Cara Mematikan Alarm Seat Belt Avanza Agar Tidak Bunyi

Cara Mematikan Alarm Seat Belt Avanza Agar Tidak Bunyi

Banyak pengguna mobil Avanza yang mencari tahu bagaimana cara mematikan alarm seat belt Avanza yang terkadang mengganggu. Karena, alarm mobil ini terkadang mengeluarkan peringatan pada saat yang tidak tepat, misalnya saat sedang tidak digunakan atau hanya digunakan untuk memanaskan mobil. 

Contoh kasus lain, yakni saat kamu bepergian seorang diri, otomatis kursi penumpang di depan kosong. Namun, alarm mobil tetap saja berbunyi karena seat belt tidak dipasang. Tentunya hal ini sangat mengganggu, bukan?

Nah ternyata, alarm seat belt ini bisa kamu matikan sementara melalui langkah-langkah yang sederhana, lho. Berikut pembahasannya. 

Cara mematikan alarm seat belt Avanza secara manual

Mematikan alarm seat belt atau safety belt bisa dilakukan tanpa harus memotong kabel atau mengotak-atik perangkat kerasnya. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. 

  • Putar kunci kontak sampai posisi ON.
  • Tekan tombol pada odometer sampai indikator menunjukkan “ODO” dan bukan “TRIP A” atau “TRIP B”.
  • Putar kembali kontak sampai posisi OFF. 
  • Putar kembali kontak sampai pada posisi ON kemudian tekan tombol odometer selama sekitar 10-15 detik. Selagi menekan tombol tersebut, pasang seat belt kemudian lepaskan odometer. 
  • Jika cara mematikan alarm seat belt ini berhasil, maka indikator akan menunjukkan tanda “B OFF” berkedip. 

Sangat mudah, bukan? Untuk menyalakan alarm seat belt kembali, kamu bisa melakukan cara yang sama. 

Cari tahu juga cara mematikan alarm mobil Avanza tanpa remote agar suaranya tidak mengganggu orang lain. 

Manfaatkan asuransi mobil syariah untuk menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat dan turut diawasi oleh MUI.

Cara mematikan alarm seat belt menggunakan stopper

Cara di atas cukup merepotkan bagi beberapa orang, oleh karena itu muncul stopper atau tools tambahan yang banyak dijual di pasaran.

Setidaknya ada dua produk yang merujuk pada alat untuk mematikan seat belt mobil yakni klip sabuk pengaman dan extender. Berikut penjelasanya. 

Klip sabuk pengaman mobil 

Klip sabuk pengaman yang berbentuk seperti gesper ini dapat berfungsi untuk mematikan alarm sabuk pengaman secara bersamaan. Produk ini cukup banyak dijual di platform e-commerce, harganya cukup murah yakni mulai dari Rp20 ribu saja. 

Cara kerjanya cukup sederhana yakni dengan mencolokkan klip ke seat belt. Setelah dicolokkan, alarm tidak akan bunyi karena seat belt seolah-olah sudah terpasang. 

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →
Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.