HP Bakal PHK 6.000 Karyawannya Dalam 3 Tahun ke Depan

HP Bakal PHK 6.000 Karyawannya Dalam 3 Tahun ke Depan

portal-rakyat.com – HP Inc. mengumumkan rencana pemutusan hubungan kerja ( PHK ) terhadap ribuan karyawannya selama tiga tahun ke depan. Ini menambah daftar perusahaan teknologi yang melakukan perampingan di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu.

Dilansir dari CNN, rencana perampingan diumumkan oleh raksasa produsen komputer itu bersamaan dengan laporan kinerja kuartalan. Dalam laporan tersebut, HP mencatat penjualan yang anjlok lebih dari 11 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Perusahaan mengharapkan adanya pengurangan jumlah karyawan global berkisar 4.000 hingga 6.000 karyawan,” tulis manajemen HP, dikutp Kamis (24/11/2022).

“Aksi ini diharapkan berakhir pada akhir tahun buku 2025,” tambah manajemen.

Asal tahu saja, data terakhir menunjukan bahwa HP memiliki 51.000 karyawan secara global. Dengan demikian PHK tersebut setara sekitar 7,8 persen hingga 11,7 persen total karyawan.

Presiden sekaligus CEO HP Enrique Lores mengatakan, rencana PHK karyawan itu juga sejalan dengan strategi jangka panjang perusahaan. Perusahaan berkomitmen melayani pelanggan dengan baik disertai efisiensi biaya.

“Dan menginvestasikan kembali di kunci pertumbuhan perusahaan untuk memposisikan bisnis perusahaan pada masa depan,” kata dia.

Sebagai informasi, pengumuman HP itu menambah rentetan pemangkasan karyawan secara masif di perusahaan teknologi dunia. Sebelumnya, Meta dan Amazon telah mengumumkan rencana perampingan sebagai bentuk penekanan biaya di tengah kondisi perekonomian global yang ‘gelap’.