong secara berkala supaya bagian kuncupnya tidak terbuka dan menyebabkan tersebarnya serbuk sari ke seluruh ruangan maupun lokasi diletakannya jenis aglonema ini.

  1. Aglonema Harlequin

Sedangkan jenis aglonema ini memiliki ukuran kecil dan cocok diletakkan di dalam ruangan. Jenis aglonema ini akan menyesuaikan warna daunnya sesuai dengan jumlah cahaya yang diterima. Apabila semakin banyak daun aglonema jenis ini terkena cahaya matahari, maka warna dari daun aglonema ini akan berubah menjadi kuning cerah yang sedap untuk dipandang.

  1. Aglonema Modestum

Jenis aglonema ini termasuk dalam 10 tanaman terbaik yang mampu membersihkan udara di dalam ruangan. Jenis aglonema ini memiliki daun berwarna hijau keputihan yang berasal dari batang utamanya. Jenis aglonema ini tidak boleh diberi air berlebihan sebab asupan air berlebihan bisa membuat warna dari aglonema berubah menjadi layu dan menguning.

  1. Aglonema Nitidum

Salah satu jenis aglonema ini sangat unik, karena tidak punya pola serta warna daun seperti jenis aglonema lainnya. Jenis aglonema ini memiliki warna daun hijau gelap dan cukup mampu tumbuh di ruangan yang minim akan cahaya. Meski kurang cahaya, daun pada jenis aglonema ini masih tetap terlihat hijau dan indah.

  1. Aglonema Brilliant

Sedangkan pada jenis ini, warna dan pola pada daunnya sangat indah layaknya tulang ikan. Pola warna pada jenis aglonema ini selang seling dan menarik mata serta membuat jenis aglonema ini berbeda dari tanaman hias lainnya.

  1. Aglonema Widuri

Jenis aglonema widuri memiliki warna indah dan cerah dilengkapi dengan warna daun hijau lengkap dengan urat yang berwarna merah cerah. Perawatan jenis aglonema ini butuh lebih banyak cahaya agar daunnya terlihat cerah dan tidak pucat.
Jenis Aglonema yang Terakhir

  1. Aglonema Suzy

Aglonema jenis ini mampu hidup meski tanpa asupan cahaya yang memadai. Tanaman ini mampu untuk toleransi dan tahan terhadap lingkungan hidup yang minim cahaya untuk waktu yang lama. Itulah mengapa untuk merawat jenis aglonema ini tidak terlalu repot.

  1. Aglonema Red Gold

Selanjutnya ada jenis aglonema yang merupakan salah satu tanaman hias cukup unik, sebab memiliki warna daun yang sangat hijau dengan paduan emas disertai urat dengan warna merah muda. Tanaman hias ini ternyata juga cukup diminati serta populer karena warnanya yang indah dan bisa membuat ruangan menjadi terlihat lebih menarik serta tidak membosankan.

  1. Aglonema Maria Christina

Jika ingin memilih jenis aglonema ini, maka pastikan udara di lingkungan tempat tinggal cukup dingin. Sebab jenis aglonema ini lebih cocok hidup udara yang dingin. Bahkan jenis aglonema ini sangat baik menahan udara dingin dibandingkan dengan jenis aglonema lainnya. Sehingga tidak perlu khawatir apabila tanaman ini diletakkan di luar ruangan sekalipun.

  1. Aglonema Emerald Bay

Sedangkan jenis aglonema yang terakhir ini memiliki susunan daun yang cenderung lebih rapat dan cukup tebal. Hal tersebut memberi daya tarik tersendiri, sebab kerapatan susunan daun tersebut menjadikannya sangat indah apabila diletakkan di dalam rumah. Pada jenis aglonema ini, juga terdapat karakter yang bisa mudah dikenali, yaitu daun yang berwarna hijau dengan aksen perak sehingga membedakan dari jenis aglonema lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top