Curhat Korban Wanaartha, Rugi Rp 3 M dan Nyaris Jadi Gembel

Curhat Korban Wanaartha, Rugi Rp 3 M dan Nyaris Jadi Gembel

portal-rakyat.com – Drama kasus Wanaartha Life belum berakhir. Pihak yang merasa dirugikan masih bermunculan, bahkan dengan nilai kerugian hingga miliaran rupiah.

Salah satunya seperti yang dialami seorang nasabah bernama Grace. Berdasarkan pengakuannya, ia menjadi korban justru akibat ‘ditikung’ oleh orang kepercayaan ibunya.

Orang tersebut adalah relationship manager (RM) ibunda Grace yang sebelumnya bekerja di CIMB Niaga dan DBS. Selama menjadi RM, ibunda Grace tidak pernah menjadi sasaran marketing -nya.

Barulah pada 2017, ketika ibunda Grace meninggal dunia, RM tersebut beralih profesi menjadi freelance. Sejak saat inilah, Grace ditawari sejumlah produk, termasuk produk asuransi dari Wanaartha Life.

“Sejak saat itu, dia push saya dengan strategi marketing,” ungkap Grace, Kamis (1/12/2022).

Grace enggan terburu-buru membeli produk tersebut. Ia tak lupa menanyakan apakah produk tersebut aman atau tidak.

Kemudian, Grace juga menanyakan sejauh mana kekuatan produk tersebut terhadap paparan inflasi. “Dia bilang, seaman deposito dan Wanaartha punya rekam jejak yang kuat,” imbuh Grace.

Masih di tahun yang sama, Grace pun akhirnya sepakat membeli produk tersebut. Seiring berjalannya waktu, premi yang ia bayar sudah mencapai Rp 3 miliar. Kelak, nilai ini yang menurut Grace menjadi kerugiannya.

“Di sini saya lebih paham dengan produknya. Baru setelah beberapa tahun, saya mendengar bahwa produk ganda asuransi lebih mahal dan kurang efektif dibanding produk asuransi tradisional,” terang Grace.

Namun, apa daya, klaim tidak bisa ditarik. Wanaartha Life pun dinyatakan gagal bayar pada 2020.

Yang Grace sesalkan adalah, tindak tanduk yang RM itu lakukan. Mulai dari memanfaatkan data dari bank untuk mengetahui karakteristik nasabah, memberikan janji manis, hingga pada akhirnya sulit dihubungi.

“Jeffi sebenarnya tahu bahwa saya bukan tipe nasabah yang mau membeli yang tidak aman. Produk Wanaartha secara normal bukan produk yang mau dibeli oleh nasabah seperti saya,” tutur Grace.

“RM tersebut pernah mencoba membujuk saya untuk investasi seluruh dana saya. Bayangkan jika itu terjadi, saya sudah menjadi gembel gelandangan. Dan saya kira Wanaartha banyak menggunakan orang sepertinya,” sambung Grace.

CNBC Indonesia telah menghubungi RM tersebut untuk meminta konfirmasi. Ia tak menampik pernah menjual produk Wanaartha Life. Ia menegaskan telah melakukan penjualan sesuai prosedur.

“Jika dibilang saya push, itu tidak benar karena company profile dan produk selalu disampaikan di awal. Keputusan juga tetap di nasabah karena ada waktu bagi mereka untuk mempelajari produk tersebut,” ujar mantan RM yang enggan disebutkan namanya tersebut.

error: Content is protected !!