Ratusan Miliar Uang Kas Pemprov Bangka Belitung Dipindahkan ke BRI

Ratusan Miliar Uang Kas Pemprov Bangka Belitung Dipindahkan ke BRI

portal-rakyat.com – – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memindahkan kas daerah dari Bank SumselBabel ke Bank Rakyat Indonesia ( BRI ).

Keputusan perpindahan rekening pelat merah tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor: 188.44/95/BAKUDA/2023 tentang Layanan dan Jasa Perbankan.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengatakan, perpindahan rekening dari bank daerah ke bank milik BUMN telah melewati serangkaian pertimbangan.

Salah satunya azas kemanfaatan yang diharapkan lebih banyak didapat bagi pemerintah provinsi.

“Kita berusaha semaksimal mungkin dan diharapkan bisa lebih banyak manfaatnya dari BRI,” kata Ridwan seusai kegiatan di Kelurahan Bacang, Pangkalpinang, Rabu (15/3/2023).

Ridwan menuturkan, perpindahan rekening tak memengaruhi kepemilikan saham daerah di Bank SumselBabel.

Diperkirakan penggunaan rekening BRI hanya untuk pengelolaan tertentu seperti pembiayaan gaji honorer .

Hingga Desember 2022 jumlah honorer di lingkungan Pemprov Bangka Belitung tercatat 3.848 orang dengan alokasi anggaran sekitar Rp 15 miliar.

Bahkan jumlah dana kelolaan diperkirakan mencapai Rp 500 miliar karena termasuk juga operasional dinas eksekutif dan legislatif.

Di sisi lain, Ridwan enggan mengomentari terkait tidak adanya keterwakilan Pemprov Bangka Belitung dalam susunan direksi dan komisaris Bank SumselBabel.

Hingga saat ini, kata Ridwan, komunikasi dengan pihak Bank SumselBabel tetap berjalan baik.

Bahkan sebelumnya Ridwan juga telah bertemu dengan direktur Bank SumselBabel.

“Pertemuan tidak membahas soal kas daerah, tapi apa yang bisa berperan dalam membantu kegiatan perekonomian di Bangka Belitung. Juga mengingatkan undangan untuk pertemuan di Palembang,” ujar Ridwan.

Sementara seluruh honorer, PPPK termasuk anggota DPRD telah diminta untuk membuka rekening di BRI. Hal itu untuk mempermudah transaksi administrasi para aparatur di lingkungan Pemprov Bangka Belitung.

Kepala Badan Keuangan Daerah M Haris mengatakan, perpindahan rekening sudah biasa terjadi.

Sebelumnya sampai 2003 menggunakan Bank Mandiri. Kemudian hingga 2005 beralih ke Bank SumselBabel dan sampai 2008 dikelola Bank Mandiri. Selanjutnya sampai Maret 2023 tercatat di Bank SumselBabel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!
Exit mobile version