Kisah Viral Bawa Bika Ambon Didenda Rp 2 Juta hingga Bos Garuda Buka Suara

Kisah Viral Bawa Bika Ambon Didenda Rp 2 Juta hingga Bos Garuda Buka Suara

portal-rakyat.comBika Ambon, kue yang kerap dijadikan oleh-oleh, sempat viral di media sosial. Bukan karena rasanya, tapi menjadi bahan cekcok antara penumpang dengan petuagas Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

Peristiwa tersebut diketahui terjadi di Pesawat Garuda dan videonya di media sosial viral. Menanggapi masalah itu Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra buka suara menegaskan video viral tersebut merupakan peristiwa yang terjadi pada 2021.

Menurut Irfan penumpang membawa barang ke dalam kabin pesawat dengan berat melewati batas maksimal.

“Adapun keberatan penumpang tersebut terjadi pada saat petugas melakukan pengecekan regular barang bawaan kabin para penumpang yang akan masuk ke dalam pesawat, dimana setelah dilakukan pemeriksaan, barang kabin yang dibawa oleh penumpang tersebut melebihi batas maksimum ketentuan aturan bagasi kabin yang telah ditetapkan yaitu 7 kilogram untuk setiap penumpang,” jelas Irfan dalam keterangannya yang diterima detikcom, Senin (20/3/2023).

Petugas kemudian menginformasikan terkait ketentuan kelebihan bagasi bagi penumpang dengan mengacu pada peraturan yang berlaku.

“Kami tentunya memahami preferensi masyarakat dalam melaksanakan perjalanan udara, termasuk membawa barang bawaan di kabin. Namun demikian, untuk memastikan ketentuan terhadap barang bawaan pada kabin pesawat dapat terimplementasikan secara optimal khususnya terkait pertimbangan aspek safety dan layanan, serta dengan tetap mengedepankan kepentingan dan kenyamanan seluruh penumpang,” terang irfan.

“Maka petugas kami di lapangan melakukan prosedur pengecekan berkala untuk memastikan profiling barang bawaan di kabin pesawat dapat diperhatikan secara optimal oleh para penumpang,” sambung Irfan.

Sementara nominal Rp 2 juta yang dipermasalahkan penumpang sebagai denda, merupakan biaya kelebihan muatan kabin yang sudah dihitung dengan ketentuan yang ada. Muatan kabin yang dimaksud ini adalah Bika Ambon.

Sebagai informasi,video cekcok antara penumpang pesawat dan petugas Bandara Kualanamu yang viral itu diunggah oleh pemilik akun TikTok @henryrobbytanauma. Berdasarkan unggahan tersebut, nampak bahwa perdebatan itu dimulai ketika seorang wanita yang diminta untuk membayar denda Rp 2 juta karena membawa oleh-oleh tiga kotak Bika Ambon.

“Saya nggak bisa, Rp 2 juta saya gak bisa bayar. Saya beli oleh-oleh masa suruh bayar Rp 2 juta. Kamu meras ya? Kamu meras saya ya?” ujar wanita dalam video tersebut, dikutip Senin (20/3/2023).

Menurutnya tidak masuk akal untuk tiga dus bika ambon dikenakan denda Rp 2 juta, terlebih karena ia berangkat dengan tiga orang penumpang.

“Saya tiga orang, kenapa saya nggak bisa ambil?” tanyanya tegas.

“Rp 2 juta itu gimana saya bayar? Saya beli kue (Bika Ambon) aja nggak Rp 2 juta, masa nggak boleh terbang?” tanya penumpang itu lagi.

error: Content is protected !!