PLN Sediakan Sambungan Listrik Sementara di Posko Pengungsian Cianjur

PLN Sediakan Sambungan Listrik Sementara di Posko Pengungsian Cianjur

portal-rakyat.com – PT PLN (Persero) tetap siaga menjaga kelistrikan pasca terjadinya bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat. Untuk itu, PLN membantu menyediakan layanan sambung listrik sementara di posko pengungsian.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Cianjur, Muhammad Hermansyah mengatakan sehari pascagempa, yaitu Selasa (22/11), sistem kelistrikan bisa digunakan kembali dengan cepat oleh masyarakat. Ia mengungkapkan, hingga saat ini PLN telah membantu instalasi dan menyambung listrik ke sebanyak 39 posko.

“Dari 137 posko, 39 posko sudah kami bantu instalasi listriknya melalui sambungan sementara. Secara keseluruhan, kondisi kelistrikan posko-posko tersebut saat ini telah teraliri listrik. Selanjutnya, apabila ada institusi atau kelompok masyarakat, maupun pemerintahan ingin mengajukan penyambungan listrik sementara, silakan menghubungi PLN melalui PLN Mobile,” jelas Hermansyah dalam keterangan tertulis, Rabu (30/11/2022).

Meskipun kondisi kelistrikan di posko umumnya telah tersedia, PLN tetap melakukan inspeksi dan bersiaga 24 jam penuh untuk memberikan dukungan kelistrikan.

PLN juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti BPBD, Kodim 0608/Cianjur dan aparat desa untuk memastikan kondisi kelistrikan pelanggan, terutama posko-posko pengungsian aman dialiri listrik PLN.

“Melalui koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder, pemulihan pasca gempa di Cianjur akan lebih cepat dan tepat. Contoh pada bidang kelistrikan, dengan adanya informasi maupun pengaduan masyarakat terkait adanya gangguan listrik atau aset listrik PLN yang rusak, PLN dapat bergerak cepat menanganinya,” tandasnya.

Salah satu penyintas di Posko Pengungsian Desa Gasol di Kecamatan Cugenang, Dedi Ucok berterima kasih atas kerja sigap PLN menghadirkan listrik di lokasi pengungsian. Tak hanya itu, pihaknya pun mengapresiasi bantuan makanan, minuman, alat mandi, pakaian, serta kebutuhan pokok lainnya yang disalurkan PLN untuk masyarakat Cianjur.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN atas gerak cepat dan lancarnya penerangan di lokasi pengungsian kami. Selain itu terima kasih juga atas bantuan dari PLN,” kata Dedi.

Sebagai informasi, untuk mendukung layanan sambung listrik ini PLN menyiapkan 251 petugas yang siap menjaga kelistrikan di Cianjur dan menangani berbagai pengaduan masyarakat pascagempa. Selain itu, disiapkan pula infrastruktur penunjang, seperti 30 mobil yantek, 1 mobil PDKB, 6 Unit Gardu Bergerak (UGB), 21 genset dan 7 mobil crane demi memastikan pasokan listrik tetap terjaga.

error: Content is protected !!