Dana Darurat, Investasi, dan Asuransi, Ternyata Ini yang Harus Didahulukan agar Keuangan Stabil

Dana Darurat, Investasi, dan Asuransi, Ternyata Ini yang Harus Didahulukan agar Keuangan Stabil

Advertorial

Rabu, 23 November 2022 – 11:34 WIB

VIVA – Menginjak tahun ketiga, pandemi virus Korona masih terus berlangsung walaupun penyebaran dan penanganannya terbilang telah terkontrol. Di samping itu, kondisi ekonomi juga lambat laun tengah kembali membaik, meski masyarakat tetap harus menjaga keuangannya guna mengantisipasi terjadinya hal yang tidak terduga.

Beberapa langkah yang penting dilakukan untuk mengantisipasi masalah tersebut adalah dengan menyiapkan dana darurat, investasi, dan juga asuransi. Ketiga hal tersebut pada dasarnya sangat penting untuk menjaga kondisi keuangan agar tak rentan terkena masalah. Hanya saja, jika harus menyiapkan ketiganya sekaligus, kebanyakan orang mungkin akan kesulitan dalam mengatur pendapatannya.

Di samping itu, jika sampai salah mendahulukan pos keuangan yang harus diisi, dampaknya bisa sangat fatal bagi keuangan. Nah, agar tidak sampai salah langkah, simak penjelasan mengenai dana darurat, investasi, dan asuransi, serta kebutuhan mana yang seharusnya dipenuhi lebih dulu berikut ini.

1. Dana Darurat
Jika keuangan diibaratkan sebagai rumah, dana darurat adalah fondasi yang bertugas untuk memastikannya tetap kokoh berdiri dalam situasi yang genting sekalipun. Karena memiliki dana darurat, Anda akan tetap mampu mengatasi masalah keuangan yang muncul di waktu mendesak sekalipun.

Adanya dana darurat ini mampu menjamin kebutuhan hidup Anda tetap terpenuhi walaupun tengah kehilangan penghasilan sekalipun. Sebagai contoh, pasca pandemi lalu, tidak sedikit orang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK, maupun penjualan yang menipis pada bisnis sehingga tidak memiliki pemasukan untuk sementara waktu.

Nah, dalam kondisi tersebut, dana darurat ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian hingga bisa mendapatkan pekerjaan baru atau geliat bisnis kembali berkembang. Di samping itu, pos keuangan ini juga berguna untuk mengantisipasi masalah keuangan mendesak yang harus bisa dipenuhi dengan segera.

Beberapa contoh masalah keuangan mendesak yang bisa diatasi dengan dana darurat adalah untuk membiayai tagihan rumah sakit, merenovasi rumah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dibandingkan dengan asuransi atau investasi, dana darurat ini sepatutnya menjadi pos keuangan yang harus dipersiapkan pertama kali.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.