Cara Menggunakan Sealer Kaca Mobil Dan Rekomendasinya

Cara Menggunakan Sealer Kaca Mobil Dan Rekomendasinya

Ada berbagai masalah yang bisa terjadi pada mobil kesayanganmu. Salah satunya adalah kebocoran akibat kaca mobil yang sudah tidak kencang lagi. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sealer kaca mobil.

Pada saat hujan deras atau setelah mencuci mobil dan ada air yang merembes masuk ke dalam kabin, itu tandanya kaca mobil sudah bermasalah. Bisa saja kondisi kaca dan area sekitarnya yang sudah keropos dan sudah tidak kencang.

Kamu bisa menggunakan sealer untuk kaca mobil yang khusus agar kaca bisa kencang kembali. Berikut informasi seputar sealer kaca mobil dari Lifepal!

Rekomendasi dan harga sealer kaca mobil

Ada berbagai merek sealer kaca mobil yang ada di pasaran maupun marketplace yang bisa kamu pilih. Namun, kamu harus memastikan untuk memilih lem sealer khusus untuk mobil.

Ini dia beberapa rekomendasi sealer kaca mobil yang bagus beserta harganya.

Lem Kaca 3M Double Tape

Kaca mobil dari 3M ini sudah terkenal karena 3M merupakan salah satu produsen perekat yang terkenal. Sealer kaca mobil dari 3M ini berbentuk double tape sepanjang 4,5 meter, sehingga akan lebih mudah diaplikasikan.

Lem ini pun sudah terbukti bisa digunakan pada berbagai macam merek mobil. Ukuran lem ini adalah 12mm x 2,5 meter dan berwarna merah menyala

Sealer kaca mobil ini dibuat dari bahan epoxy dan hardener. Kelebihan dari lem kaca 3M ini adalah daya rekatnya yang tinggi. Namun, memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengering.

Kamu bisa mendapatkan lem kaca 3M double tape ini dengan harga mulai dari Rp40 ribu hingga Rp250 ribu.

Sika Titan 258

Sika titan 258 ini merupakan sealer kaca mobil berbentuk pasta dan dapat mengering dengan cepat. Bentuk kemasan dari produk ini juga sangat memudahkan kamu untuk mengaplikasikannya.

Kamu bisa mendapatkan sika titan 258  ini dengan harga mulai dari Rp79 ribu hingga Rp96 ribu.

Wurth Polyurethane Sealant

Wurth polyurethane sealant merupakan merek sealer kaca mobil keluaran Jerman. Keunggulan dari produk ini yaitu tidak mengandung bahan kimia yang bersifat asam / korosi, sehingga dapat menempel pada bingkai dengan rapat dan kokoh untuk waktu yang sangat lama.

Kamu bisa mendapatkan produk Wurth polyurethane sealant  ini dengan harga mulai dari Rp125 ribu.

Teroson Bond 180

Teroson bond 180 merupakan lem perekat kaca depan mobil yang sangat aman digunakan dan mudah diaplikasikan.

Kamu bisa mendapatkan produk Wurth polyurethane sealant  ini dengan harga mulai dari Rp70 ribu.

Cara menggunakan silicon sealant pada kaca mobil

Untuk menggunakan lem sealer kaca mobil, kamu perlu berhati-hati karena kaca merupakan komponen yang mudah pecah dan retak.

Untuk menggunakan lem, kamu memerlukan alat tambahan berupa tembakan atau gun sebagai tempat untuk menaruh kemasan lem.

Berikut beberapa langkah mudah dalam menggunakan silicon sealant pada kaca mobil yang bisa kamu ikuti:

  1. Masukan sealant atau lem yang kamu miliki ke dalam gun,
  2. Pasang lakban kertas disekitar kaca agar sealant tidak menetes ke bagian lainnya,
  3. Aplikasikan sealer di bagian perekat kaca,
  4. Ratakan sealer dengan menggunakan busa,
  5. Lepaskan lakban kertas pada bagian kaca,
  6. Langkah terakhir, kamu bisa menunggu lem sealer hingga mengering.

Tips merawat kaca mobil 

Kaca mobil memiliki fungsi yang sangat penting bagi kendaraan. Tujuannya adalah untuk melindungi penumpang dari debu, angin, dan lain sebagainya. Tanpa adanya kaca mobil, dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan.

Maka dari itu, penting untuk merawat kaca mobil agar tidak lepas, retak, atau bocor suatu saat. Kamu bisa menggunakan sealer kaca mobil yang bagus agar kaca dapat merekat dengan sempurna ke bodi kendaraan.

Berikut beberapa tips merawat kaca mobil lainnya.

Basahi kaca sebelum menyalakan wiper

Saat kamu ingin menggunakan wiper mobil pada kaca depan atau belakang mobil, pastikan untuk membasahi kaca terlebih dahulu. Selama perjalanan, mungkin saja ada debu, kerikil kecil, dan hal lainnya yang menempel pada kaca.

Jika kamu langsung menyalakan wiper, dikhawatirkan partikel-partikel tersebut akan menggores kaca dan menimbulkan baret.

Jaga jarak berkendara

Saat berkendara, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan kendaraan lainnya. Selain karena alasan keselamatan, hal ini juga untuk menghindari serpihan kerikil, debu, dan lainnya dari kendaraan lainnya yang bisa terlempar ke kaca mobil kamu.

Membersihkan secara rutin dengan lap

Cara yang paling efektif adalah dengan membersihkan kaca mobil secara rutin dengan lap yang bersih dan lembut agar tidak meninggalkan goresan di kaca.

Kaca mobil rentan terkena kotoran dan debu dari lingkungan sekitar. Jika dibiarkan terlalu lama, maka akan menyebabkan goresan dan susah dibersihkan. 

Kaca mobil baret tentu menjadi sesuatu yang tidak tidak enak dipandang.Maka dari itu, ada baiknya setelah digunakan, kamu segera membersihkan kaca mobil.

Pentingnya punya asuransi mobil

Mobil merupakan salah satu barang berharga dengan harga yang cukup tinggi. Maka dari itu, sebagai pemilik, kamu perlu merawat dan melindungi mobil sebaik-baiknya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi mobil adalah dengan memilih asuransi mobil yang sesuai dengan anggaran sehingga bisa mencegah kerugian finansial dan menjaga tabunganmu.

Lifepal menawarkan asuransi mobil dengan harga termurah dan premi yang sesuai. Cara klaimnya pun mudah dan bisa diklaim di berbagai bengkel rekanan yang tersebar di lebih dari 4.000 bengkel di Indonesia.

Kamu bisa menghitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Daftar asuransi mobil di Lifepal sekarang dan dapatkan diskon serta cashback yang bisa menghemat pengeluaran kamu.

Kamu juga bisa menambah proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal.

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar sealer kaca mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.