Melihat Efek Kebangkrutan SVB ke Pergerakan Harga Kripto

Melihat Efek Kebangkrutan SVB ke Pergerakan Harga Kripto

portal-rakyat.com – Pasar aset kripto selama sepekan terakhir menunjukkan penguatan. Bullish-nya pasar aset digital itu dinilai merupakan imbas dari sentimen kebangkrutan Silicon Valley Bank (SVB).

Mengacu data Coinmarketcap, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin, hingga Kamis (16/3/2023) sore hari diperdagangkan di kisaran Rp 381,42 juta per keping.

Dibandingkan posisi 24 jam terakhir, harga Bitcoin memang terkoreksi 0,55 persen. Namun, dibanding dengan pekan lalu, harga Bitcoin telah melesat 12,51 persen.

Bukan hanya Bitcoin, kenaikan harga juga dicatatkan oleh kripto besar lain. Ethereum menguat 6,42 persen dalam kurun waktu sepekan terakhir, BNB naik 8,94 persen, hingga Polygon menguat 7,47 persen.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, bullish-nya pasar kripto ditengarai dipicu oleh krisis perbankan yang terjadi di Negeri Paman Sam, salah satunya perihal kasus SVB. Menurutnya, kasus tersebut menimbulkan adanya peralihan menuju pasar kripto.

“Adanya kasus ini, menyebabkan banyak investor yang mengalihkan dananya ke aset kripto khususnya Bitcoin sebagai suatu aset lindung nilai. Dengan naiknya harga Bitcoin, memicu altcoin untuk naik juga,” tutur dia dalam keterangannya, Kamis (16/3/2023).


Lebih lanjut Oscar bilang, terdapat sejumlah pihak yang mengkhawatirkan dampak dari penutupan 3 bank di AS terhadap pasar kripto. Namun ia menilai, kasus tersebut tidak akan berdampak negatif, bahkan justru berdampak positif bagi perdagangan pasar kripto dalam negeri.

“Persyaratan suatu crypto exchange Indonesia yang berdiri dan teregulasi yaitu harus menyimpan cadangan uangnya di bank bank Indonesia,” katanya.

“Maka dari itu saya rasa exchanger crypto Indonesia tidak ada yang menggunakan SVB untuk menampung uang,” tambah dia.

Di tengah bullish-nya pasar kripto, Oscar mengingatkan kepada investor untuk bertransaksi secara bijak. Tingginya fluktuasi pasar kripto membuat investor perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum bertransaksi.

“Agar mengetahui koin atau token yang tepat untuk membeli dan waktu yang tepat untuk membeli. Dengan melakukan Do Your Own Research dan belajar analisa kripto diharapkan investor bisa bertransaksi dengan bijak,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa nama Danau Vulkanik di Indonesia, yang menjadi salah satu danau terbesar di Dunia?

Dapatkan saldo e-wallet untuk 10 orang yang beruntung dengan mengikuti Kuis Travel berikut ini!

Di Provinsi manakah Sirkuit International Mandalika sebagai salah satu venue dari gelaran MotoGP dan Superbike 2022?

Apakah candi Budha terbesar di dunia yang terdapat di Indonesia dan menjadi warisan budaya dunia?

Dibawah ini, manakah suku yang bukan berasal dari Pulau Kalimantan?

Pulau apakah yang dijuluki ‘The Last of Paradise’ di Indonesia?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey

error: Content is protected !!
Exit mobile version