Gaya Hidup

5 Mainan Ini Ternyata Punya Banyak Manfaat Untuk Pendengaran Anak

PORTAL-RAKYAT.COM – Beberapa indra bayi baru lahir belum berkembang secara sempurna. Di antaranya kemampuan melihat dan mendengarnya, Bun.

Namun, seperti yang kita tahu ya, Bun, kalau pendengaran maupun penglihatan bayi belum setajam orang dewasa. Meskipun indra pendengaran sudah mulai berfungsi sejak bayi masih di kandungan.

“Pendengaran bayi mulai berkembang ketika ia masih dalam kandungan. Jadi, anak akan familiar dengan suara Anda ketika dia lahir,” kata Peter Jung, M.D., dokter anak dikutip dari Parents.

Namun, fungsi indra pendengaran tersebut belum optimal, Bun. Makanya, diperlukan stimulasi supaya indra pendengaran bayi berkembang secara optimal.

Awalnya, bayi akan mudah terganggu dengan suara-suara bising yang ada di sekitarnya. Ketika berusia dua bulan, ia akan mulai mencoba untuk meniru suara-suara yang didengarnya.

Nah, di usia empat bulan, bayi akan mulai mengoceh. Ia baru bisa meniru suara orang-orang di sekitarnya pada usia enam bulan.

Untuk menstimulasi pendengaran bayi, Bunda bisa berbicara, membaca, dan menyanyikan lagu untuknya. Ini bukan hanya akan melatih pendengaran bayi, tapi mendorong perkembangan bahasanya.

Selain itu, memberikan mainan bayi juga dapat menstimulasi indra pendengaran si kecil lho. Apa saja mainan bayi yang dapat menstimulasi pendengarannya?

Dirangkum dari berbagai sumber, ini 5 mainan bayi untuk menstimulasi pendengaran. Disimak ya, Bun.

1. Kotak musik

Kotak musik berisi lagu-lagu klasik merupakan cara terbaik untuk membuat bayi merasa senang. Selain itu, mainan ini juga bisa menenangkan si kecil lho.

Bahkan, musik sering digunakan untuk terapi bayi yang lahir prematur. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara musik dengan peningkatan berat badan bayi prematur.

Putarkan berbagai jenis musik, tapi jangan yang terlalu keras. Lalu, lihatlah bagaimana bayi merespons musik tersebut.

Musik apa yang sebaiknya didengarkan bayi? Dikutip dari Baby Center, sebenarnya, semua musik dengan melodi yang bagus dapat membantu bayi tenang dan tertidur. Penelitian menunjukkan bahwa bayi lebih menyukai irama yang tenang dibanding musik bersuara keras.

Selain itu, Bunda juga bisa mendapatkan manfaat dari musik yang menenangkan ini. Katanya, musik dapat membantu memperkuat bonding antara Bunda dengan bayi.

2. Gantungan boks bayi

Mainan bayi ini bisa menstimulasi pendengaran anak dengan catatan, gantungan boks bayi memiliki suara di dalamnya. Bayi sangat menyukai gantungan boks yang memutarkan musik atau suara-suara. Mainan ini juga akan menenangkan si kecil lho.

Perlu diingat, demi keamanan jauhkan mainan ini dari jangkauan bayi ya, Bun. Hal ini untuk menghindari risiko bayi tercekik ketika menarik mainan ini. Gantung mainan ini tepat di depan mata bayi.

Selain bisa menstimulasi pendengaran, mainan ini juga bisa membantu bayi melatih penglihatannya. Warna-warna dan polanya yang kontras dapat melatih penglihatan bayi.

3. Lonceng angin

Mainan bayi selanjutnya adalah lonceng angin. Meski ini bukan benar-benar mainan, suara lonceng yang tertiup angin bisa membuat bayi senang.

Lonceng angin sangat baik untuk perkembangan indra pendengaran bayi. Dilansir Bright Hub Education, bayi juga akan lebih tenang ketika mendengar suata lonceng yang merdu ketika tertiup angin.

Mainan ini tidak selalu harus ditempatkan di dekat bayi. Bunda bisa gantung lonceng angin di mana pun yang bisa terlihat dan terdengar oleh bayi.

Ketika lonceng angin ditempatkan di dekat bayi, ia akan melihat benda tersebut bergerak. Lama kelamaan, bayi akan tertidur ketika mendengar suara dan melihat lonceng angin.

4. Rattle

Rattle atau kerincingan adalah mainan yang berguna untuk pendengaran bayi. Bayi senang dengan suara yang dihasilkan kerincingan.

Ketika si kecil belum bisa memegang benda, Bunda bisa menggerakkan rattle di dekatnya. Bayi juga bisa diberikan rattle yang diikat ke tangan atau kakinya. Ini akan memberinya pengalaman baru dengan membuat suara dari gerakannya sendiri.

Saat bayi sudah bisa memegang benda, rattle berguna juga untuk motorik halusnya. Memegang rattle membuat si kecil belajar tentang aksi reaksi, ketika ia menggerakkan rattle, mainan tersebut akan berbunyi.

5. Mainan bersuara

Mainan yang memiliki suara seperti boneka dan tempat duduk yang ada tombol musiknya bisa menjadi pilihan nih, Bun. Bayi akan menekan tombol-tombol yang menghasilkan bunyi berbeda. Tentunya, ini membantu menstimulasi pendengaran bayi, Bun.

Semoga dengan memberikan mainan-mainan ini, pendengaran bayi bisa terstimulasi dengan baik ya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top