Helmut Hermawan, Pengusaha yang Ingin Tingkatkan SDM Melalui Tambang

Helmut Hermawan, Pengusaha yang Ingin Tingkatkan SDM Melalui Tambang

Portal-rakyat.comKenaikan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu prioritas dalam pemerintah Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Bekas Gubernur DKI Jakarta itu betul-betul ingin mewujudkan Indonesia sebagai negara ekonomi besar pada 2045.

Pada 2019 misalkan, Jokowi mengenalkan enam dasar muatan dalam APBN 2020 berkaitan kenaikan kualitas SDM, seperti insentif pajak, pelindungan sosial, selesaikan destinasi rekreasi fokus, pengokohan transfer ke wilayah dan dana dusun, dana kekal riset, dan pengokohan neraca transaksi bisnis jalan.

Selanjutnya, pada pidato kenegaraan 16 Agustus 2022, Jokowi memperjelas anggaran sebesar Rp608,3 triliun untuk tingkatkan keproduktifan dan kualitas SDM.

“Kita harus sanggup manfaatkan bonus demografi dan siap hadapi disrupsi tehnologi,” kata Jokowi.

Siapa kira, rupanya seruan dari Presiden Jokowi tersebut yang memberikan inspirasi Helmut Hermawan dalam lebih memajukan perusahaannya yang bergerak di bidang tambang. Berikut cerita selengkapnya!

1. Ingin perusahaan tambangnya memberi manfaat untuk sekitar lingkungan

Helmut Hermawan adalah pengusaha tambang kelahiran Jakarta, 12 April 1977. Sekarang ini, ia memegang sebagai Direktur Khusus PT. Citra Lampia Mandiri (CLM) yang berada di Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Dalam jalankan perusahaannya, Helmut menggerakkan beberapa karyawan untuk selalu tingkatkan kualitas diri. Disamping itu, ia mengaplikasikan skema usaha yang memberi keuntungan ke warga lokal, supaya masyarakat di tempat dapat rasakan manfaat dari kedatangan usaha di wilayahnya.

“Saya ingin menjadi satu diantara pelopor di perusahaan pertambangan yang fokus pada pergerakan perkembangan dengan membuat kompetensi lewat peningkatan pegawai, pendayagunaan warga lokal, dan memiliki komitmen dalam jaga lingkungan,” kata Helmut.

2. Tingkatkan kualitas SDM sebagai langkah optimalisasi perusahaan

Sebagai informasi, Helmut dibesarkan oleh orang tuanya di Brussel, Belgia. Ia baru kembali lagi ke Indonesia pada 2022. Helmut sempat juga mengenyam pendidikan di Universite Libre de Bruxelles melalui program Mercubuana International Programme.

Menurut Helmut, tingkatkan kualitas SDM pegawainya sebagai langkah terbaik untuk memaksimalkan satu perusahaan.

“Jadilah manusia yang mempunyai sumber daya yang berkualitas, mengaplikasikan konsep Good Mining Practice dalam pertambangan, berani berinvestasi, dan turut berperan serta dalam industri pertambangan,” katanya.

3. Tidak mau lagi menjual raw material

Sebagai Dirut PT. CLM, Helmut sukses meningkatkan cara-cara terbaik dalam tingkatkan hasil kualitas tambang nikel.

Helmut memiliki komitmen jaga etika pertambangan dengan masih tetap melestarikan lingkungan dan berperan di beberapa bidang keperluan warga sekitaran tambang.

“Janganlah lupa, harus dapat membuat hubungan yang kuat dengan rekanan usaha dan memprioritaskan keterkaitan sekitaran tempat tambang,” katanya.

Saat ini PT. CLM mulai bekerjasama dengan PT. Indo Nicle Industry (PT. INI) dalam pembangunan smelter di dekat daerah tambang. Ini akan tingkatkan kualitas produk berbahan mentah (raw material) jadi produk setengah jadi atau produk maka hingga bisa tingkatkan kualitas export nikel Indonesia.

Hal ini sesuai dengan program pemerintahan dalam memaksimalkan export hasil tambang.