Ridwan Kamil Ditawari Ilmu Tahan Gempa oleh Gubernur Jepang

Ridwan Kamil Ditawari Ilmu Tahan Gempa oleh Gubernur Jepang

2 menit

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendapatkan tawaran dari sejumlah Gubernur di Jepang untuk memperoleh ilmu tahan gempa menyusul musibah yang terjadi di Cianjur.

Dalam acara bertajuk Kongres Pemerintah Daerah (Pemda) se-Asia Timur alias East Asia Local and Regional Government Congress (EALRGC) ke-11 yang dihelat di Bandung, sejumlah kepala daerah dari Jepang menyatakan berkomitmen untuk membantu.

“Gubernur Jepang menawarkan ilmu tahan gempa karena salah satu provinsi, Shizuoka, itu gempanya banyak sekali tapi budaya tanggap bencananya sudah sangat luar biasa,” kata Ridwan Kamil seperti dikutip dari bandung.kompas.com.

Tidak hanya Shizuoka, Provinsi Nara (Jepang) juga dinilai mempunya kebiasaan tanggap bencana yang sama baiknya.

“Sehingga kita diberi komitmen untuk mendapatkan ilmu sehingga insya Allah ya Jawa Barat, Cianjur, akan belajar melalui ilmu yang datang dari negara Jepang,” tambahnya.

Delegasi Jepang Beri Bantuan

sumber: pojoksatu.id

Masih melansir sumber yang sama, selain menyampaikan ucapan belasungkawa, para delegasi pun secara spontan memberikan bantuan bagi para korban gempa Cianjur.

“Bahkan delegasi Jepang tadi mengumpulkan bantuan juga secara spontanitas untuk warga Cianjur. Mereka sangat merasakan bahwa masalah kemanusiaan ini masalah bersama,” papar pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Untuk diketahui, Jawa Barat menjadi tuan rumah Kongres Pemerintah Daerah (Pemda) se-Asia Timur atau East Local and Regional Government Congress ke-11.

Kendati sempat tertunda selama dua tahun, pada akhirnya Jawa Barat bisa melangsungkan pertemuan tersebut.

Dalam catatan kompas.com, ada 92 delegasi dan 8 observer yang hadir pada kongres kali ini.

Mereka antara lain Gubernur Nara Prefecture Jepang, Mr Arai Shogo, Gubernur Shizuoka Jepang, Mr Tsutomo Ideno, Wakil Gubernur Provinsi Phu To Vietnam, Mr Than Trong Phan, dan masih banyak lagi.

Update Jumlah Korban Gempa Cianjur

Di luar pembahasan mengenai penawaran ilmu tahan gempa dari Jepang serta ucapan duka cita dari para pemimpin di sejumlah negara tetangga berkaitan dengan gempa Cianjur, jumlah korban pun terus bertambah.

Mengutip tribunnews dari bnpb.go.id per Rabu (23/11/22), korban meninggal dunia gempa Cianjur berjumlah ratusan orang. Berikut rincian lengkapnya.

  • korban meninggal dunia: 271 orang
  • teridentifikasi: 271 jenazah
  • korban hilang: 40
  • korban luka: 2.043
  • pengungsi: 61.908 orang.

Tidak hanya itu, banyak fasilitas umum yang turut terdampak, misalnya sekolah, tempat ibadah, gedung perkantoran, hingga fasilitas kesehatan.

***

Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Jangan lewatkan ulasan lainnya dengan mengakses Berita.99.co Indonesia.

Kamu juga bisa ikuti ragam artikel menarik lainnya dengan follow Google News kami.

Sedang mencari hunian di wilayah Bogor seperti Golden Hills?

Kunjungi laman www.99.co/id dan Rumah123.com untuk menengok rekomendasi rumah atau apartemen dengan harga terbaik.

Temukan pula ragam promo dan diskon menggiurkan, karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Artikel ini bersumber dari berita.99.co.