MSIG luncurkan asuransi kendaraan bermotor dengan layanan telematika

MSIG luncurkan asuransi kendaraan bermotor dengan layanan telematika

portal-rakyat.com – Perusahaan asuransi MSIG Indonesia meluncurkan produk asuransi kendaraan bermotor dengan layanan telematika yang dapat membantu evaluasi berkendara untuk mendukung cara berkendara yang aman dan mengurangi kecelakaan.

“MSIG FlexPro U-Drive for Personal merupakan asuransi kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan layanan telematika yang terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia,” kata Wakil Presiden Direktur MSIG Indonesia Bernardus P Wanandi dalam acara peluncuran produk tersebut yang diikuti dalam jaringan di Jakarta, Rabu.

Melalui layanan telematika, Bernardus menuturkan pengemudi kendaraan mendapatkan feedback secara real time tentang perilaku mengemudi sehingga hal itu diharapkan dapat mendorong pengemudi untuk mengemudi dengan lebih efisien dan aman.

“Layanan ini menyajikan wawasan dan data perilaku berkendara yang dapat membantu pengguna mengoptimalkan kebiasaan mengemudi dan perawatan,” ujarnya.

Sementara itu, Head of Retail and Business Development of MSIG Indonesia Alexander Syarief Sudita Pangestu mengatakan asuransi dengan layanan telematika tersebut memberikan fitur yang lebih lengkap, di mana pelanggan dapat meningkatkan pengalaman mengemudinya dengan mengetahui kebiasaannya dalam berkendara melalui hasil nilai berkendara.

Basis asuransi kendaraan pada produk tersebut tetap menggunakan basis asuransi kendaraan bermotor standar yang sudah biasa ditemui di pasar yang meliputi antara lain jaminan asuransi untuk tabrakan, pencurian, kebakaran dan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Namun sebagai keunggulannya, produk tersebut dilengkapi dengan layanan telematika.

“Layanan telematikanya ini lebih untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap dari produk MSIG FlexPro U-Drive for Personal termasuk bagaimana kita bisa mengetahui kebiasaan kita berkendara apakah aman atau justru kita berkendara dengan cara yang berbahaya untuk kita dan untuk pengguna jalan yang lain,” ujarnya.

Selain itu, pengemudi atau pelanggan juga dapat melacak pergerakan kendaraan, memanfaatkan fitur find my car jika kendaraan dicuri, serta mengetahui posisi parkir kendaraan. Premi asuransi pun dapat dijangkau dengan periode perlindungan bulanan.

Untuk meningkatkan pengalaman berkendara, Alex mengatakan pengemudi akan memperoleh nilai berkendara (driving score). Jika nilai berkendara semakin tinggi, itu berarti pengemudi berkendara dengan aman.

Sebaliknya, jika nilai berkendara jelek, itu menunjukkan cara berkendara kurang baik, buruk atau berbahaya. Pelanggan akan mendapatkan poin reward untuk nilai berkendara yang baik.

Nilai berkendara diperoleh berdasarkan sejumlah parameter pada perangkat yang diletakkan di kendaraan, antara lain kecepatan kendaraan untuk menilai pengemudi mengebut atau tidak, ada tidaknya rem mendadak, dan ada tidaknya mengemudi di belokan sambil mengebut.

Setelah perangkat diterima dan diletakkan pada kendaraan, pelanggan dapat mengunduh aplikasi seluler dan sign in menggunakan kredensial MSIG Online yang dimiliki pelanggan. Selanjutnya, gawai disambungkan dengan perangkat menggunakan aplikasi seluler yang telah diunduh sebelumnya.

“Selesai berkendara, akan segera diberikan feedback berupa score,” ujarnya.

error: Content is protected !!