Bocoran Bos Badan Otorita: IKN Bakal Dilengkapi Mal hingga Pusat Hiburan

Bocoran Bos Badan Otorita: IKN Bakal Dilengkapi Mal hingga Pusat Hiburan

portal-rakyat.com – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus dilakukan. Kepala Badan Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono mengatakan, ibu kota baru bakal dilengkapi pusat perbelanjaan atau mal.

Selain mal, pusat-pusat hiburan juga bakal hadir di IKN. Menurut Bambang, hal ini akan memberikan pilihan pariwisata bagi yang berkunjung ke ibu kota baru.

“Insyaallah (IKN) ada malnya, dan ada beberapa tempat amusement center, di mana mereka yang ingin berkunjung ke IKN Nusantara untuk visit atau leisure punya destinasi pariwisata,” katanya dalam RDP dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (6/2/2023).

Beberapa waktu lalu, Bambang juga membocorkan sejumlah investor kuliner siap investasi di IKN, di antaranya Kopi Kenangan hingga Starbucks.

“Nanti di IKN ada kopi yang kelasnya Starbucks, Kopi Kenangan, Kopi Tuku, itu kita ingin keberagaman,” katanya dalam Market Sounding Proyek IKN, Selasa (18/20/2022).

Saat ini, kata Bambang, sedang dibangun kawasan Istana Kepresidenan, empat kantor Kementerian Koordinator, Sekretariat Kabinet, dan lainnya. “Zona 1A sedang dibangun kawasan untuk istana presiden, empat kantor Menko, Sekretariat Kabinet,” sambungnya.

Selain itu fasilitas lain seperti rumah sakit, fasilitas pendidikan, perkantoran juga hadir di IKN. Sebagai informasi, KIPP seluas 6.600 hektar pembangunannya difokuskan di kawasan 1-A, yang bakal dibangun istana negara, kantor-kantor, hingga jalan-jalan yang membentuk kawasan tersebut.

Adapun progres pembangunan IKN mencapai 12% per awal 2023. Kementerian PUPR terus mempercepat pembangunan IKN Nusantara tahap 1 yang ditargetkan rampung 2024.

Adapun proyek yang sedang digarap mencakup pengerjaan infrastruktur dasar. Rinciannya terdiri atas infrastruktur air minum, sanitasi, jalan, gedung kantor, hingga perumahan.

error: Content is protected !!