Doa Khatam Quran Disertai Keutamaan, Bacaan Latin, Arab, dan Arti

Doa Khatam Quran Disertai Keutamaan, Bacaan Latin, Arab, dan Arti

3 menit

Doa khatam Quran bukanlah suatu kewajiban, tetapi bagi yang mengamalkan tentu bakal mendapatkan pahala. Yuk, simak ulasan lengkapnya melalui artikel berikut!

Doa khatam Quran adalah bacaan doa yang dilantunkan setelah merampungkan 30 juz dalam Al-Qur’an.

Dalam salah satu hadis, Rasulullah saw. menjelaskan bahwa satu huruf Al-Qur’an berarti satu kebaikan dan akan dibalas dengan sepuluh pahala.

“Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh yang semisal. Aku tidak katakan alif laam miim itu satu huruf. Namun alif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Sebagai kita suci umat muslim, Al-Qur’an tak hanya berkaitan antara manusia dan sang pencipta, melainkan ada pula hubungan antara manusia dengan manusia.

Maka dari itu, membaca, memahami, dan mengamalkan apa yang terdapat dalam Al-Qur’an dapat memberikan banyak manfaat.

Nah, ketika selesai membaca Quran hingga tuntas 30 juz, kamu dianjurkan untuk membaca doa khatam Quran.

Bacaan Doa Khatam Quran

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allahummarhamna bil qur’an, waj’alhu lana imaamaw wanuuraa, wahudawarahmah, allahumadzakkirnii minhumaa nasiitu, wa’allimnii minhummajahiiltu warzuknii tilaawatahu, aanaa’alaihi wa athraa fannhaari, waj’alhulii hujjatan yaa rabbal’aalmiin.

Artinya:

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku sebagai panutan, cahaya, dan petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah aku andai aku lupa akan ayat Al-Qur’an, ajarkan aku dari padanya yang belum aku tahu dan anugerahkan kepadaku kesempatan untuk membacanya tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan semesta alam.”

Doa Khatam Quran Memohon Keridaan

sumber: dream.co.id

Allahumma inna ‘abiduka banu ‘abidika banu imaika nawashina biyadika madhin fina hukmuka ‘adlun fina qodhouka nasaluka bi kullismin huwa lakasammaita bihi nafsaka aw anzaltahu fi kitabika aw ‘allamtahu ahadan min kholqika awista’tsarta bihi fi ilmil ghaibi indaka an tak’alal qurana robi’a qolbi wa nuro shudurona wa jala a ahzanina wa dzahaba ghumuminaa wa saiqina wa qo-idina ilaika wa ila jannatika jannatin na’lim wa darika daris salam ma’al ladzina an’amta’alaihim minan nabiyyina was shiddiqqina wasy syuhadaai was shalihina birahmatika ya arhamarrahimiin.

Artinya:

“Ya Allah, ya Tuhan kami, kami semua hamba-Mu putra hamba-Mu laki laki dan hamba-Mu perempuan. Ya Allah kami memohon kepada-Mu, bertawasul dengan semua nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau gunakan untuk menyebut diri-Mu atau Engkau turunkan dalam kitab-Mu. Engkau ajarkan kepada seorang dari hamba-Mu atau Engkau simpan dalam ilmu ghaib-Mu.

“Jadikanlah Al-Qur’an sebagai taman hati kami, cahaya dada kami, pengusir kesusahan dan kegundahan kami, penuntun kami pada-Mu dan pada surga-Mu, surga kenikmatan, pada rumah-Mu rumah keselamatan, beserta orang-orang yang Engkau berikan nikmat dari kalangan para nabi, orang-orang jujur, para syuhada, para orang shaleh dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Maha Pengasih.”

Keutamaan Membaca dan Mengkhatamkan Al-Quran

Terdapat beberapa keutamaan ketika kita selesai membaca dan mengkhatamkan Quran, yaitu sebagai berikut:

1. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

keutamaan membaca al quran

Dari Zaid, bahwa ia mendengar Abu Sallam berkata, telah menceritakan kepadaku Abu Umamah Al Bahili ia berkata, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda:

“Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang dan memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti.” (HR: Muslim) [No.804 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

2. Memperoleh Pahala yang Berlipat

Nabi Muhammad saw. bersabda:

“Perumpamaan orang membaca Al-Qur’an sedangkan ia menghafalnya, maka ia akan bersama para malaikat mulia. Sedangkan perumpamaan seseorang yang membaca Al-Qur’an dengan tekun, dan ia mengalami kesulitan atasnya, maka dia akan mendapat dua ganjaran pahala.” (HR: Bukhari) [No. 4937 Fathul Bari] Shahih.

3. Amalan yang Dicintai Allah

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu menceritakan pada suatau hari, ada seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah.

“Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wa murtahal.”

Lalu, orang tersebut pun bertanya lagi.

“Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi).

4. Diangkat Derajatnya oleh Allah

Dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya Allah Swt. akan mengangkat derajat suatu kamu dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim).

5. Menjadi Sebaik-baiknya Manusia

Dari Usman bin Affan radhiyallahu ‘anhu, Rasulullaah bersabda:

“Sebaik-baiknya kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi).

***

Itulah doa khatam Quran beserta penjelasan lengkap lainnya, Sahabat 99.

Semoga ulasannya bermanfaat ya.

Baca terus artikel terbaru hanya di Berita 99.co Indonesia.

Sedang mencari rumah nyaman seperti Griya Bintaro Estate?

Cek ragam pilihan terbaik lewat 99.co/id dan rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Artikel ini bersumber dari berita.99.co.