Pelatih Jelaskan Cedera Jonatan Christie dan Alasan Dia Mundur

Pelatih Jelaskan Cedera Jonatan Christie dan Alasan Dia Mundur

JawaPos.com-Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie gagal melangkah ke semifinal French Open 2022. Pada perempat final di Stade Pierre de Coubertin, Paris, dini hari tadi (29/10), Jonatan mengundurkan diri di tengah pertandingan game ketiga karena cedera.

Di fase delapan besar, Jonatan berhadapan dengan pemain asal Jepang Kodai Naraoka. Saat kedudukan 13-17 di game ketiga, Jonatan memutuskan mundur karena cedera di bagian engkel kaki kanan.

Pada game pertama, Jonatan menang dengan skor 21-14. Sedangkan di game kedua, gantian Naraoka yang menang dengan skor identik, 21-14.

Pelatih tunggal putra Indonesia Irwansyah mengatakan bahwa pada awal game ketiga, Jonatan sejatinya bisa bermain dengan menggunakan strategi yang tepat. Namun, ada satu momen ketika Jonatan melakukan smes keras dan memaksa mengambil bola di depan net.

“Hal tersebut sedikit membuat bagian engkel luar di kaki kanannya salah menumpu. Sehingga sempat terasa nyeri. Jojo sempat meminta bantuan medis lagi untuk disemprot, sayang hanya diperbolehkan satu kali,” ucap Irwansyah dikutip dari siaran pers PP PBSI.

“Saya khawatir dengan cedera Vito (Shesar Hiren Rhustavito) sebelumnya. Ini kemudian membayangi saya lagi. Jojo merasa kesakitan saat kakinya menekan. Jadi akhirnya diputuskan lebih baik tidak melanjutkan pertandingan.”

“Keputusan retired diambil bersama. Antara saya dan Jojo. Dia akhirnya memilih  menyelesaikan pertandingan lebih cepat. Saya sempat khawatir dengan cederanya. Kemudian kami putuskan mundur setelah Jojo berbicara ke saya, kalau engkel kakinya sakit saat menekan,” kata Irwansyah lagi.

Jonatan mengatakan bahwa meskipun cedera, dia masih bisa melangkah.

“Namun untuk melakukan gerakan yang ada reaksinya saat seperti tadi, masih berasa banget. Tadi cuma agak kaget saja pas memaksa mengambil bola jauh dan tumpuannya jadi tidak pas, makanya engkel kanan saya terasa sakit,” ucap Jonatan.

“Kecewa pasti kecewa, tapi tetap harus bersyukur apapun hasilnya. Ada dua sampai tiga hari untuk recovery sebelum ke Jerman. Semoga cedera ini bisa segera pulih,” tambah Jonatan.

Jonatan menambahkan bahwa dia menghadapi pertandingan yang sulit melawan Kodai Naraoka. Sebab, pemain nomor 20 dunia itu merupakan pemain yang cukup alot dan ulet. “Tetapi cukup disayangkan dengan kejadian cedera saya tadi, jadi mengubah semuanya,” ucap pemain nomor 7 dunia tersebut.


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.