Fintech Komunal Raih Pendanaan Rp 132 Miliar dari East Ventures

Fintech Komunal Raih Pendanaan Rp 132 Miliar dari East Ventures

portal-rakyat.com – Perusahaan fintech yang berfokus pada digitalisasi BPR, Komunal memperoleh pendanaan baru senilai 8,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 132 miliar yang dipimpin oleh East Ventures (Growth fund).

Putaran pendanaan ini diikuti oleh AlphaTrio Sustainable Technology Fund, Skystar Capital, Sovereign’s Capital, dan Ozora and Gobi Partners.

CEO Komunal Hendry Lieviant mengatakan, dana segar ini akan digunakan untuk mengakselerasi misi perusahaan, yaitu untuk mendorong inklusi finansial dan memperkuat ekosistem neo-rural bank di Indonesia, terutama di luar Jabodetabek.

“Kepuasan tersendiri bagi kami melihat mitra-mitra BPR tumbuh melalui digitalisasi dan pelanggan kami dapat dengan mudah dan aman mengakses simpanan dan pinjaman secara digital,” kata dia dalam siaran pers, dikutip Rabu (18/1/2023).

Ia menambahkan, pada tahun 2023 perusahaan akan fokus untuk pengguna dan mitra BPR diluar Jawa dan Bali.

“Kami optimistis kolaborasi antara fintech dan incumbent banks (termasuk BPR) akan menciptakan sinergi yang luar biasa. Komunal melihat potensi kemitraan dengan BPR untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi UMKM di kota-kota tier 2 dan 3,” imbuh dia.

Ia menjelaskan, selama 2022 Komunal telah menyalurkan simpanan dan pinjaman sebesar 230 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,6 triliun ke BPR dan UMKM lokal.

Angka ini menunjukkan pertumbuhan sebesar 350 persen secara tahunan (yoy) dibandingkan di tahun 2021.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 220 BPR dari 19 provinsi di Indonesia yang telah bergabung ke dalam platform DepositoBPR by Komunal.

Sementara, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan, Komunal akan semakin mempercepat digitalisasi di sektor keuangan.

“Kami bersemangat untuk terus melihat kontribusi dari Komunal dalam mewujudkan inklusi keuangan untuk masyarakat Indonesia,” tandas dia.

Sebagai informasi, saat ini Komunal memiliki dua lini bisnis, yaitu DepositoBPR by Komunal dan Komunal P2P Lending.

DepositoBPR by Komunal adalah aplikasi marketplace pertama untuk produk Deposito BPR di Indonesia.

Sedangkan, Komunal P2P Lending adalah Platform P2P Lending yang menghubungkan UMKM berpotensi dengan para pemberi dana untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!