Gaya Hidup

4 Kebiasaan ini Bisa Mengganggu Kesehatan Tubuhmu

4 Kebiasaan ini Bisa Mengganggu Kesehatan Tubuhmu

Portal-Rakyat.com – Kebiasaan merupakan suatu hal yang sering atau rutin dilakukan karena dianggap nyaman. Namun, ternyata ada beberapa di antaranya yang justru dapat mengganggu kesehatan, lho. Kira-kira apa saja, ya? Berikut ini keempat daftarnya.

1. Begadang

Adakah di sini yang sering begadang? Biasanya, hal ini disebabkan oleh banyak pikiran, terlalu asyik mengobrol di aplikasi pesan instan, bermain media sosial, hingga mengalami insomnia (susah tidur) tanpa alasan.

Orang dewasa disebut perlu memenuhi waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari. Jika tidak, berbagai masalah kesehatan bisa timbul. Bagian kulit wajah akan menjadi kusam, berjerawat, timbul kantung mata, serta garis-garis halus yang menjadi tanda penuaan dini.

Belum lagi tubuh yang akan kehilangan sekian persen cairan, sehingga rentan membuatmu mengalami dehidrasi. Mata perih dan kepala yang sakit pun bisa disebabkan dari terlalu sering begadang. Akibat terburuknya, risiko terkena gangguan kesehatan mental kian meningkat.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidak begadang di malam hari dan mulai menerapkan kebiasan tidur baik. Gunanya agar kesehatan tubuh dapat terus terjaga.

2. Terlalu ‘Mager’

Banyak dari kamu yang pasti pernah mendengar atau bahkan melakukan ‘mager’. Bukan memasang pagar, istilah ini merupakan kependekan dari malas gerak. Sebenarnya, boleh saja dilakukan saat sedang capek dan tidak menjadikannya sebagai penunda aktivitas.

Namun, jika sudah kecanduan ‘mager’ nyatanya bisa berbahaya, lho. Tubuh akan menjadi kaku, cepat lelah, serta terasa nyeri, tepatnya di bagian otot dan sendi. Belum lagi, sakit kepala yang mungkin saja timbul karena kamu membuatnya terus-menerus berada dalam posisi tidur.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menyeimbangi waktu luang dengan bergerak mengerjakan sesuatu. Bisa juga sekadar ke luar rumah untuk menghirup udara segar agar pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks.

3. Menunda Waktu Makan

Makan tak hanya sekadar memasukan sesuatu ke dalam mulut, kamu juga perlu perhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jika tidak, berbagai penyakit bisa saja mengganggu kondisi kesehatan dan menyerang tubuh.

Selain itu, waktunya pun wajib disesuaikan, seperti pagi, siang, dan malam. Jangan sampai menunda atau bahkan melewatkan salah satunya demi keinginan memiliki tubuh ideal. Sebagai pengingat, diet bukan berarti tidak makan, tapi mengurangi porsi serta memilah dan menggantinya menjadi menu yang lebih sehat.

Penundaan waktu makan dapat memicu rasa lapar berlebih, sehingga kemauan untuk mengonsumsi banyak asupan kian meningkat. Kondisi seperti ini justru menjadi salah satu penyebab terjadinya obesitas, diabetes, dan masalah pada sistem pencernaan.

4. Bermain Gawai tanpa Jeda

Sebetulnya, tidak ada masalah menggunakan gawai karena benda tersebut seakan wajib dimiliki oleh tiap orang di masa sekarang. Pasalnya, dapat dipakai sebagai alat komunikasi serta mencari informasi pada era teknologi yang semakin maju ini.

Namun, penggunaannya perlu dibatasi atau diberi jeda guna menghindari masalah yang bisa mengganggu kesehatan. Khususnya di bagian mata, terlebih jika kamu tidak memakai alat bantu berupa kacamata. Layar ponsel diketahui memiliki sinar radiasi yang dapat merusak indera penglihatan.

Pemakaian ponsel tanpa henti juga memicu rasa sakit di kepala, karena otak dibiarkan bekerja secara berlebih. Hindari juga memainkan benda ini saat sedang mengisi ulang baterai, karena dianggap berbahaya bagi tubuh.

Itulah empat kebiasaan, yang jika dilakukan secara berlebih dapat mengganggu kesehatan. Apakah salah satu atau bahkan semuanya sering kamu lakukan setiap hari?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top