Gaya Hidup

6 Fintamin ini Banyak Nutrisi yang Dapat Membuat Tubuh Sehat

6 Fintamin ini Banyak Nutrisi yang Dapat Membuat Tubuh Sehat

Portal-Rakyat.com – Ngomongin nutrisi pasti sangat terkait dengan kesehatan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, asupan nutrisi sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Tapi, bukan hanya soal kesehatan tubuh saja yang terdampak pandemi.

Perekonomian masyarakat juga kena imbasnya. Banyak yang harus kehilangan pendapatan, bahkan mata pencaharian. Hal ini bisa terjadi karena masyarakat Indonesia secara umum tidak memiliki manajemen keuangan yang matang, khususnya perencanaan untuk mengatur dana darurat.

Merujuk hasil survei Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) 2020, sebanyak 46% responden di Indonesia mengaku dana darurat yang mereka miliki hanya dapat menyambung hidup selama seminggu.

Fakta inilah yang membuat Bank Jago meluncurkan program edukasi bertajuk Financial Vitamin (Fintamin). Ini merupakan serangkaian “nutrisi” yang dapat membantu menjaga kesehatan dan daya tahan finansial personal dan keluarga, tak terkecuali anak-anak muda.

Lantas mengapa program ini penting bagi keluarga dan anak muda? Maklum keluarga muda di Indonesia kebanyakan merupakan generasi sandwich. Mereka tidak hanya menanggung keluarga inti (isteri dan anak), tapi juga keluarga lain seperti orang tua. Intinya mereka punya banyak tanggungan. Karena itu banyak dari mereka tidak memiliki kontrol keuangan yang baik, dan tingkat literasi finansial yang rendah.

“Kami terus berupaya memahami kebutuhan masyarakat termasuk tantangan finansial yang seringkali dialami dalam keseharian mereka. Fintamin kami percaya akan mempermudah masyarakat belajar meningkatkan kesehatan finansialnya,” ujar Head of Product and Marketing Bank Jago Andy Djiwandono dalam acara jumpa pers di Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Nah layaknya menjaga daya tahan tubuh, konsumsi Fintamin perlu dilakukan secara rutin dan disiplin. Lalu apa saja sih rangkaian Fintamin A sampai K yang merupakan kebiasaan finansial dapat digunakan melalui fitur-fitur di aplikasi Jago, berikut penjelasannya.

1. Fintamin A, mulai deh menganalisa pengeluaran kamu

Melalui fitur Analisis Pengeluaran, kamu bisa mulai mempelajari cash flow dan menentukan cara agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan kamu. Ya istilahnya jangan sampai besar pasak dari tiang. Kamu yang suka boros, mulai deh ngerem pengeluaran biar keuangan kamu nggak ambyar.

2. Fintamin B, penuhi kebutuhan bukan keinginan

Selama ini mungkin banyak dari kamu yang lebih mementingkan keinginan, bukan kebutuhan saat berbelanja. Nah sebaiknya mulai sekarang kamu mesti punya skala prioritas dalam mengatur keuangan agar kesehatan finansial kamu meningkat.

Nah di fitur ini kamu bisa menggunakan Kantong Jago untuk mengatur alokasi pengeluaran, mulai dari cicilan, belanja harian, untuk hobi dan lain sebagainya. Nah dengan perencanaan yang baik, kebiasaan menabung bisa mulai terbentuk.

3. Fintamin C, cek pengeluaran sesuai rencana nggak

Pastikan kamu sudah membagi dana yang dibutuhkan agar beragam rencana yang telah ditentukan bisa tercapai. Jangan lupa juga membayar kewajiban tepat waktu dengan fitur Rencanakan. Jadi jangan sampai pengeluaran kamu melenceng dari rencana yang sudah ditentukan.

4. Fintamin D, yuk disiplin menabung dan investasi

Nah sebaiknya sih kamu mulai disiplin menyisihkan dana secara rutin untuk masa depan yang lebih baik. Lewat fitur Kantong Terkunci Jago, kamu dapat meraih target keuangan yang sesuai untuk mewujudkan mimpimu.

Memang sih banyak teori yang menganjurkan sebaiknya kamu menyisihkan 30% dari pendapatan untum ditabung. Tapi sebenarnya nggak harus sebesar itu. Sesuaikan saja dengan kemampuan kamu. Misalnya jika baru sanggup 1% persen dari pendapatan, ya nggak apa-apa juga. Yang penting kamu konsisten menyisihkan pendapatan untuk ditabung.

“Untuk sampai ke level yang ideal, tentunya harus dimulai dulu. Banyak orang menunggu nanti saja ketika uangnya sudah cukup. Padahal semakin cepat kita memulai mengambil langkah untuk mengatur keuangan dengan lebih baik, tentunya hasilnya akan lebih maksimal,” ujar Financial advisor dan financial coach, Philip Mulyana.

Selain itu, kamu juga bisa mulai belajar untuk berinvestasi. Apalagi saat ini, banyak platform investasi digital yang bisa diakses dengan mudah seperti Bibit. Kamu bisa mengaksesnya dengan auto debit melalui aplikasi Jago.

5. Fintamin E, eksplor cadangan masa depan

Nah lewat fitur ini kamu bisa mulai belajar skillset baru, memperluas pengetahuan tentang usaha dan beragam jenis investasi. Selain itu, kamu juga bisa mencari peluang baru untuk menambah penghasilan.

Tapi kamu harus pastikan memisahkan dana pribadi dan pendapatan tambahan dengan Kantong Jago agar tidak tercampur sehingga target keuanganmu bias lebih cepat tercapai.

6. Fintamin K, kolaborasi

Nah buat kamu yang sudah memiliki pasangan, nggak ada salahnya saling bahu membahu dalam menabung agar lebih cepat meraih tujuan finansial. Kamu bisa lebih mudah dan transparan dalam mengatur keuangan bersama pasangan melalui fitur Kantong Bersama dan Kantong Berbagi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top