Kepala Otorita Sebut Investor Baru Masuk ke IKN Kuartal II-2023

Kepala Otorita Sebut Investor Baru Masuk ke IKN Kuartal II-2023

portal-rakyat.com – Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono mengatakan, akan ada investor yang merealisasikan investasinya di IKN pada kuartal II-2023. Saat rapat dengan komisi XI DPR RI ia menyebut ada 142 investor menyatakan ketertarikannya.

“Kita sih penginnya secepatnya. Insyaallah tahun ini, dalam kuartal II akan ada pecah telur,” katanya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (6/2/2023).

Namun, ia belum merinci investor mana yang bakal merealisasikan investasinya, atau dari sektor mana investor tersebut. Bambang menjelaskan, setelah market sounding IKN pada Oktober 2022, investor butuh waktu untuk melakukan studi kelayakan. Setelah itu baru menyatakan ketertarikannya.

“Kan mereka butuh waktu lakukan studi kelayakan. Setelah market sounding mereka nyatakan letter of interest. Kemudian minta data informasi dari kita. Setelah data informasi, kita keluarkan Non-Disclosure Agreement (NDA),” jelasnya.

Setelah itu, menurut Bambang, investor tidak boleh memakai data tersebut sembarangan, apalagi menjualnya. Setelah dapat NDA mereka akan kembali berdialog, termasuk menanyakan kondisi lapangan di IKN.

“Misalnya gimana sih kondisi topografi, gimana airnya, kapan nanti teleponnya masuk, dan seterusnya. Mereka pingin data itu,” tuturnya.

Adapun dari 142 investor IKN yang menyatakan ketertarikannya, sekitar 90 investor disebut paling serius. Dari 90 tersebut yang paling aktif bertukar data ada 25 investor.

“Yang aktif 25, yang kita aktif tukar-tukaran data investasi, mereka minta kejelasan tentang kondisi di lapangan. Mereka datang ke lapangan lihat sendiri, habis gitu kan ngitung-ngitung,” imbuhnya.

error: Content is protected !!