Pahami Cara Menggunakan Transmisi Matic pada Toyota Rush

Pahami Cara Menggunakan Transmisi Matic pada Toyota Rush

Cara menggunakan transmisi Toyota Rush gampang-gampang susah. Secara umum, mobil ini dilengkapi dengan beragam fitur yang memudahkan pengemudi. 

Secara fisik, mobil matic hanya memiliki dua pedal saja yakni pedal gas dan rem berbeda dengan mobil transmisi manual yang memiliki tiga pedal yakni pedal kopling, gas dan rem sehingga kamu perlu menguasai ketiganya.

Kendati demikian, bukan berarti mengendarai mobil matic pun gampang. Khususnya bila kamu terbiasa membawa mobil manual, tentu ada perasaan yang berbeda saat membawa Toyota Rush matic

Yuk, ketahui cara menggunakan transmisi matic Toyota Rush yang benar.

Cara mengemudi mobil matic Toyota Rush 

Hal pertama yang perlu kamu ketahui sebelum mengetahui cara mengendarai mobil transmisi matic adalah kode-kode yang disematkan di bagian tuas transmisinya. 

Umumnya, kode-kode tersebut menggunakan kombinasi huruf dan angka. Pada mobil Toyota Rush, kode-kode transmisi matic-nya adalah sebagai berikut:

  • P (Parking) = Memarkir mobil atau menghidupkan mesin mobil
  • R (Reverse) = Mundur
  • N (Neutral) = Netral
  • D (Drive) = Pengendaraan normal
  • 3 = Posisi pengereman mesin
  • 2 = Posisi pengereman mesin yang berlebih
  • L (Low) = Posisi pengereman mesin yang maksimum

Setelah mengetahui arti dari kode-kode yang disematkan produsen mobil di bagian tuas transmisi pada mobil matic, kamu bisa memulai belajar cara mengemudikan mobil matic di jalanan yang aman dan sesuai aturan.

Langkah pertama saat mobil dalam kondisi diam, kita asumsikan bahwa posisi tuas berada di kode P. Kamu bisa menginjak pedal rem untuk memindahkan tuas transmisi ke kode D sebab posisi tuas berada di kode D akan mengubah pengaturan sistem pengendaraan normal.

Selanjutnya, bila kamu ingin melaju mundur maka hentikan mobil terlebih dulu dengan sempurna baru menggeser tuas transmisi menuju kode R supaya memperpanjang usia pakai transmisi.

Sedangkan tuas dengan kode N digunakan saat mobil berhenti sebentar saat melaju seperti saat terjebak macet atau terjebak lampu merah.

Untuk beberapa mobil transmisi otomatis, ada mobil yang dibekali dengan teknologi transmisi tiptronic sehingga sekalipun kamu berkendara dengan mobil matic tapi seperti membawa mobil manual karena disediakan juga pedal kopling.

Apa fungsi pedal kopling pada mobil matic? Umumnya, pedal kopling pada sistem tiptronic ini difungsikan untuk meningkatkan atau mengurangi kecepatan mobil saat tuas transmisi berada di posisi D. 

Sistem triptonic juga dikemas dalam bentuk paddle shift yang disimpan di balik kemudi setir.

Cara mengemudikan mobil matic di tanjakan

Saat ini, mobil transmisi otomatis telah dibekali fitur yang lebih canggih untuk membantu mobil saat berkendara, khususnya saat melintasi tanjakan. 

Mobil matic saat ini memiliki beberapa tingkatan kecepatan. Untuk mobil-mobil entry level biasanya dibekali 4 tingkatan kecepatan.

Mobil-mobil matic ini sudah mampu mengidentifikasi kecepatan yang dibutuhkan saat akan melintasi medan yang menanjak. 

Kamu hanya perlu mengontrol posisi tuas transmisi D saat melintasi medan tanjakan. Sementara itu, untuk meningkatkan kecepatan, kamu bisa menggunakan pilihan transmisi 3, 2, atau L.

Sebagai catatan penting saat kamu mengendarai mobil matic di medan menanjak dan macet dan berpotensi mobil akan berhenti pada saat menanjak. 

Pastikan kamu selalu memperhatikan transisi mobil saat harus berhenti di medan menanjak tersebut.

Angkat kaki kamu dari pedal rem mobil sebelum menginjak pedal gas. Saat menggeser posisi kaki, sebaiknya jangan dilakukan terlalu lama supaya mobil tidak melaju mundur. 

Apalagi bila mobil kamu tidak memiliki fitur Hill Start Assist.

Cara mengemudikan mobil matic di turunan

Bagaimana cara menggunakan transmisi matic Toyota rush di medan jalan menurun? Bila mobil transmisi manual mengandalkan engine brake untuk membantu menahan laju mobil saat melintasi medan jalan yang menurun, hal tersebut tak jauh berbeda dengan mobil matic.

Mobil matic dilengkapi dengan pilihan transmisi yakni 3,2 dan L sebagai pilihan tingkatan kecepatan saat mobil akan melintasi medan yang menurun. 

Sesuai dengan yang tertulis pada buku Pedoman Pemilik Toyota Rush di mana tuas transmisi 3, 2, dan L memang dikhususkan untuk mobil yang akan melaju di medan jalan menurun.

Tujuannya untuk mendatangkan efek engine brake pada mobil matic supaya tidak bisa meluncur bebas. 

Dengan begitu, tidak hanya mengandalkan pedal rem saja tetapi kamu bisa mengontrol laju kecepatan mobil saat melintasi medan jalan menurun.

Kelebihan mobil matic

Ada 4 keuntungan yang akan kamu rasakan bila berkendara dengan mobil matic, di antaranya kemudahan berkendara, terhindar dari rasa pegal pada kaki, cukup aman saat berkendara di medan menanjak dan cocok dibawa berkendara di jalanan perkotaan yang macet. Berikut ini penjelasan rincinya.

1. Kemudahan berkendara

Alasan utama mengapa mobil transmisi otomatis semakin populer adalah kemudahan membawa mobil ini dibandingkan mobil manual sehingga tak butuh waktu lama untuk mempelajari cara menggunakan mobil matic.

2. Pengalaman berkendara dengan nyaman

Bila mengingat ada banyak pengaturan dan pedal pada mobil manual, di mana kamu perlu melakukan perpindahan gigi saat akan berbelok atau bermanuver. 

Sedangkan pada mobil matic, kamu hanya perlu mengontrol pedal gas, pedal rem dan tuas transmisi saja. Buat kamu yang ingin lebih tahu soal gigi mobil matic, baca artikel Lifepal mengenai cara pindah gigi mobil matic. 

3. Meminimalisir laju mundur saat menanjak

Sudah bukan rahasia lagi bila mobil transmisi manual berisiko mengalami laju mobil yang mundur saat terlambat mengubah pengaturan mobil. 

Sedangkan bila menggunakan mobil matic maka kamu bisa meminimalisir kejadian tersebut sehingga terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

4. Moda transportasi terbaik di daerah perkotaan yang rawan macet

Keuntungan yang terakhir adalah bila kamu sering melintasi medan jalan yang macet seperti di perkotaan, kamu tidak perlu mengoper gigi.

Kekurangan mobil matic 

Sama seperti mobil lainnya, di mana ada kelebihan tentu ada kekurangannya. Meskipun mobil matic menghadirkan pengalaman yang nyaman dan aman saat berkendara. 

Tetapi mobil ini tetap memiliki beberapa kelemahan yang perlu kamu antisipasi, di antaranya:

  • Penggunaan bahan bakar mesin yang boros, di mana adanya Torque Converter yang meningkatkan RPM mobil sehingga konsumsi BBM jadi lebih boros.
  • Biaya servis mobil dan perawatan yang cukup mahal. Dua diantaranya rutin mengganti oli mobil sesuai jadwal dan harga spare part mobil matic yang dijual dengan harga yang cukup mahal serta hanya teknisi tertentu yang bisa memperbaiki mobil matic.
  • Pada sistem pengereman, mobil tidak dibekali dengan engine brake.
  • Harga jual mobil mahal tidak seimbang dengan harga jual kembali yang rendah.

Bagaimana bila mobil transmisi matic Toyota Rush rusak? Apakah harus dibawa ke bengkel mobil resmi atau bengkel mobil umum?

Tips dari Lifepal! Untuk memilih bengkel mobil terbaik yang kamu percayakan untuk merawat dan memperbaiki mobil adalah dengan memperhatikan ketersediaan peralatan di bengkel tersebut, keandalan teknisi dan ketersediaan spare part original.

Itu semua akan kamu dapatkan bila melakukan servis mobil Toyota Rush di bengkel resminya yaitu Bengkel Auto2000. 

Tak perlu khawatir dengan biaya servis Toyota Rush akan mahal. Sebab, semua itu bisa jadi ringan bila kamu memiliki asuransi kendaraan.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar cara menggunakan transmisi matic Toyota rush 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.