Luhut: Kita Perlu Buktikan Indonesia Bisa Selenggarakan KTT G20

Luhut: Kita Perlu Buktikan Indonesia Bisa Selenggarakan KTT G20

portal-rakyat.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai Indonesia harus membuktikan mampu menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Oleh karena itu, Luhut memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022, di Nusa Dua, Bali, Selasa (30/8/2022).

Sebagai Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaran Acara Presidensi G20 Indonesia, Luhut ingin pelaksanaan KTT G20 pada November nanti meninggalkan kesan baik bagi pemimpin negara-negara yang hadir.

“Kita perlu buktikan bahwa Indonesia bisa menyelenggarakan forum internasional (KTT G20) yang melibatkan 19 negara dan satu organisasi internasional dengan sukses dan memberikan citra baik dari Indonesia,” katanya lewat pernyataan tertulis, dikutip Rabu (31/8/2022).

Dia juga bilang, KTT G20 Indonesia tidak hanya berfokus pada acara puncak KTT pada 15-16 November 2022. Namun, seluruh rangkaian acara yang mengawalinya juga perlu diperhatikan kelancaran serta kesuksesan penyelenggaraanya.

“Saya ingatkan kembali bahwa G20 ini bukan hanya tentang KTT pada tanggal 15-16 November mendatang, tapi juga seluruh rangkaian menuju hari H. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan segala aspek, mulai dari keamanan, logistik dan infrastruktur, kesehatan, komunikasi dan media, serta side events yang sudah mulai diselenggarakan sejak beberapa bulan yang lalu,” katanya.

Dari pemberitaan Kompas.com sebelumnya, Luhut meminta kesiapan KTT G20 selesai pada minggu ketiga atau keempat Oktober 2022. Pada Juli 2022, Luhut melihat kesiapan dari Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai yang telah direvitalisasi.


Terminal ini nantinya akan digunakan sebagai tempat parkir pesawat dan tempat kedatangan para pejabat tinggi negara G20. Ia berpesan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar pembangunan cepat dirampungkan, sehingga gedung VVIP sudah dapat digunakan pada September 2022.

Terkait protokoler dan keamanan, Luhut yang juga Ketua Bidang Penyelenggara Presidensi G20 memerintahkan kepada TNI dan Polri untuk selalu berkoordinasi, karena pengamanan bagi kepala negara serta tamu dari berbagai negara pasti jadi hal krusial.