Contoh Pidato Singkat tentang Konsumsi BBM Mau Hemat atau Boros

Contoh Pidato Singkat tentang Konsumsi BBM Mau Hemat atau Boros

3 menit

Contoh pidato singkat tentang konsumsi BBM mau hemat atau boros, bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan seperti tugas sekolah atau acara di kantor. Simak selengkapnya di sini!

Property People, kebutuhan melihat contoh pidato singkat amat penting guna menemukan inspirasi.

Salah satunya adalah contoh pidato singkat tentang konsumsi BBM mau hemat atau boros.

Belakangan ini, kenaikan harga BBM di Indonesia ramai dibicarakan orang.

Ia mengundang kontroversi, diskusi, dan kajian oleh berbagai pihak.

Berangkat dari hal tersebut, Berita 99.co Indonesia menyajikan contoh pidato singkat tentang konsumsi BBM mau hemat atau boros yang bisa kamu jadikan panduan membuat pidato serupa.

Dilansir dari berbagai sumber,  simak deretan contohnya di bawah ini!

Contoh Pidato Singkat tentang Konsumsi BBM Mau Hemat atau Boros

idxchannel.com

1. Pidato Singkat tentang Konsumsi BBM untuk Tugas Sekolah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah SDN Setansari

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru dan karyawan

Dan yang sayangi, teman-teman yang berbahagia.

Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa hadir di tempat ini.

Saya mengucapkan terima kasih karena saya sudah diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat saya mengenai konsumsi BBM.

Hal yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kita sudah menggunakan BBM secara hemat?

Atau justru sebaliknya, kita boros dalam menggunakan BBM?

Tentunya yang dapat menjawab pertanyaan itu adalah diri kita sendiri.

Hadirin yang berbahagia,

Kita paham bahwa BBM yang kita gunakan sehari-hari, seperti pertalite, pertamax, dan solar, berbahan utama minyak bumi. Sementara, kita juga tahu bahwa minyak bumi sifatnya terbatas. Maka dari itu, penggunaan BBM harus dihemat.

Penggunaan BBM, mau hemat atau boros tergantung pada diri kita sendiri. Kita sebagai pelajar bisa menjadi tokoh yang ambil bagian dalam upaya penghematan BBM.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar hemat BBM. Berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan sebagai pelajar dalam menghemat BBM.

Cara yang pertama untuk menghemat BBM adalah mulai membiasakan menggunakan kendaraan umum. Memakai kendaraan umum memang agak ribet. Namun, ada banyak manfaat yang kita peroleh. Selain bisa menunjang gerakan hemat BBM, membiasakan menggunakan kendaraan umum bisa membuat kita berlatih disiplin. Kita perlu menyesuaikan jadwal keberangkatan kita ke sekolah dengan jadwal kendaraan umum yang menuju sekolah.

Cara kedua adalah menggunakan alat transportasi yang bebas BBM. Jika jarak rumah kita dengan sekolah agak dekat, kita bisa menggunakan sepeda. Selain hemat BBM, dengan bersepeda kita juga sekaligus berolahraga. Apalagi jika jarak rumah dan sekolah itu dekat, kita bisa pergi ke sekolah dengan jalan kaki. Dengan jalan kaki, kita bisa hemat BBM sekaligus bisa bertegur sapa dengan tetangga. Namun, kalau jarak rumah dan sekolah sangat jauh, saya sama sekali tidak menyarankan untuk jalan kaki.

Cara ketiga yakni mendukung gerakan hemat BBM adalah mengampanyekan gerakan hemat BBM. Kita bisa membuat poster kemudian dipasang di tempat-tempat umum. Cara yang paling praktis dan hemat adalah dengan membuat tulisan atau gambar yang isinya tentang cara-cara menghemat BBM, lalu kita bagikan melalui akun media sosial kita.

Hadirin yang berbahagia,

Demikian pidato saya mengenai cara menghemat konsumsi BBM. Mari kita niatkan dalam diri kita untuk menggunakan BBM secara bijak dan hemat.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu dan teman-teman. Saya mohon maaf jika selama menyampaikan pidato ada kekeliruan atau salah kata.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

**Sumber: dapurimajinasi.com

2. Pidato tentang Hemat Konsumsi BBM di Kalangan Umum

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua,

Alhamdulillahirobbil’alamin, assalatu wassalamu’ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat.

Terutama nikmat kesehatan dan kesempatan hingga kita bisa berkumpul di ruangan ini dalam keadaan yang berbahagia.

Sholawat berhias salam marilah kita junjungkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Saudara-saudara yang berbahagia,

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang perilaku hemat BBM.

Saat mengonsumsi Bahan Bakar Minyak, sebaiknya kita hemat atau boros, ya?

Sudah pasti kita semua setuju dan sepakat bahwa dalam mengonsumsi BBM sebaiknya hemat. Karena hemat BBM juga berarti hemat energi.

Entah itu BBM jenis pertalite, pertamax, dexlite atau malah solar, masing-masing darinya memang sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat di hari ini.

Bukan hanya orang tua, karyawan, serta para pekerja kantoran, bahkan para pelajar dan mahasiswa pula memerlukan kendaraan.

Sedihnya lagi, di tahun 2022 ini harga BBM kian melangit. Pemerintah menerangkan bahwa harga minyak dunia terus naik, dan bersamaan dengan hal tersebut, cadangan energi sudah mulai berkurang.

BBM sendiri digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari transportasi hingga industri. Berkat BBM, kita dapat bepergian dari satu tempat ke tempat lain.

Namun, tidak dapat disangkal jika biaya yang kita keluarkan untuk membeli BBM cukup tinggi jika dibandingkan pengeluaran sehari-hari lainnya.

Tak jarang, jika ditotal, pengeluaran kita untuk membeli BBM dapat sama besarnya atau bahkan lebih besar dari pengeluaran kita untuk membeli bahan pokok.

JIka dilihat dari segi ekonomi, memang hal ini tidak menguntungkan terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan bulanan terbatas.

Salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan transportasi umum. Namun opsi ini belum dianggap menjanjikan bagi beberapa pihak.

Kemacetan di jalan dan masalah kenyamanan menjadi dua alasan utama orang-orang rela mengeluarkan dana besar untuk membeli BBM untuk kendaraan pribadi dibandingkan menggunakan transportasi publik.

Pada akhirnya, memang jika kita ingin berhemat pengeluaran, menekan pengeluaran untuk membeli BBM adalah salah satu cara terbaik.

Oleh karena itu, marilah kita bijak dalam mengonsumsi BBM karena akan berdampak pada pengeluaran dan biaya hidup kita sehari-hari.

Saudara-saudara yang berbahagia,

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan hari ini.

Mohon maaf atas segala khilaf dan salah.

Wabillahi taufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

**Sumber: peta-hd.com

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Simak informasi menarik lainnya di Google News Berita 99.co Indonesia.

Tak lupa, kunjungi www.99.co/id dan Rumah123.com untuk menemukan hunian impian.

Buat segala kebutuhan properti, kami akan selalu #AdaBuatKamu.

Temukan berbagai macam penawaran menarik, salah satunya Citra Maja Raya di Lebak, Banten.

Cek sekarang juga!

Artikel ini bersumber dari www.99.co.