8 Cara Beli Tiket Kereta Lebaran via KAI Access

8 Cara Beli Tiket Kereta Lebaran via KAI Access

portal-rakyat.com – Tiket kereta api (KA) masa angkutan Lebaran ke berbagai tujuan kota bisa dibeli oleh masyarakat mulai 26 Februari mendatang.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, penjualan tiket angkutan Lebaran tahun ini menerapkan kebijakan dengan aturan penjualan tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan.

“Per 26 Februari 2023, pelanggan sudah dapat membeli tiket untuk keberangkatan 12 April 2023. Di mana pada kondisi normal selain di luar masa Angkutan Lebaran, KAI menerapkan kebijakan untuk penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan,” ujar Joni dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Rabu (22/2/2023).


Perubahan ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa Angkutan Lebaran.

Adapun pemesanan tiket dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui aplikasi KAI Access , web kai.id, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Lantas, bagaimana cara membeli tiket kereta Lebaran 2023 melalui aplikasi KAI Access?

Cara beli tiket kereta Lebaran via KAI Access

Pembelian tiket kereta melalui aplikasi KAI Access membutuhkan akun yang bisa didaftarkan dengan mengisi sejumlah informasi pribadi.

Langkah-langkah pembelian tiket kereta api Lebaran 2023 di aplikasi KAI Access sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi KAI Access dan login menggunakan akun yang sudah terdaftar
  2. Di halaman awal, masukkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, kelas kereta, hingga jumlah penumpang
  3. Setelah mengisikan seluruh data dengan benar, klik Cari
  4. Akan muncul daftar nama kereta yang beroperasi di tanggal yang diisikan, termasuk ketersediaan kursi
  5. Anda dapat memilih kereta apa yang akan digunakan hingga jam keberangkatannya, lalu klik pada kereta yang dipilih
  6. Setelah itu, akan muncul ringkasan pemesanan dan masukkan data penumpang
  7. Anda dapat memilih kursi yang tersedia dengan menu Pilih Kursi, kemudian klik Lanjutkan
  8. Akan muncul rincian pemesanan, termasuk biaya yang harus dibayarkan, dan jangan lupa klik kolom syarat dan ketentuan, lalu pilih Bayar Sekarang.

Anda dapat melakukan pembayaran tiket sesuai nominal dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia. Setelah melakukan penyelesaian pembayaran, otomatis akan muncul kode booking yang nantinya digunakan saat boarding.

Joni mengimbau calon pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, rute, serta data diri pada saat melakukan pemesanan tiket kereta masa angkutan Lebaran ini.

“Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju stasiun. Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik Lebaran,” jelas dia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!
Exit mobile version