Berbagai Cara Ganti Baterai Remote Mobil Toyota yang Tepat!

Berbagai Cara Ganti Baterai Remote Mobil Toyota yang Tepat!

Ada beberapa cara ganti baterai remote mobil Toyota yang dapat dilakukan sehingga komponen mobil tersebut tetap dapat dioperasikan dengan baik.

Sebab, remote mobil sama seperti barang elektronik lainnya yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaga sehingga dapat habis masa pakainya sewaktu-waktu.

Salah satu tanda bahwa baterai mobil akan habis adalah kurangnya tingkat responsivitas saat digunakan serta jarak pengoperasiannya menjadi jauh semakin pendek.

Tentu hal ini akan sangat merepotkan karena para penggunanya harus menggunakan kunci manual ataupun mendekatkan diri ke mobil jika hendak digunakan.

Padahal, remote ini akan sangat berguna untuk mencari mobil milikmu di tempat ramai atau membantu secara langsung saat lupa memarkirkan mobil. Jika mulai terlihat ada gangguan, maka simak cara ganti baterai remote mobil yang dapat dilakukan dengan mudah.

Cara ganti baterai remote mobil Toyota

Salah satu jenis mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu adalah Toyota. Sebagai bagian dari fitur keamanan yang mereka miliki, Toyota menghadirkan fitur immobilizer dan smart key (keyless entry) pada kunci mobil yang mereka miliki.

Hadirnya fitur kunci mobil immobilizer membuat sebuah remote mobil dapat menyematkan sebuah chip di dalamnya sehingga dapat membuat mobil tidak akan bisa dikontak apabila tidak menggunakan kunci khusus tersebut.

Selain itu, immobilizer juga memiliki sistem anti maling karena menggunakan perantara gelombang radio sebagai identitas kunci pada mobilmu dan kini sudah terintegrasi dengan keyless entry.

Oleh sebab itu, ada beberapa cara ganti baterai remote mobil Toyota yang dapat kamu lakukan apabila sudah melihat tanda-tanda pelemahan, diantaranya adalah:

1. Mencungkil bagian belakang remote

Dilansir dari situs resmi Toyota, remote mobil tidak hanya berfungsi untuk membuka dan menutup pintu kendaraan saja namun juga terkoneksi dengan tombol start maupun stop engine sekaligus sebagai alarm.

Jadi, saat remote mobil ini mulai melemah tentu akan sangat mengganggu aktivitas karena jangkauan sinyalnya berkurang lebih dari biasanya dan mobil menjadi tidak aman karena alarm tidak lagi menjalankan fungsinya dengan baik.

Oleh sebab itu, bateau harus segera diganti yang mana letak item ini berada pada bagian dalam remote keyless sehingga perlu dicungkil bagian belakangnya terlebih dahulu.

Bukalah cover remote tersebut dengan mencungkil bagian tengah dengan benda pipih ataupun membuka bautnya menggunakan obeng jika dibutuhkan.

Hal ini karena masih ada beberapa jenis mobil Toyota yang menggunakan baut untuk membuka baterainya. Barulah setelah itu proses ganti baterai dapat dilanjutkan seperti biasa.

Sama halnya dengan cara mengganti baterai remote mobil Rush, apabila bagian cangkang remote sudah terlepas maka baterai akan dapat terlihat dan bisa segera diganti.

2. Melepas bagian baterai dengan perlahan dan masukkan yang baru

Cara ganti baterai remote mobil toyota yang selanjutnya adalah dengan melepas baterai yang lama untuk diganti dengan yang baru. Apabila baterai memiliki jenis batangan atau koin, kamu dapat langsung mencungkilnya seperti biasa.

Namun ada beberapa remote yang sudah dijepit oleh besi penghantar sehingga kamu perlu menggunakan pinset agar lebih mudah dan aman. Kemudian, kamu dapat langsung memasukkan baterai baru sebagai gantinya.

Pastikan agar baterai yang baru memiliki ukuran yang sama dan jangan sampai terbaik agar bisa berfungsi seperti biasanya.

3. Tutup remote kembali dan cek fungsinya lagi

Setelah baterai selesai dipasang, kamu dapat menutup kembali cangkang remote pada tempatnya. Bila remote memiliki model dengan menggunakan baut maka pastikan untuk memasangnya dengan benar sehingga tidak ada yang tertinggal.

Pastikan juga untuk lebih berhati-hati untuk jenis remote keyless yang terintegrasi immobilizer sebab di dalamnya ada chip tambahan sehingga tidak boleh terkena benda tumpul. 

Barulah setelah itu kamu dapat mengecek ulang dengan menekan tombol yang ada untuk memastikan semua hal kembali semua pada fungi yang seharusnya.

Cara ganti baterai remote mobil toyota yang satu ini memang bisa dilakukan secara mandiri di rumah namun pastikan untuk lebih teliti untuk menghindari permasalahan yang tidak diinginkan. Apabila kamu ragu, lebih baik datang ke bengkel untuk meminta bantuan dengan yang lebih ahli.

Cara kerja remote mobil

Cara kerja remote mobil merupakan hal yang sangat unik. Sebab, perangkat ini bekerja dengan memanfaatkan frekuensi yang dihubungkan melalui kode dari transmitter.

Jadi, antara pemancar dan penemuannya haruslah memiliki kode yang sama seperti pemancar radio.

Jadi, ketika kamu menekan sebuah tombol pada remote tersebut maka pemancar akan otomatis menjadi hidup dan mengirimkan kode kepada mobil.

Kode ini bersifat sangat unik, oleh sebab itulah remote mobil milikmu tidak akan bereaksi untuk membuka kendaraan milik orang lain.

Namun kode tersebut bukanlah hal yang sederhana, karena kode tersebut memiliki jumlah yang sangat banyak bahkan hingga triliunan  sehingga orang luar tidak akan mengetahui susunan kode milik mobilmu.

Tips merawat remote mobil

Supaya tidak mudah mengalami kerusakan dan membutuhkan penggantian yang memakan waktu dan biaya, ada beberapa cara merawat remote mobil yang dapat membantunya agar lebih awet untuk waktu yang lebih lama,diantaranya adalah:

  • Hindari menaruh remote mobil di tempat yang panas.
  • Hindari remote mobil dari percikan air ataupun lembab agar tidak konslet.
  • Jaga remote agar tidak jauh ataupun terbentur.
  • Hindari mengoperasikan remote dengan menara pemancar.
  • Hindari material dengan pancaran magnet yang kuat.

Tips dari Lifepal! Ada beberapa cara ganti baterai remote mobil Toyota yang perlu dilakukan saat sudah mulai menunjukkan gejala pelemahan. 

Sebab apabila baterai sudah mengalami pelemahan maka remote tentunya akan menjadi sulit untuk dioperasikan sekaligus menurunkan tingkat keamanan dari kendaraan karena alarm di dalamnya tidak lagi dapat berfungsi dengan baik.

Simak pula ulasan mengenai cara reset alarm mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Kenapa asuransi mobil itu penting?

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki asuransi mobil sebagai salah satu bentuk perlindungan untuk aset yang dimiliki dari berbagai jenis kerugian.

Sebab, asuransi mobil akan memberikan jaminan proteksi berupa ganti rugi atas segala resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan milikmu sesuai dengan perjanjian polis.

Beberapa resiko yang dapat ditanggung oleh pihak asuransi mobil ini meliputi adanya kerusakan dan kerugian yang diakibatkan oleh tabrakan, terperosok, perbuatan jahat, pencurian karena adanya tindak kriminal serta kebakaran.

Bahkan tidak hanya itu saja, asuransi mobil juga akan menawarkan perluasan tanggung jawab kerugian apabila pemilik polis terkena bencana alam, terorisme hingga kerusakan akibat huru hara.

Jadi, kamu dapat mengajukan klaim dari adanya kerusakan yang ditimbulkan sehingga perasaan saat berkendara menjadi jauh lebih tenang.

Apalagi biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar cara ganti baterai remote mobil Toyota

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.