KSP: TKDN kawasan MICE diNTT capai 80 persen

KSP: TKDN kawasan MICE diNTT capai 80 persen

portal-rakyat.com – Kantor Staf Presiden menyatakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) atau muatan lokal dalam pembangunan kawasan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di Golo Mori, Nusa Tenggara Timur mencapai 80 persen.

“Tingkat Komponen Dalam Negeri atau muatan lokal pada proyek ini sekitar delapan puluh persen,” kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Helson Siagian saat meninjau pembangunan kawasan MICE, di Golo Mori, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu, sebagaimana siaran pers yang diterima.

Untuk diketahui pemerintah melalui PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah mengebut penyelesaian pembangunan konstruksi fasilitas MICE, serta infrastruktur penunjang berupa jalan akses, jalan kawasan, dan dermaga, di Golo Mori, NTT.

Pembangunan kawasan MICE yang dilengkapi dengan beach club, observation deck, dan dermaga kayu ini, untuk menyambut penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada Mei 2023.

Kawasan MICE di Golo Mori akan menjadi salah satu venue dalam rangkaian kegiatan pertemuan pemimpin-pemimpin negara anggota ASEAN tersebut.

Helson Siagian mengatakan, sampai saat ini pembangunan konstruksi fasilitas MICE dan infrastruktur penunjang sudah mencapai 90,95 persen dan ditargetkan rampung akhir Maret 2023.

Helson optimistis, pelaksanaan KTT ASEAN 2023 di Golo Mori juga akan semakin mendongkrak geliat pariwisata dan perekonomian di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo.

Sementara itu Direktur Operasional PT ITDC Troy Reza Warokka berharap berbagai fasilitas yang saat ini dibangun di Golo Mori tidak hanya untuk penyelenggaraan KTT ASEAN, namun bisa dimanfaatkan secara maksimal di kemudian hari untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Kami (ITDC) berharap instansi pemerintah, swasta, atau masyarakat luas dapat menyelenggarakan berbagai kegiatan di tempat ini baik skala nasional maupun internasional,” ujar Troy.

error: Content is protected !!
Exit mobile version