Macam-macam Cara Cek Asuransi Mobil Daihatsu dengan Mudah

Macam-macam Cara Cek Asuransi Mobil Daihatsu dengan Mudah

Cara cek asuransi mobil Daihatsu baru dan bekas bisa dilakukan oleh para pemegang polis untuk mendapatkan informasi sejauh mana manfaat asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Asuransi sendiri bertujuan untuk meringankan risiko kerugian bagi pemilik mobil. Bagi para pemilik mobil Daihatsu, simak informasi mengenai cara cek asuransi berikut ini.

Cara cek asuransi mobil Daihatsu

Ada empat cara cek asuransi mobil Daihatsu yang bisa kamu lakukan. Dengan melakukan empat langkah ini, kamu bisa mengetahui jenis asuransi yang kamu miliki, besar premi, serta manfaatnya. 

Alhasil kamu bisa merasa lebih tenang dengan kepemilikan asuransimu. Berikut ini cara mengecek asuransi mobil Daihatsu.

1. Datang ke kantor cabang terdekat 

Cara pertama yang paling mudah dilakukan adalah mendatangi kantor cabang mobil Daihatsu terdekat dari tempat tinggalmu.

Untuk Kantor Pusat Daihatsu terdapat di Jl. Gaya Motor III/5, Sunter II, Jakarta Utara , 14330. Selain kantor pusat, kamu bisa mendatangi kantor cabang.

Sementara untuk kantor cabangnya, kamu bisa datang ke dealer Daihatsu terdekat untuk berkonsultasi dengan customer service-nya terkait asuransi mobil Daihatsu.

2. Datang ke agen asuransi tepercaya

Kamu mungkin lupa pernah mendaftarkan asuransi mobil Daihatsu, namun biasanya kamu tetap memiliki bukti seperti dokumen mengenai perjanjian asuransi dan sebagainya. 

Nah, kamu bisa membawa dokumen ini untuk berkonsultasi ke agen asuransi tepercaya. Di sana, agen asuransi akan membantu kamu mendapatkan penjelasan terkait asuransi yang telah kamu gunakan.

3. Gunakan aplikasi

Cara cek asuransi mobil Daihatsu selanjutnya bisa dilakukan menggunakan aplikasi Daihatsu Mobile Apps. Melalui aplikasi resmi Daihatsu ini kamu bisa mengecek polis yang sudah digunakan. 

Selain itu, jika asuransi yang kamu pilih sudah menyediakan aplikasi pun, kamu bisa memanfaatkannya untuk cek asuransi mobil Daihatsu.

Kamu cukup mengikuti langkah-langkah yang tertera di aplikasi dan menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP. Lalu, nantinya kamu akan bisa mendapatkan informasi asuransi yang sudah kamu pilih. 

Ini lebih mudah dilakukan terutama untuk kamu yang sibuk dan tidak ada waktu untuk datang ke kantor cabang atau agen asuransi terdekat. 

4. Akses website resmi asuransi daihatsu

Kamu bisa mengakses laman untuk mengetahui informasi tentang asuransi mobil Daihatsu. 

Mulai dari polis yang diberikan kepada kendaraan keluaran Daihatsu, jenis kendaraan yang diasuransikan, hingga informasi premi dan manfaat dari asuransi mobil Daihatsu. 

5. Hubungi call center

Cara cek asuransi mobil Daihatsu selanjutnya adalah dengan menghubungi call center Daihatsu di nomor Hotline 15008988. 

Atau kamu juga bisa menyampaikan permintaan untuk cek asuransi mobil Daihatsu melalui email [email protected].

Cara klaim asuransi mobil Daihatsu

Jenis asuransi yang bisa dipilih untuk mobil Daihatsu adalah jenis all risk dan TLO. Simak informasi mengenai cara klaim asuransi mobil Daihatsu berdasarkan jenisnya berikut ini.

Cara klaim asuransi mobil Daihatsu all risk

Asuransi mobil Daihatsu all risk menanggung semua risiko kerusakan mobil, mulai dari yang kecil seperti goresan, hingga besar seperti akibat kecelakaan, serta kehilangan karena pencurian.T

ak heran jika asuransi mobil Daihatsu all risk jadi salah satu produk yang paling banyak dipilih. Terutama untuk mobil Daihatsu dengan harga yang tinggi. Berikut cara klaim asuransi mobil all risk.

1. Dokumentasikan kerusakan

Untuk bisa mengeklaim asuransi all risk kamu harus memiliki dokumentasi kerusakan atau kerugian yang terjadi pada mobil Daihatsu. 

Ini merupakan bukti yang akan dilampirkan sebagai dokumen untuk pengajuan klaim dan membantu pihak asuransi menentukan apakah klaim yang diajukan bisa disetujui atau tidak.

2. Siapkan dokumen pendukung

Selain bukti kerusakan, kamu juga perlu menyiapkan dokumen penting yang mendukung untuk klaim asuransi all risk

Dokumen pendukung tersebut antara lain fotokopi SIM, STNK, buku polis, dan surat keterangan dari kepolisian (bila perlu).

Asuransi all risk juga berlaku untuk kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. Untuk kasus ini, kamu perlu menambahkan bukti foto dan surat keterangan dari pihak ketiga terkait kerugian yang dialami.

3. Hubungi agen asuransi

Agen asuransi tidak hanya bisa membantu dalam cara cek asuransi mobil Daihatsu, namun juga membantu untuk melakukan klaim.

Kamu tidak harus mengurus klaim di kota asal. Dimanapun kamu mengalami kerusakan atau kerugian, kamu bisa melakukan klaim asuransi dengan mendatangi agen asuransi terdekat. 

4. Isi formulir klaim

Jika klaim asuransi mobil disetujui, agen asuransi akan merekomendasikan bengkel rekanan untuk melakukan perbaikan. 

Langkah selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi formulir klaim yang tersedia. Pastikan kamu mengisi formulir dengan lengkap dan melampirkan seluruh dokumen syarat klaim yang dibutuhkan.

5. Konfirmasi ke pihak asuransi

Bila semua langkah di atas sudah terpenuhi, pihak bengkel akan melakukan konfirmasi kepada perusahaan asuransi. 

Jika klaim diterima, maka pihak bengkel akan melakukan proses perbaikan ke mobil Daihatsu milikmu yang mengalami kerusakan.

Cara klaim asuransi mobil Daihatsu TLO

Asuransi mobil TLO (total loss only) adalah jenis asuransi yang akan memberikan pertanggungan jika nilai kerugian sama dengan atau lebih dari 75 persen harga kendaraan.

Dengan kata lain, pertanggungan diberikan untuk kerusakan besar atau parah. Berikut cara klaim asuransi mobil Daihatsu TLO:

1. Segera lapor jika terjadi kerusakan atau kehilangan

Karena asuransi TLO hanya dapat diklaim ketika kamu mengalami kerugian total, maka sebaiknya segera lapor jika terjadi kerusakan kepada pihak asuransi. 

Ceritakan juga kronologi kejadian sehingga mobil bisa mengalami kerusakan tersebut. 

Paling tidak kamu harus melaporkan kerugian yang kamu alami maksimal 5 x 24 jam setelah kejadian agar proses klaim tidak sulit dilakukan.

2. Siapkan dokumentasi kerusakan

Sama halnya dengan asuransi all risk, kamu butuh dokumentasi kerusakan mobilmu sebagai cara klaim asuransi TLO. 

Jika kamu mengalami kehilangan, maka kamu perlu membuat laporan kehilangan terlebih dahulu di kantor polisi tempat kejadian. Kamu juga akan dimintai keterangan kronologi kejadian secara tertulis. 

Selanjutnya, lampirkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan, seperti buku polis, KTP, SIM, STNK, BPKB (jika ada), dan surat laporan kehilangan dari kepolisian.

3. Serahkan dokumen ke perusahaan asuransi

Jika semua dokumen yang dibutuhkan sudah siap, datanglah ke agen asuransi terdekat dan serahkan semua dokumen yang dibutuhkan. 

Proses pengajuan klaim yang dilakukan di kantor asuransi biasanya bisa diproses secara langsung pada hari itu juga sehingga kamu tidak perlu menunggu lama. 

Untuk asuransi TLO mobil Daihatsu yang masih dalam proses kredit pun bisa dilakukan ketika pengajuan klaim sudah disetujui.

Cara cek asuransi mobil bekas

Untuk kamu yang membeli mobil bekas, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah apakah mobil tersebut dilengkapi asuransi atau tidak. 

Biasanya ini tergantung pada pemilik sebelumnya. Nah, untuk mengecek asuransi mobil bekas, berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan:

1. Cek jenis dan jaminan asuransi

Coba tanyakan ke pemilik mobil sebelumnya, jenis asuransi apa yang digunakan pada mobil tersebut. 

Selanjutnya cek apakah ada perluasan jaminan perlindungan yang sebelumnya diajukan kepada perusahaan asuransi oleh pemilik sebelumnya. 

Jika ada, maka akan menambah keuntungan bagi kamu sebagai pemilik selanjutnya.

2. Cek identitas di premi asuransi

Jika mobil bekas pernah diasuransikan oleh pemilik sebelumnya, coba cek dengan seksama antara polis asuransi, STNK, dan KTP pemilik mobil sebelumnya. 

Pastikan semuanya menggunakan identitas yang sama. Pengecekan identitas ini juga akan membantu kamu terhindar dari risiko membeli mobil curian. 

Selain itu, kecocokan identitas di premi asuransi ini juga akan memudahkan jika kelak kamu mau mengajukan klaim.

Untuk pencocokan yang lebih meyakinkan, kamu bisa menghubungi call center asuransi tersebut untuk melakukan pemeriksaan secara keseluruhan.

3. Perhatikan masa berlaku dan biaya polis

Masa berlaku asuransi dan besaran polis yang mesti dibayarkan harus kamu perhatikan juga. Sebab akan jadi tanggungjawab kamu ketika sudah membeli mobil tersebut. 

Hal lain yang perlu kamu perhatikan antara lain, informasi tata cara klaim asuransi serta bengkel resmi/umum yang menjadi rujukan asuransi tersebut.

4. Balik nama

Ketika membeli mobil bekas yang sudah didaftarkan asuransi sebelumnya, penting untuk melakukan balik nama mobil

Bicarakan dengan pemilik sebelumnya untuk memindah nama polis asuransi ke nama pemilik barunya. Terutama untuk mobil yang dibeli secara over kredit dan masih harus dilunasi cicilannya.

Pemindahnamaan polis asuransi mobil bekas yang dijual perlu diberitahu kepada perusahaan asuransi dan penjual mobil secara hitam di atas putih.

Tujuannya, untuk menjamin kepemilikan mobil supaya tidak repot berurusan dengan pemilik lama bila ada masalah. 

Sebab, klaim asuransi hanya bisa dilakukan bila nama yang terdaftar di STNK mobil dan polis asuransi sama. Jika berbeda, maka akan membutuhkan surat kuasa dan proses yang lebih merepotkan.

Alasan perlu punya asuransi mobil

Tips dari Lifepal! Memiliki asuransi baik untuk mobil baru atau bekas. Pasalnya berkendara menggunakan mobil di jalanan dapat memiliki risiko mulai dari yang kecil hingga besar. 

Asuransi mobil merupakan salah satu cara untuk melindungi kamu dan mobilmu dari risiko selama berkendara. Mulai dari kerusakan ringan, berat, bahkan hingga kehilangan. 

Bukan cuma itu, asuransi juga bisa membantu melindungi kondisi keuangan kamu dari pengeluaran tak terduga akibat kerusakan mobil. Simak penjelasannya di video berikut ini.

Risiko kerusakan kendaraan merupakan hal yang sering kali tidak bisa terhindarkan. Bahkan bisa saja kemarin mobil masih dalam kondisi prima namun hari ini ada komponennya yang bermasalah. 

Jika tidak menyediakan asuransi mobil, maka kamu harus siap-siap merogoh kocek setiap kali harus membawa mobil ke bengkel.

Asuransi mobil akan memberikan rasa aman karena terhindar dari risiko berkendara saja, serta pertanggungan biaya perbaikan kerusakan di bengkel.

Untuk bisa merasakan manfaat dari asuransi mobil, kamu harus membayar premi terlebih dahulu. Hitung estimasi preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

FAQ seputar cara cek asuransi mobil Daihatsu

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.