Hampers Ramadhan Tokopedia Diburu Pelanggan! UMKM, Pelajari 5 Tips Jualan Bingkisan yang Efektif

Hampers Ramadhan Tokopedia Diburu Pelanggan! UMKM, Pelajari 5 Tips Jualan Bingkisan yang Efektif

portal-rakyat.com – Maisyalina menjelaskan meningkatnya penjualan hampers disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen yang banyak berkirim hantaran atau hampers di momen-momen spesial seperti menjelang hari raya.

“Ini memang bisa menjadi momen yang tepat bagi pelaku usaha untuk menaikkan penjualan produk hampers, namun Tokopedia terus mengimbau penjual untuk membuat produk hampers yang lebih ramah lingkungan,” ujar Maisyalina.

Pasalnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta pernah mencatat adanya peningkatan volume sampah sebesar 4% selama bulan Ramadan yang disebabkan oleh perubahan pola konsumsi selama bulan puasa. DLH Kabupaten Tegal pun mencatat volume sampah di Pantura pasca Lebaran 2022 lalu naik 20% dibanding hari biasa, dari 500 ton menjadi 600 ton per hari.Tokopedia Hijau

Dalam menghadapi potensi meningkatnya tumpukan sampah, termasuk dari produk hampers pada periode pra hingga pasca Ramadan, kita memiliki tanggung jawab yang sama untuk meminimalkannya.

Sebagai bagian dari dukungan mereka terhadap “Misi Nol Sampah GoTo 2030”, Tokopedia telah meluncurkan gerakan Tokopedia Hijau. Gerakan ini bertujuan untuk mempromosikan keberlanjutan dan mengurangi dampak lingkungan, dengan fokus pada pengurangan sampah dan pengembangan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Tokopedia mendukung “Misi Nol Sampah GoTo 2030” dengan cara memilih opsi pengiriman dan pengemasan yang ramah lingkungan saat membeli produk.

Melalui gerakan ini, Tokopedia mengajak masyarakat, termasuk sekitar 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM–berperan aktif menerapkan prinsip ramah lingkungan demi memberikan dampak positif bagi lingkungan dan seluruh mitra strategis secara jangka panjang.

Lima Tips Usaha Hampers Ramadhan Ramah Lingkungan

AngelFin Natural dan Mendekor menjadi salah satu contoh UMKM yang bergabung di Tokopedia Hijau dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan dengan memproduksi hampers ramah lingkungan. Kedua penjual ini mencatat kenaikan transaksi di Tokopedia hampir 1,5 kali lipat pada minggu pertama Ramadan 2022 dibanding minggu sebelumnya.

Berikut ini lima tips jualan online hampers Ramadhan yang lebih ramah lingkungan dari Tokopedia, AngelFin Natural dan Mendekor:

1. Gunakan kemasan ramah lingkungan sesuai prinsip 4R

Maisyalina mengatakan kemasan ramah lingkungan adalah kemasan yang menerapkan prinsip 4R: reduce (mengurangi sampah), reuse (bisa digunakan berulang kali), repurpose (bisa dipakai kembali untuk tujuan lain) dan recycle (bisa didaur ulang). Misalnya, toples kaca bisa digunakan untuk kue kering.

Sementara, paper bubble wrap dan kertas cacah bisa dipakai untuk mengemas barang pecah belah.

Maisyalina berkata kesadaran masyarakat menggunakan kemasan ramah lingkungan semakin tinggi.

“Terbukti dari penjualan berbagai kemasan ramah lingkungan pada minggu pertama Ramadan 2022 yang meningkat dibanding minggu sebelumnya. Penjualan paper bubble wrap dan besek bambu naik masing-masing hampir 1,5 kali lipat, sedangkan kantong singkong lebih dari 2 kali lipat,” ujarnya

Pemilik Usaha Mendekor, Brian Karno, menerangkan Mendekor memberikan opsi kemasan ramah lingkungan seperti paper bubble wrap kepada para pembeli dan selalu direspon dengan sangat positif.

“Jumlah transaksi produk dengan kemasan ramah lingkungan dari Mendekor di Tokopedia naik 2 kali lipat selama 2022 dibandingkan dua tahun sebelumnya,” ujar Brian.

Mendekor, yang menjual berbagai produk dekorasi interior, menggandeng lebih dari 30 perajin di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Kalimantan dan dari berbagai latar belakang. Brian ingin para perajin tersebut semakin berdaya untuk membuat produk berkualitas tinggi bahkan setara dengan brand kelas dunia.

2. Ajak pembeli mendaur ulang hampers ramah lingkungan

Untuk mengajak pembeli mengurangi sampah, Anda bisa selipkan kartu ucapan atau catatan kecil yang berisi imbauan untuk mendaur ulang atau memanfaatkan kembali kemasan dari hampers yang diterima.

“Sebutkan juga dampak apabila pembeli bersedia mendaur atau memakai ulang kemasan hampers tersebut untuk meningkatkan kesadaran lebih banyak masyarakat agar peduli lingkungan,” jelas Maisyalina.

Menurut pemilik AngelFin Natural, Angelique Dewi, pihaknya secara berkala mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui Tokopedia dan media sosial.

“Kami juga aktif menginformasikan bahwa setiap membeli produk AngelFin Natural, masyarakat bisa ikut berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat di berbagai daerah,” kata dia.

Angelique melalui AngelFin Natural menggandeng sekitar 300 komunitas petani dan perajin di desa Muntigunung, Bali Timur, masyarakat pesisir di Kepulauan Seribu, serta perajin produk kayu berkelanjutan di Yogyakarta untuk memproduksi berbagai jenis produk ramah lingkungan dengan mengurangi jejak karbon.

3. Permudah pembeli cari hampers ramah lingkungan dengan fitur beriklan

Maisyalina menyaranakan penjual hampers Ramadhan dapat memasukkan produk paling populer di toko mereka ke dalam hampers ramah lingkungan yang akan dijual.

“Manfaatkan juga fitur Pelengkap Produk di aplikasi Tokopedia Seller untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus,” katanya.

“Agar hampers ramah lingkungan yang dijual dapat tampil teratas di halaman Tokopedia, gunakan fitur beriklan otomatis TopAds. Cukup dengan modal kecil mulai dari Rp250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan,” ujar Maisyalina. Penjualan AngelFin Natural dan Mendekor meningkat 2 kali lipat setelah menggunakan TopAds.

4. Pelajari tips jualan online hampers Ramadhan lewat modul gratis

Ada beragam materi edukasi jualan online di Pusat Edukasi Seller Tokopedia, termasuk kurikulum #SIAPRAMADAN2023 yang bisa membantu pelaku usaha memaksimalkan penjualan di bulan puasa sekaligus mempermudah masyarakat #LengkapiRamadan lewat Tokopedia. Penjual dapat mengikuti berbagai tantangan menarik dan memenangkan jutaan saldo iklan TopAds.

“Khusus untuk yang ingin memulai dan membangun bisnis ramah lingkungan, bisa mengakses modul komprehensif Tokopedia Hijau. Semua materi bisa diakses secara gratis. Ada berbagai topik relevan dalam bentuk webinar atau modul. Mulai dari mengatur promo toko hingga strategi berjualan hampers, termasuk hampers ramah lingkungan,” kata Maisyalina.

5. Tingkatkan penjualan hampers ramah lingkungan lewat Tokopedia Hijau

“Penjual dengan produk ramah lingkungan, kemasan minim sampah dan usaha yang berdampak sosial bisa bergabung di halaman khusus Tokopedia Hijau untuk menjangkau lebih banyak masyarakat,” tambah Maisyalina. Medan, DKI Jakarta dan Bandung tercatat sebagai beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di Tokopedia Hijau pada awal 2023.

“Ini terjadi berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, seperti Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia di berbagai wilayah dengan permintaan tinggi. UMA Women adalah contoh penjual di Tokopedia Hijau yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia,” kata Maisyalina.

Pada tanggal 4 hingga 18 April 2023, Tokopedia Hijau akan menampilkan berbagai jenis produk ramah lingkungan, termasuk hampers Ramadhan. Hal ini dilakukan untuk memberikan masyarakat kesempatan dalam memilih produk dari para pelaku usaha yang peduli terhadap lingkungan, terutama UMKM lokal, dengan pilihan produk yang telah terkurasi. Dengan membeli produk dari kategori ini, kita dapat memperkuat dukungan terhadap gerakan lingkungan dan mempromosikan pengembangan usaha yang lebih berkelanjutan. Melalui Tokopedia Hijau, kita dapat memilih produk yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga ramah lingkungan.***

error: Content is protected !!