Saham Hong Kong ditutup jatuh karena ketegangan China-AS meningkat

Saham Hong Kong ditutup jatuh karena ketegangan China-AS meningkat

portal-rakyat.com – Saham-saham Hong Kong ditutup pada level terendah satu bulan dan saham China jatuh pada perdagangan Senin, karena meningkatnya ketegangan geopolitik China-AS atas dugaan balon mata-mata merusak sentimen investor.

Pasar juga mengikuti saham Asia lainnya lebih rendah, setelah laporan pekerjaan AS terbaru memperbaharui kekhawatiran tentang lebih banyak kenaikan suku bunga dari Federal Reserve.

Indeks saham unggulan CSI 300 China ditutup merosot 1,3 persen, sementara indeks acuan Hang Seng Hong Kong berakhir 2,0 persen lebih rendah.

Sebuah jet tempur militer AS menembak jatuh balon mata-mata China yang dicurigai pada Sabtu (4/2/2023), seminggu setelah pertama kali memasuki wilayah udara AS dan memicu kisah mata-mata dramatis yang telah mengaburkan hubungan China-AS yang sudah tegang.

China mengutuk keras serangan militer terhadap balon yang katanya digunakan untuk tujuan meteorologi dan ilmiah lainnya.

“Tidak diragukan lagi, insiden itu menjadi tajuk negatif bagi pasar,” kata Yuan Yuwei, pengelola dana lindung nilai di Water Wisdom Asset Management. “Laporan pekerjaan AS yang kuat juga meredakan demam persepsi ‘perubahan arah suku bunga’, yang menyebabkan dolar melonjak dan yuan menurun.”

Dalam sebuah catatan, analis ING menulis, “Implikasinya adalah perang teknologi yang semakin intensif. Kedua belah pihak kemungkinan akan memberlakukan lebih banyak larangan ekspor pada teknologi di industri yang berbeda.”

Yuan China menyentuh level terendah hampir satu bulan terhadap dolar, dan pasar secara luas memperkirakan risiko geopolitik yang meningkat dapat membatasi ruang mata uang lokal untuk kenaikan lebih lanjut.

Raksasa teknologi yang tercatat di Hong Kong anjlok 3,7 persen menyeret indeks acuan Hang Seng ke penutupan terendah dalam sebulan, menyusul rebound kuat sejak akhir Oktober karena investor bertaruh pada pembukaan kembali ekonomi China dan langkah-langkah lain untuk mendukung pertumbuhan.

“Setelah reli 50 persen di Hang Seng dan lebih banyak lagi di indeks pasar utama China lainnya, keretakan mulai muncul,” kata Hao Hong, kepala ekonom di Grow Investment Group. “Rasa gatal untuk mengambil untung tidak bisa disangkal.”

Namun, dia menambahkan, “baik valuasi maupun kapitalisasi pasar China juga menunjukkan bahwa titik terendah Oktober lalu memang merupakan titik balik sekuler.”

“Ketegangan yang terus meningkat dengan AS tahun ini tidak mungkin berdampak banyak pada pemulihan ekonomi China,” kata Gavekal Dragonomics dalam sebuah catatan. “Tapi pasar keuangan bisa menuju ke masa-masa sulit.”

Di pasar darat China, pengembang real estat merosot 2,7 persen setelah laporan China Index Academy mengatakan transaksi pasar properti China pada Januari merosot selama liburan Tahun Baru Imlek.

Saham konsumen bahan pokok juga jatuh 1,4 persen, karena beberapa investor meragukan pemulihan ekonomi China setelah reli saham yang didorong ekspektasi.

error: Content is protected !!