Gaya Hidup

5 Tips Belanja Online yang Aman Tanpa Kartu Kredit

5 Tips Belanja Online yang Aman Tanpa Kartu Kredit

Portal-Rakyat.com- Saat ini berbelanja online semakin digemari masyarakat. Apalagi kini banyak kemudahan, misalnya fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang marak ditawarkan di sejumlah e-commerce.

Salah satu fasilitas yang kini marak ditawarkan adalah sistem pembayaran paylater. Metode ini sejatinya meringankan konsumen karena pembayaran bisa dilakukan dengan cara dicicil dalam jangka waktu tertentu.

Hampir semua kebutuhan, mulai dari bahan makanan, tagihan bulanan, hingga keperluan travelling, dapat dipenuhi menggunakan layanan tersebut. Jadi, tak hanya memudahkan, layanan ini juga praktis digunakan untuk memenuhi kebutuhan apapun.

Biasanya, e-commerce menjalin kerja sama dengan lembaga multifinansial yang legal, kredibel, dan terdaftar di OJK saat memberikan fasilitas ini. Jadi, nasabah tak perlu ragu lagi dengan keamanan serta risiko bunga selangit karena dijamin layanan cicilan tanpa kartu kreditnya terpercaya.

Namun, kamu harus disiplin ya ketika menggunakan layanan ini. Sebab, risiko pemakaian layanan cicilan tanpa kartu kredit datang dari kebiasaan dan perilaku belanja dari penggunanya sendiri. Karena memudahkan transaksi, tak jarang konsumen malah kalap saat berbelanja.

Nah agar pemakaian cicilan tanpa kartu ini tetap memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal, sebaiknya kamu perhatikan 5 tips berikut ini.

1. Tahan diri dari godaan promosi

Sebaiknya kamu bijak saat berbelanja online dan nggak gampang tergiur dengan beragam promo yang ditawarkan. Kan sering banget e-commerce menawarkan promo cashback, potongan harga, beli 1 gratis 1. Sebaiknya kamu bisa menjaga hasrat belanja. Sebaiknya kamu berbrelanja sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan.

Sebab, pada dasarnya, promosi itu agar menguntungkan konsumen dan mampu menghemat pengeluaran belanja, bukan sebaliknya.

Layanan cicilan online dapat membuka jalan bagi kamu untuk tetap berbelanja meski amu nggak punya uang. Tapi jika digunakan secara berlebihan, bukannya pengiritan, tapi malah memberikan kesempitan bagi dompet kamu dan kamu hanya akan ‘menabung’ utang.

2. Selalu bandingkan harga barang serta tingkat bunga cicilan

Kamu tentu ingin membeli barang dengan harga yang paling terjangkau? Karena itu kamu perlu membandingkan banyak toko berbeda. Terutama jika produk incaran memiliki harga yang cukup selangit, seperti, smartphone, laptop, atau kamera.

Tak hanya mencari informasi toko mana yang memberikan harga termurah, kamu juga dapat mengetahui seperti apa layanan cicilan tanpa kartu kredit yang ditawarkan. Apakah bunganya terjangkau, variasi tenor pelunasannya, serta biaya tambahan apa saja yang harus dibayar, semuanya informasi tersebut dapat diketahui dengan membandingkan banyak toko online sekaligus. Dengan begitu, potensi untuk mendapatkan harga barang termurah serta layanan cicilan yang paling pas akan menjadi lebih tinggi.

3. Pastikan toko online atau marketplace punya reputasi yang baik

Saat ingin membeli produk secara online dengan layanan kredit tanpa kartu, selalu cek reputasi dan kredibilitasnya lebih dulu. Caranya bisa dengan melihat review atau ulasan dari pembelinya terdahulu, reputasi bintangnya, dan lain sebagainya. Jika terpantau kredibel dan dapat dipercaya, maka tidak ada salahnya untuk membeli produk di toko online tersebut.

4. Cek pula kredibilitas lembaga pemberi kredit

Tak hanya reputasi toko online, kamu juga perlu mengecek kredibilitas dari lembaga pemberi kredit atau cicilan tanpa kartu. Sebab, layanan cicilan online biasanya merupakan hasil kerja sama dengan lembaga multifinansial atau fintech. Masing-masing lembaga tersebut tentu mempunyai kebijakan serta regulasi layanannya tersendiri. Karena itu, sebelum memutuskan membeli barang menggunakan cicilan online, bandingkan dulu kredibilitas dan regulasi lembaga pemberi kreditnya.

5. Perhatikan detail tagihan

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah memperhatikan detail tagihan. Dengan begitu kamu dapat melihat skema cicilan, beban bunga, tenor pelunasan, serta biaya tambahan yang harus dibayar.

Dengan mencermati isi tagihan, kamu dapat memastikan bahwa tidak ada biaya tersembunyi atau hal lain yang dapat melonjakkan beban cicilan secara mendadak. Jadi, kamu dapat memperhitungkan apakah cicilan dapat dilunasi dengan lancar hingga tuntas atau tidak.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top