Pemerintah Kaji Rencana Impor Beras Tahun Ini

Pemerintah Kaji Rencana Impor Beras Tahun Ini

portal-rakyat.com – Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo menegaskan hingga saat ini pemerintah belum mengambil keputusan terkait opsi impor beras tahun ini. Menurutnya, keputusan impor beras masih menunggu hasil perhitungan oleh kementerian dan lembaga (k/l) terkait usai panen raya.

“Tentu perhitungannya melibatkan saudara kita Kementerian Pertanian, BPS, kita hitung sama-sama, karena selalu ada koreksi,” kata Arief saat dijumpai di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/3/2023).

Ia menjelaskan bahwa pemerintah perlu menghitung kembali terkait hasil panen yang ada, apakah ada penurunan produksi dan apakah hasil panen mencukupi. Beberapa hal itu yang akan menjadi pertimbangan pemerintah dalam memutuskan impor.

Setelah itu, pemerintah akan melakukan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) dan hasil kesepakatannya akan dilaporkan langsung kepada presiden.

“Jadi sampai hari ini belum ada untuk keputusan impor,” ungkap Arief.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso bilang, impor hanya untuk antisipasi jika ada kekurangan stok beras dan stabilisasi harga.

“Bukan berarti kita hobi impor, ini hanya antisipasi saja. Kita lihat dulu perkembangannya,” tutur Buwas. (Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!
Exit mobile version