Tol Becakayu Ruas Jakasampurna-Marga Jaya Besok Dibuka, Tarif Rp 14 Ribu

Tol Becakayu Ruas Jakasampurna-Marga Jaya Besok Dibuka, Tarif Rp 14 Ribu

portal-rakyat.com – Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 2A dan 2A Ujung Ruas Jakasampurna-Marga Jaya sepanjang 4,88 km akan mulai diuji coba, Jumat (24/3/2023). Uji coba ini menandakan ruas tersebut akan segera berbayar.

Uji coba tersebut digelar setelah PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak usahanya, PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku operator menerima izin pengoperasiannya berdasarkan Keputusan Menteri PUPR.

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko WTR, Edie Rizliyanto menjelaskan pengoperasian Seksi Jakasampurna-Marga Jaya tersebut akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat, terutama dalam mengurai kemacetan arus lalu lintas.

“Jalan Tol Becakayu merupakan alternatif bagi pengguna jalan yang ingin menghindari kepadatan lalu lintas bagi pengguna jalan dari Jakarta menuju Bekasi maupun sebaliknya. Melalui Jalan Tol Becakayu, pengguna jalan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan yang sebelumnya dapat mencapai 60 menit, kini dapat ditempuh dalam kurun waktu 20-30 menit,” kata Edie dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (23/3/2023).

Sementara itu, Direktur Utama KKDM, Aris Mujiono menambahkan, pihaknya telah melaksanakan sejumlah kegiatan perbaikan dan pemeliharaan sebagai bagian dari persiapan pengoperasian.

“Guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan, kami melakukan sejumlah persiapan antara lain perbaikan marka jalan, perbaikan dan pembersihan concrete barrier serta melakukan upaya penghijauan di sekitaran Jalan Tol Becakayu,” kata Aris.

Selama periode uji coba, pengguna jalan akan dikenakan tarif lama sebesar Rp14.000 untuk Golongan I (jenis kendaraan mobil, sedan, bus, pick up dan truk kecil). Adapun uji coba ini merupakan rangkaian sosialisasi penyesuaian tarif Jalan Tol Becakayu yang semula dengan sistem terbuka dengan satu tarif (single tariff), menjadi sistem terbuka dengan 4 zonasi tarif.

Pasca sosialisasi dan uji coba ini, jalan tol Becakayu sepanjang 16,78 km akan beroperasi secara penuh dengan menggunakan sistem 4 zonasi tarif. Perubahan tarif Tol Becakayu diharapkan dapat menyeimbangkan antara panjang perjalanan rata-rata tempuh pengguna jalan tol dengan besaran tarif tol, sehingga pengguna jalan akan membayar sesuai dengan 4 zona asal dan tujuan.

Bagi pengguna jalan tol dari arah Bekasi yang masuk melalui Gerbang Tol (GT) Marga Jaya 2 dan keluar melalui exit Tol Pondok Kelapa, Jatiwaringin, Cipinang, dan Jalan D.I. Panjaitan akan dikenakan tarif Zona 4. Sementara tarif Zona 3 akan berlaku pada pengguna jalan yang masuk melalui GT Jakasampurna dan keluar pada exit Tol tersebut.

Kemudian, bagi pengguna jalan dari arah Bekasi yang masuk melalui GT Pondok Kelapa 2 dan GT Jatiwaringin 2 menuju Jakarta masing-masing akan dikenakan tarif Zona 2 dan 1. Sedangkan bagi pengguna jalan tol dari arah Jakarta yang keluar pada GT Jatiwaringin 1, GT Pondok Kelapa 1, GT Bintara Jaya, dan GT Marga Jaya 1 masing-masing akan dikenakan tarif Zona 1, 2, 3, dan 4.

error: Content is protected !!