Gubernur Lampung sebut memajukan perekonomian dimulai dari desa

Gubernur Lampung sebut memajukan perekonomian dimulai dari desa

portal-rakyat.com – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan untuk memajukan perekonomian daerahnya, dengan melakukan penguatan perekonomian yang dimulai dari desa.

“Di Lampung ini banyak penduduknya berasal dari desa, lalu potensi sumber daya alam pun banyak di desa sehingga penting sekali membangun segala sesuatu dari desa,” ujar Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan dengan adanya hal tersebut, maka dalam memajukan perekonomian di daerahnya akan dimulai dari desa.

“Semua harus melirik desa agar mewujudkan ekonomi kerakyatan. Jadi untuk memajukan ekonomi daerah dimulai dari desa dan nanti hasilnya juga akan kembali ke desa bagi kesejahteraan masyarakat desa,” katanya pula.

Menurut Arinal, salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian di desa dilakukan dengan meningkatkan peranan BUMdes dan memanfaatkan dana desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa.

“Pengembangan ekonomi desa ini harus lebih sistematis, efisien, efektif, dan berdaya guna jadi ekonomi berkembang lebih terbuka. Jadi pemerintah sudah memberi daya dukung melalui dana desa ini harus dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi tidak hanya infrastruktur saja,” katanya lagi.

Arinalmenyatakan pula, dana desa dapat digunakan untuk mengembangkan potensi desa melalui BUMdes dan koperasi desa.

“Koperasi desa dan BUMdes yang mengelola potensi desa bisa dikembangkan dari dana desa, seperti membuat hilirisasi kopi dan hasil bumi lainnya. Peningkatan ekonomi desa melalui BUMdes sudah dimulai dengan melakukan integrasi dengan pengelolaan pajak bagi masyarakat desa,” katanya lagi.

Ia menjelaskan pengelolaan pemungutan pajak melalui BUMdes dan e-Samdes dilakukan sebagai pengungkit tumbuhnya perekonomian desa.

“Potensi pajak di desa ini sangat besar, dan banyak masyarakat desa terlalu jauh untuk mengurus pajak ke kabupaten jadi diinisiasi untuk datang secara langsung ke desa. Sehingga ini jadi daya dorong tumbuhnya ekonomi desa melalui BUMdes dan e-Samdes,” kata dia pula.

error: Content is protected !!