Manfaatkan asuransi mobil syariah untuk menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat dan turut diawasi oleh MUI.

Interval poles mobil

Selanjutnya adalah interval poles mobil. Perawatan ini adalah untuk menjaga tampilan dan body mobil yang rusak akibat sering dipoles.

Poles mobil menggunakan bahan yang sifatnya abrasif yang akan mengikis clear coat atau pernis. Idealnya untuk satu mobil hanya boleh melakukan poles sebanyak tiga kali saja.

Namun untuk mobil yang sudah dilapisi oleh nano ceramic melalui proses coating, baret mobil ataupun kusam hanya terjadi pada lapisan nanonya saja.

Jadi saat dilakukan proses poles mobil yang berulang kali hanya pada lapisan tersebut saja yang terkikis, sedangkan clear coat pada mobil tetap terjaga.

Supaya kondisi ini selalu terjaga, ada baiknya melakukan perawatan nano ceramic coating setiap enam bulan sekali.

Tahapan dalam poles mobil

Biasanya pada proses poles mobil sudah mencakup perawatan bodi seperti detailing, coating, pelapis anti karat mobil hingga pengecatan ulang.

Untuk itu harga poles mobil bisa lumayan tinggi. Namun dari rangkaian itu, kalian bisa memilih untuk melakukan perawatan apa.

Harga Poles Mobil Terbaru dan Manfaat Poles untuk Mobilmu

Misal hanya mau detailing atau hanya coating, maka harga poles mobil yang kalian bayarkan juga tidak tinggi. Oleh karena itu, tentukan dulu jenis perawatan yang diinginkan serta lokasi poles body.

Sehingga kalian bisa menyiapkan dana sesuai dengan harga poles mobil yang kalian tuju.

Jika kalian mengambil harga poles mobil terlengkap, maka inilah tahapan poles mobil yang mobil kalian dapatkan.

Jadi pada tahap pertama lapisan cat akan di compound terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memotong goresan, sekaligus meratakan permukaan cat. Kemudian , pada tahap ini juga dibutuhkan kejelian dan sentuhan yang teliti dari tukang polesnya.

Hal inilah mengapa poles mobil sulit dilakukan oleh orang yang kurang berpengalaman.

Lalu di tahap kedua, segera dilakukan polishing yang tujuannya membersihkan bekas pengerjaan di tahap pertama. Hasil dari polishing di tahap kedua sangat bergantung dari obat yang dipakai.

Jadi, jika obat yang digunakan bagus maka akan bagus hasilnya. So, semakin bagus obat yang digunakan, maka lapisan cat akan semakin kinclong layaknya cermin.

Nah, saat ini cukup banyak juga bengkel poles mobil yang mematok harga murah, namun merelakan kualitas obat yang digunakan.

Tentu saja untuk menarik banyak pelanggan. Sayangnya cara memoles mobil ini membuat lapisan cat mobil jadi tidak sempurna. Kemudian pada tahap terakhir adalah finishing dengan tujuan menutupi bekas dari tahap pertama dan kedua.

Pada tahap ketiga ini membutuhkan alat poles dengan kecepatan tinggi. Hal ini untuk hasil yang sempurna, rata seluruh body dan obat meresap sempurna. Berikut beberapa tahapan poles mobil yang dilakukan beberapa bengkel poles.

  • Pembersihan jamur kaca
  • Velg
  • Emblem
  • Panel Pintu
  • Grill
  • Memberikan cat anti jamur pada mobil
  • Compound
  • Poles Menggunakan Mesin Poles
  • Finishing & Wax
Apa itu ketok magic? Cari tahu proses kerja, keuntungan dan kerugian, serta biaya yang dikenakan untuk memperbaiki body mobil dengan ketok magic.

Proses setelah setuju harga poles mobil di bengkel

Pada saat mau memoles mobil, di tahap awal biasanya pihak bengkel akan mencuci mobil dan memberikan clay bagian cat agar halus.

Kemudian juga menghilangkan noda aspal, kerak-kerak pada selah-selah cat yang biasa muncul karena sisa sisa pencucian yang tak tersentuh lap chamois.

Kemudian, mobil akan didiamkan sejenak sampai kondisi mobil benar-benar dingin cat nya (jika datang saat panas terik).

Di tahap ini juga dibutuhkan ketelitian yang baik, karena harus menunggu kontaminasi pada cat sudah benar benar hilang dahulu sebelum lanjut pada proses correction.

Brand_A_10_IBD
Brand_A_10_IBM

Compounding

Selanjutnya adalah melakukan beberapa cara kompon mobil yang merupakan tahap pertama pada correction. Pada tahap ini poles mobil akan secara detail mengembalikan warna cat yang pudar kembali cerah.

Kemudian juga menghilangkan goresan yang berada di atas cat. Sekaligus juga goresan bekas pencucian yang salah akan hilang. Di tahap ini juga, kondisi cat belum 100% sempurna bersih dan kilap, ada tahap lain yang harus dilengkapi.

Compound biasanya menggunakan bahan atau obat kimia yang lebih kasar dari polishing. Hal itu untuk membantu memotong goresan dan meratakan kembali permukaan cat.

Di sinilah dibutuhkan feeling yang baik, karena jika meleset perkiraan antara mesin poles memutar dan gerakan yang tidak tepat, akan menimbulkan defect baru, atau cat terkikis terlalu banyak.

Polishing

Tahap selanjutnya adalah polishing, yaitu membersihkan bekas compounding hingga benar-benar bersih bebas dari hologram atau light swirls.

Polishing bermacam-macam, ada yang menaikkan warna sekaligus. Atau hanya menghilangkan bekas compounding tanpa menaikkan dan mengkilapkan warna.

Semua tergantung obat yang digunakan. Disinilah yang membedakan harga poles mobil di beberapa bengkel.  Karena pada tahap detailing, sekali lagi banyak yang guna mencari murah menghilangkan obat pada poles mobil.

Finishing

Jika sudah melewati tahap polishing, maka saat finishing mobil akan dibuat seperti basah dan tampak kilap catnya dengan obat khusus. Pada tahap finishing, tidak dibutuhkan kecepatan tinggi pada mesin poles.

Cukup menggunakan foam poles yang sangat halus dan hanya meratakan ke semua bagian cat hingga meresap sempurna.

Lihat promo asuransi mobil terbaik tanggung 100% biaya perbaikan di bengkel, premi hanya Rp200 ribu per bulan!

Precoat

Jika kalian kira finishing adalah akhir maka belum tentu juga. Selanjutnya masih ada tahap selanjutnya yaitu Precoat. Di tahap ini biasanya ada juga pelanggan yang meminta perlindungan tambahan pada body mobilnya.

Jadi mobil dilapisi nano ceramic coating, dengan proses sama seperti finishing namun menggunakan obat yang berbeda. Pada tahap Precoat akan membentuk lapisan yang semi-permanen untuk memperkuat hasil.

Hal ini untuk melapisi coating, sehingga cat tidak kembali baret halus. Saat ini banyak sekali cat mobil yang karakternya soft atau empuk. Nah karakter cat seperti ini, biasanya menyulitkan detailer dalam proses detailingnya.

Karena akan jadi mudah tergores jika kena kain mf dan obat yang digunakan juga tidak bisa sembarang obat, harus yang sesuai dengan karakter soft paint.

Pelapisan coating

Sampai juga pada tahap terakhir yaitu pelapisan pada cat mobil. Langkah terakhir ini juga tergantung harga poles mobil yang kalian ambil, jika paket biasa maka pada tahap ini yang melapisi mobil hanya polymer atau wax.

Namun jika kalian bayar harga poles mobil yang premium atau tinggi, biasanya Nano Ceramic Coating akan melapisi bodi mobil.

Nano Ceramic Coating pada dasarnya adalah SiO bahan pembuat kaca, diolah dengan teknologi nano yang akan sangat aman diaplikasikan di cat mobil maupun diaplikasikan saat poles kaca mobil.

Cairan ini akan mengeras dan melapisi hingga ke pori pori cat, sehingga cat akan mudah kamu bersihkan dan tidak mudah jamuran. Sekarang tinggal kalian pilih mau paket yang mana, tentu saja harga poles mobil sesuai layanan yang ada.

Poles body mobil

Poles body mobil memang membutuhkan tenaga ahli sehingga hasilnya sempurna dan tidak setengah-setengah. Mempercantik tampilan tentunya perlu keahlian tersendiri. Meskipun dengan alat yang sama hasilnya bisa jadi berbeda.

Namun jika kalian enggan ke bengkel, poles body mobil juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Walaupun nanti akan menghabiskan waktu lebih lama dan tenaga yang banyak. Berikut langkah-langkah dan cara poles body mobil sendiri di rumah, dengan baik dan benar.

1. Cuci dan keringkan dulu mobil

Sebelum melakukan poles body mobil, ada sebaiknya cuci mobil dan keringkan terlebih dahulu. Kalian perlu pastikan di body mobil sudah bersih dari lumpur kering dan kotoran menempel.

Karena jika ada sedikit saja sisa lumpur kering atau noda kasar, akan akan menggores cat mobil.

Jika kalian tidak ingin mencucinya atau tidak sempat, kalian harus pastikan betul-betul badan mobil bersih dari debu dan noda lumpur.

Kalian bisa menyapunya dengan bulu halus atau kemoceng untuk menghilangkan debu. Sehingga hasil poles body mobil bisa sempurna.

2. Pilihlah tempat yang jauh dari matahari terik

Sebaiknya lakukan poles body mobil di lokasi yang teduh. Mobil bisa kalian parkirkan di garasi, sehingga polesan mobil tidak cepat kering karena terpapar sinar matahari.

Hal ini karena idealnya poles body mobil, cairan harus tetap lembab selama memoles mobil. Sebaiknya lakukan poles body mobil di sore hari, saat cuaca tengah hangat tidak terlalu panas dan terik.

3. Gunakan lap kering

Sebaiknya gunakan lap kering yang bersih untuk mengaplikasikan obat atau pasta poles body mobil. Gunakan secukupnya, biasanya hanya usapkan sedikit sambil kerjakan bagian demi bagian secara bertahap.

Kemudian gosok lembut dengan lap kering yang bersih hingga obat atau pasta poles hampir hilang. Lakukan gerakan memutar hingga obat atau pasta poles body mobil menipis dan tidak meninggalkan bekas di badan mobil.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

4. Siapkan pula lap microfiber

Untuk hasil lebih sempurna, kalian bisa gunakan lap microfiber untuk membersihkan kelebihan pasta poles body mobil jika perlu.

Poles velg mobil

Jika itu adalah cara untuk mengkilapkan body mobil kalian. Maka berikutnya adalah cara poles velg mobil. Biasanya memang layanan poles mobil tak hanya body saja, namun juga velg mobil. Berikut caranya untuk poles velg mobil kamu:

Cuci velg terlebih dahulu

Langkah pertama adalah cuci dahulu velg dengan air dan sabun pencuci mobil. Gunakan sikat untuk menggosok lumpur kering dan kotoran yang sudah mengeras. Jika sudah maka keringkan dengan lap kering yang bersih.

Semprot dengan soda

Siram dengan perlahan atau semprot velg dengan cairan berkarbonasi atau jika sulit kalian bisa menggunakan minuman bersoda. Lalu diamkan velg yang sudah basah dengan air soda itu selama 10-15 menit.

Angkat karat dan bilas

Setelah itu, gunakan kertas alumunium untuk mengangkat karat di velg. Namun jika tidak ada, alternatifnya juga bisa gunakan lap bersih.

Jika sudah, kalian bisa bilas velg dengan air bersih untuk menghilangkan bekas cairan soda tadi. Lalu lap hingga kering.

Jangan sembarangan memilih velg untuk mobilmu. Cari tahu apa saja rekomendasi velg mobil terbaik dan tips memilihnya juga.

Bayar harga poles mobil di bengkel atau melakukan sendiri

Biaya poles mobil sendiri memang tidaklah mahal, makanya banyak orang yang memilih untuk memoles sendiri mobilnya di rumah dengan alat yang ada. Hal ini tentu ada baik dan buruknya bagi mobil kalian.

Berikut beberapa keuntungan melakukan poles mobil di bengkel dan di rumah. Kita mulai dari keuntungannya dan kelebihan poles mobil di bengkel salon mobil.

Keuntungan

  • Lingkungan rumah  tidak terganggu bisingnya mesin poles
  • Tidak perlu menyediakan listrik besar, mengingat alat poles mobil ber daya besar minim 700 watt dan minimal 2 personil yang mengerjakan
  • Tidak ada tempat khusus selama pengerjaan

Kekurangan

  • Harus menyediakan waktu untuk mengantar mobil ke workshop
  • Harus rela tidak memakai mobil minimal 1 malam
  • Tidak bisa sewaktu waktu mengontrol mobil

Selanjutnya adalah kelebihan dan kekurangan poles mobil sendiri di rumah. Oh iya satu lagi, proses poles mobil ini butuh waktu yang cukup lama. Minimal bisa hingga 7 jam tentu kembali lagi sesuai dengan detail pengerjaan dan besarnya mobil.

Kelebihan

  • Tidak repot untuk mengantar mobil ke bengkel salon mobil
  • Dapat sewaktu waktu mengontrol pengerjaan mobil
  • Walau dalam proses salon, mobil berada di rumah

Kekurangan

  • Harus menyediakan listrik berdaya besar, mengingat alat poles membutuhkan listrik berdaya besar
  • Bising yang mengganggu ke dalam rumah dan lingkungan sekitar
  • Halaman menjadi kurang terjaga kebersihannya

Perhatikan hal ini sebelum memoles mobil

Jika kalian sudah paham mengenai beberapa hal tentang poles mobil hingga harga poles mobil. Ada beberapa hal yang mesti kalian pahami juga selain harga poles mobil. Pertama yaitu, bereskan terlebih dahulu kerusakan parah pada mobil.

Misalnya saja ada baret mobil yang cukup dalam dan body penyok. Hal ini karena jika kalian paksakan akan tetap terlihat, terlebih baret yang sudah parah sudah pasti tidak akan bisa tertutupi.

Karena kategori baret yang bisa ditutupi oleh poles mobil adalah swirl mark atau baret halus seperti jaring laba-laba.

Kemudian, untuk kalian yang baru mengecat mobil, sebaiknya menunggu lebih dari 3 bulan setelah pengecatan baru memolesnya.

Hal ini bertujuan agar cat tersebut kering sempurna, sehingga tidak rusak ketika melakukan proses pemolesan.

Lihat promo asuransi mobil terbaik tanggung 100% biaya perbaikan di bengkel, premi hanya Rp200 ribu per bulan!

Tips dari Lifepal! Harga poles mobil biasanya variatif, ada yang Rp700 ribuan hingga Rp1 juta ke atas. Semua harga poles mobil tentu tergantung pada layanannya.

Di Jakarta, kalian bisa menemukan jasa poles mobil pinggir jalan. Harga poles mobil yang mereka tawarkan biasanya kisaran Rp500 ribuan, tentunya di bawah harga bengkel resmi.

Biasanya pada proses poles mobil sudah mencakup perawatan bodi seperti detailing, coating, pelapis anti karat hingga pengecatan ulang.

Baca artikel Lifepal tentang harga detailing mobil untuk mendapatkan informasi lengkap seputar detailing mobil.

Setelah memoles, jangan lupa melindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kendaraanmu.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Bayarlah harga poles mobil dan lindungi mobilmu

Biaya perbaikan dan detailing mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar harga poles mobil 

Harga poles mobil biasanya variatif, ada yang Rp 700 ribuan hingga Rp 1 juta ke atas. Semua harga poles mobil tentu tergantung pada layanannya. Di Jakarta, kalian bisa menemukan jasa poles mobil pinggir jalan. Harga poles mobil yang mereka tawarkan biasanya kisaran Rp 500 ribuan, tentunya di bawah harga bengkel resmi. Yuk, cek info selengkapnya pada artikel ini.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.