ARMY Desak Hyundai Mundur dari Proyek PLTU di Kaltara

ARMY Desak Hyundai Mundur dari Proyek PLTU di Kaltara

portal-rakyat.com – Platform dari penggemar K-pop KPOP4PLANET bersama penggemar BTS di Indonesia (ARMY) menulis surat terbuka kepada Hyundai untuk mundur dari perjanjian terbaru dengan Adaro yang berencana membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara 1,1 giga watt (GW) di Kalimantan Utara. Sebab, proyek ini dianggap memberikan dampak pada lingkungan.

Hyundai berencana menggunakan aluminium dari smelter Adaro untuk produksi mobilnya di mana mereka mengklaim smelter tersebut ‘hijau’ karena akan ditenagai oleh PLTA dari sungai Kayan. Namun, dari perencanaan dan jadwal proyeknya, PLTA tersebut baru akan tersedia pada 2029. Sementara pada tahap pertama, smelter Adaro akan bergantung pada batu bara.

Surat terbuka dan petisi yang didorong para penggemar K-pop ini merupakan bagian dari kampanye KPOP4PLANET ‘Hyundai, Drop Coal’ (terinspirasi dari hit BTS ‘Mic Drop’) yang meminta perusahaan untuk mundur dari perjanjian dan mengungkapkan sumber energi produksinya.

Dimotori oleh para penggemar K-pop di Indonesia, khususnya ARMY yang mengetahui supergrup K-pop idolanya telah menjadi brand ambassador mobil listrik Ioniq EV milik Hyundai.

“Hyundai adalah salah satu merek yang kita pikirkan ketika mendengar kalimat ‘kendaraan ramah lingkungan’, terutama setelah idola kami menjadi representasi dan secara aktif membicarakan merek tersebut,” ujar Aktivis KPOP4PLANET yang mengkoordinir kampanye di Indonesia, Nurul Sarifah dalam keterangannya, Selasa (28/3/2023).

“Itulah mengapa kami mendorong Hyundai untuk menjalankan prinsip mereka dan mundur dari proyek yang tidak hanya membahayakan lingkungan tetapi juga merugikan masyarakat lokal,” tambahnya.

Kendaraan Hyundai terkenal di kalangan ARMY karena idola mereka merupakan brand ambassador dari mobil listrik Ioniq. Sebagai bagian dari kampanye ini, ARMY Indonesia mengungkapkan kekhawatiran mereka terkait berita yang beredar dengan menandatangani surat terbuka yang akan dikirimkan oleh KPOP4PLANET kepada Executive Chair Hyundai.

Melalui kampanye ini, mereka mendorong perusahaan mundur dari proyek yang dapat merusak lingkungan.

“Kami telah melihat dan mengalami sendiri dampak dari bencana iklim. Mulai dari banjir, polusi udara, kekeringan, dan banyak lagi. Kami tidak ingin PLTU baru nantinya menambah runtutan panjang bencana ini,” kata Sharon, organizer dari BTS ARMY Help Center Indonesia.

“Kami ingin hidup di bumi yang sehat, dan seperti kata idola kami, kami ingin menjadi welcome generation,” tambahnya.

error: Content is protected !!