Ciri Bunyi pada Pompa Oli Mesin Mobil Rusak Aus

Ciri Bunyi pada Pompa Oli Mesin Mobil Rusak Aus

Ciri bunyi pada pompa oli mesin mobil rusak aus harus diwaspadai, karena ini merupakan salah satu tanda bahwa pompa oli mesin kamu harus segera diganti dengan yang baru. 

Pompa oli mesin sendiri merupakan komponen yang sangat penting untuk pelumasan mobil. 

Fungsi dari pompa oli mesin ini adalah memberikan tekanan dengan cara menghisap dan menyalurkan oli ke mesin mobil. 

Apabila ciri bunyi pada pompa oli mesin mobil rusak aus harus mulai muncul artinya pompa oli mesin mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki agar tak mengganggu pelumasan pada mesin mobil. 

Ulasan kali ini akan mencoba untuk membahas mengenai cara kerja pompa oli mesin, ciri bunyi pada pompa oli mesin mobil rusak aus dan gejala lainnya. 

Ciri bunyi pada pompa oli mesin mobil rusak aus

Umumnya mesin mobil memang akan berbunyi saat sedang bekerja. Namun, apabila bunyi yang muncul terdengar cukup aneh dan mengganggu maka bisa jadi ini adalah tanda adanya kerusakan.

Bunyi ini biasanya berupa bunyi tik tik tik atau clicking noise, yaitu berupa bunyi ketukan halus pada mesin dan bunyi ini bisa bertambah keras ketika putaran mesin atau RPM juga naik. 

Bunyi-bunyi ini salah satunya adalah karena tekanan oli yang rendah, yang mana ini bisa disebabkan oleh pompa oli mesin mobil rusak aus.

Untuk mengecek asal dari ciri bunyi pada pompa oli mesin mobil rusak aus, kamu perlu mengecek dipstick oli mesin untuk melihat apakah ada cukup oli di dalamnya. Jika kurang, maka segera isi oli hingga penuh. 

Apabila bunyi tersebut masih ada maka selanjutnya cek tekanan oli mesin, jika tekanan oli mesin kecil maka artinya sistem sirkulasi pelumas tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga oli tidak bisa mencapai komponen mekanisme katup yang ada di sisi atas mesin. 

Tekanan oli mesin yang rendah ini disebabkan oleh salah satunya kerusakan atau ausnya komponen pompa oli mesin atau bisa juga karena filter oli tersumbat. 

Artinya, jika ada kerusakan atau keausan pada pompa oli mesin, maka bisa membuat tekanan oli mesin menjadi berkurang dan mengakibatkan munculnya bunyi atau clicking noise pada mesin mobil. 

Ketahui juga bagaimana cara cek pompa oli mobil yang bermasalah di artikel Lifepal!

Apa penyebab pompa oli rusak?

Kerusakan pada pompa oli mesin tentu ada penyebab pemicunya, salah satunya adalah penggunaan oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi. 

Menggunakan oli mesin hingga habis dan baru menggantinya juga bisa memicu kerusakan pada pompa mesin oli.

Pompa oli juga bisa rusak apabila terdapat endapan kotoran yang cukup banyak, untuk itu penting untuk rutin mengganti oli dan filter oli sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan bengkel. 

Penting juga untuk mengetahui ganti oli mesin mobil berapa km, sehingga performa mobil tetap bagus dan pompa oli mesin mobil dapat bekerja dengan baik. 

Tanda pompa oli mesin rusak

Ada beberapa tanda bahwa pompa oli mesin mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki, diantaranya:

1. Penurunan tekanan oli mesin

Pompa oli berfungsi menjaga tekanan dan melumasi bagian mesin dengan cara memasok oli ke bagian yang berbeda. 

Apabila komponen pompa mulai aus, maka pompa tak bisa lagi memasiokoli dengan maksimal, hal ini berefek pada penurunan tekanan oli mesin dan dapat menyebabkan kendaraan berhenti karena overheating. 

2. Valve train berbunyi

Valve-train ini tersusun dari banyak komponen dan mengandalkan aliran oli untuk beroperasi. 

Apabila pompa mobil rusak maka pasokan oli ke valve-train juga akan terganggu dan dapat menyebabkan munculnya bunyi.

3. Suhu mesin meningkat

Oli berfungsi untuk mengurangi efek gesekan antara komponen mesin yang satu dan lainnya, dengan begitu panas dari gesekan juga dapat diminimalisir. 

Apabila pompa oli mesin mobil rusak maka oli tidak dapat dialirkan secara maksimal ke komponen mesin, sehingga gesekan antar komponen akan menciptakan panas yang berlebih. 

Inilah mengapa kerusakan pompa oli dapat menyebabkan peningkatan suhu mesin yang cukup tinggi ketika berkendara. 

summary]Manfaatkan asuransi mobil syariah untuk menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat dan turut diawasi oleh MUI.[/summary]

Apa yang terjadi jika pompa oli mobil rusak?

Pompa oli mesin yang rusak tentu tidak dapat memberikan suplai debit oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin.

Salah satu efeknya yaitu adanya gesekan berlebih pada komponen mesin, terutama pada klep dan noken as, yang mana hal ini juga dapat memicu kerusakan mesin secara keseluruhan. 

Efek lainnya dari kerusakan pompa oli mesin yaitu patahnya komponen mesin, misalnya saja bagian silinder yang bahkan bisa hancur karena tak ada oli yang dapat dipompa.

Cara kerja pompa oli mesin mobil

Selain mengetahui adanya ciri bunyi pada pompa oli mesin mobil rusak aus, penting juga untuk memahami bagaimana cara kerja pompa oli mesin. 

Oli mesin akan melewati penyair yang ada di dalam bak oli, di mana penyaring atau stainer ini memiliki fungsi untuk menyaring kotoran berukuran besar supaya tidak masuk ke dalam pompa oli mesin. 

Oli kemudian akan melewati filter untuk menyaring kotoran-kotoran yang ukurannya lebih halus, dengan begitu oli yang masuk ke dalam pompa sudah benar-benar bersih untuk kemudian disedot dan dikirimkan ke seluruh komponen mesin.

Pompa oli mesin ini bekerja dengan memanfaatkan putaran dari crankshaft, timing belt atau bisa juga camshaft. Jika mesin sedang dalam kondisi idle maka pompa oli akan tetap bekerja.

Selain itu, pompa oli juga dilengkapi dengan katup pengaman, fungsinya untuk mencegah agar tekanan pompa oli tidak naik ketika mesin bekerja dalam RPM tinggi. 

Saat tekanan pada pompa oli naik per yang ada di katup pengaman ini akan terdorong, sehingga saluran oli akan terbuka dan nantinya oli akan kembali ke bak oli. 

Itu dia beberapa informasi terkait ciri pompa oli mesin mobil rusak beserta penyebab dan juga efeknya. Semoga bermanfaat! 

Tips dari Lifepal! Sebaiknya gantilah oli kamu secara berkala sesuai dengan petunjuk dari pabrik mobil. Atau, ganti oli mobil ketika teksturnya sudah mulai cair. 

Hal ini dilakukan agar performa mobil tetap bagus dan menjaga pompa oli mesin bekerja dengan baik. 

Dengan mengetahui cara merawat mobil yang benar, mobil kamu pun akan awet, sehingga bisa meringankan biaya perawatan mobil.

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Asuransi mobil adalah produk asuransi yang memberikan pertanggungan ganti rugi terhadap kerugian yang terjadi akibat adanya risiko kerusakan, kehilangan, dan risiko lainnya yang ditanggung dalam polis asuransi.

Risiko yang ditanggung asuransi biasanya berbeda tergantung pada jenis produk yang dipilih. 

Misalnya saja, jika memilih asuransi mobil all risk maka risiko yang ditanggung pun lebih luas, mulai dari risiko kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, atau sebab lain serta risiko kehilangan baik yang nilainya kecil maupun besar. 

Sedangkan, untuk asuransi TLO umumnya hanya memberikan pertanggungan untuk risiko kehilangan dan risiko kerusakan yang nilainya >75% dari nilai mobil. 

Memilih asuransi mobil tentunya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan finansial dan profil risiko. 

Cek asuransi mobil terbaik yang cocok untukmu di bawah ini.

FAQ seputar ciri bunyi pada pompa oli mesin mobil rusak aus

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.