Gaya Hidup

4 Langkah Bisa Kamu Lakukan Untuk Gaya Hidup yang Praktis

4 Langkah Bisa Kamu Lakukan Untuk Gaya Hidup yang Praktis

Portal-Rakyat.com – Gaya hidup minimalis semakin populer, terutam di kalangan generasi milenial dan generasi Z.

Ingin mulai menerapkan gaya hidup minimalis tapi tak tahu harus memulainya dari mana? Simak penjelasannya berikut ini.

Memulai gaya hidup minimalis bisa dilaukan dari hal kecil seperti menyortir barang yang tidak kamu gunakan lagi. Hidup sederhana di dunia yang rumit dan sibuk terasa seperti menghirup udara segar jika kamu terjebak oleh semua hal di sekitar kamu.

Menerapkan gaya hidup minimalis adalah salah satu pilihan menjalani kehidupan dengan cara memiliki barang yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Bukan berarti barang tersebut murah atau sebaliknya mahal ya. Di sini kamu memilih gaya hidup sederhana dengan senyaman mungkin untuk kehidupan.

Dengan gaya hidup minimalis kamu juga bisa membagi dan membatasi tingkat konsumsi kamu gunanya membantu kamu untuk menjalankan kehidupan minimalis.

Jika kamu masih bingung mulai dari mana untuk menerapkan gaya hidup minimalis, kamu bisa menyimak 4 langkah yang dikutip dari kanal Youtbe Simply by Christine, berikut ini:

1. Know your why

Hal ini sangat penting untuk masuk jauh lebih dalam dan bertanya kepada diri sendiri mengapa ingin memulai gaya hidup minimalis, apa tujuannya dan apa yang ingin dicapai.

Kamu dapat luangkan waktu untuk mencari tahu mengapa ingin memulai gaya hidup minimalis, karena tujuan yang jelas akan membawa kamu melalui pasang surut ketika kamu merasa tidak yakin dengan apa yang kamu lakukan.

2. Pahami akar penyebab konsumsi

Konsumsi ini memang tidak bisa dihindari, tapi kamu bisa belajar untuk menolak dari awal untuk menghindari konsumsi yang berlebihan.

Kamu bisa luangkan waktu sejenak untuk berhenti sebelum membeli dan menentukan apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau tidak. Mungkin sulit untuk mengatakan ‘tidak’ bahwa kamu lebih suka tidak menerima hal-hal yang mereka berikan.

Jika ada yang belum paham akan hal itu, kamu dapat menjelaskan dan beri pengertian dengan sopan dan sabar bahwa kamu sedang menerapkan gaya hidup minimalis tersebut.

3. Bagaimana cara meminimalkan, membagikan, dan mengatur

Bagi kamu yang baru memulainya, tentu akan merasa lelah dengan pembagian tersebut. tetapi mulailah dari yang kecil, fokus pada satu ruangan atau lemari pada suatu waktu, kurang lebih kamu membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk menyortir item yang sudah tak terpakai.

Misalnya bisa memulai untuk merapikan kamar mandi atau dapur karena pembagian bisa menjadi lebih cepat dan mungkin ada beberapa item yang perlu dibuang atau didaur ulang.

Mengambil upaya ekstra untuk menyortir barang-barang dengan benar juga akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang harus dicari ketika kamu membeli barang-barang baru, apakah itu dapat didaur ulang atau bahkan dapat diperbaiki.

Jika kamu merasa kesulitan untuk menyortir barang, tempatkan barang tersebut ke dalam kotak maka sewaktu kamu membutuhkan barang tersebut kamu dapat membukanya kembali.

4. Tetap di jalur minimalis

Nah, menerapkan gaya hidup minimalis akan ada berbagai rintangan dalam perjalanan kamu lho, itulah mengapa dikatakan penting untuk memiliki visi yang jelas dalam menerapkannya.

Menemukan grup minimalis yang sepemikiran secara online maupun tatap muka dapat memberikan solusi ketika kamu mengalami tantangan di saat menjalankannya.

Kamu perlu mengingatnya bahwa mengkonsumsi sampai tingkat tertentu tidak dapat dihindari, jadi itu adalah perjalanan yang terus menerus kamu terapkan dan jangan merasa terintimidasi untuk mencapai tingkat minimalisme tertentu.

Itulah langkah sederhana untuk mulai menerapkan hidup minimalis. Kamu dapat menjalankannya secara pelan-pelan atau jika kesulitan kamu bisa bertanya solusinya kepada kerabat yang telah menerapkan hidup minimalis sebelumnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top