Berapa Biaya Operasi Patah Tulang? Ini Daftar Terbarunya

Berapa Biaya Operasi Patah Tulang? Ini Daftar Terbarunya

Biaya operasi patah tulang tentu menjadi salah satu pertanyaan mereka yang mengalami patah tulang dan hendak menjalani prosedur tersebut. Lantas, berapa sih biaya operasi patah tulang di rumah sakit tahun 2022 ini?

Saat seseorang mengalami patah tulang, tentu saja akan membuat mereka tak maksimal melakukan pekerjaan karena ada bagian alat gerak yang bermasalah.

Karena itu, mereka yang mengalami patah tulang harus segera ditolong dengan tindakan yang disesuaikan jenis permasalahannya.

Biaya operasi patah tulang pun sama, sesuai sama prosedur yang dilakukan. Nah, biaya ini jangan sampai luput dari perhatiannya karena hal tersebut akan menentukan besaran dana yang harus dikeluarkan. 

Berapa sih sebenarnya estimasi yang harus dikeluarkan untuk operasi patah tulang?

Apa itu operasi patah tulang?

Operasi patah tulang atau operasi ortopedi adalah tindakan yang dilakukan untuk mengatasi masalah atau penyakit yang terjadi pada sistem gerak tubuh atau tulang.

Biaya operasi patah tulang sekitar Rp1 juta sampai Rp25 jutaan. Biaya ortopedi tersebut sudah termasuk biaya tindakan, obat, rawat inap, dan konsultasinya. 

Mengingat harganya yang lumayan, pasien disarankan mempersiapkan biaya operasi ortopedi lebih sekitar 20 – 30 persen sebagai tambahan manakala dibutuhkan.

Bedah patah tulang

Bedah patah tulang berguna menyembuhkan penyakit atau cedera yang terjadi di tulang, sendi, ligamen, dan tendon.

Kapan seseorang harus menjalani operasi ortopedi?

Operasi patah tulang sendiri merupakan salah satu tindakan operasi ortopedi. Di luar penanganan untuk patah tulang, ada juga kondisi lain di mana operasi ini mungkin diperlukan.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Radang atau infeksi sendi
  • Luka pada sendi
  • Kerusakan ligamen atau tendon
  • Skoliosis
  • Patah tulang

Umumnya operasi ini dilakukan setelah pengobatan nonbedah tidak mampu mengobati penyakit yang seseorang derita.

Kondisi yang perlu diwaspadai sebelum menjalani operasi patah tulang

Setiap prosedur pada operasi patah tulang punya peringatan tersendiri. Pasien diminta berhenti minum obat pengencer darah agar terhindar komplikasi kehilangan darah selama operasi berlangsung.

Jika pasien sedang hamil dan punya rencana untuk hamil, sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum dioperasi. Pasien juga diminta memberi tau dokter jika punya alergi terhadap obat atau bahan tertentu.

Terkait persiapan, hal ini sangat tergantung dari jenis tindakan yang akan dilakukan. Biasanya pasien diminta berpuasa sebelum tindakan dan ditemani keluarga saat proses berlangsung, terutama untuk antar jemput pra dan pascaoperasi. 

Teknik dan prosedur operasi patah tulang

Masalah yang diderita pasien menentukan jenis tindakan apa yang akan dilakukan. Biasanya, operasi patah tulang merupakan tindakan invasif yang perlu irisan kulit di bagian tulang atau sendi yang akan dioperasi. Setelah itu, irisan kulit tersebut ditutup kembali.

Pada saat operasi patah tulang berlangsung, pasien ditempatkan di atas meja operasi. Posisinya disesuaikan dengan bagian tulang yang akan dioperasi.

Tenang saja, selama operasi, pasien akan disuntikan obat bius lokal, setengah badan atau total sesuai keperluan.

Selanjutnya, dokter akan membuat irisan kulit atau insisi di bagian lokasi tulang yang cedera. Insisi ini dilakukan sesuai dengan jenis operasinya. 

Pada tindakan artroskopi dan osteotomi hanya butuh satu atau dua irisan saja. Berbeda dengan pemasangan pen, insisinya dilakukan di sepanjang tulang yang patah atau cedera.

Setelah insisi, dokter akan melakukan operasi sesuai prosedur. Lama operasi patah tulang tergantung dari kesulitan teknik yang digunakan dan tingkat keparahan masalah yang diderita.

Jika tindakan selesai, maka dokter akan menutup insisi dengan jahitan dan perban steril agar steril.

Sebagai tahap pemulihan, pasien akan dibawa ke ruang perawatan sebagai bentuk pemulihan pasca tindakan. Pemasangan gips memungkinkan untuk dilakukan agar tulang tidak bergerak apalagi setelah pemasangan pen.

Hal yang harus dilakukan setelah operasi patah tulang

Setelah menjalani perawatan, pasien diperbolehkan pulang. Selama waktu tersebut, pasien diminta beristirahat dan menjaga tulang yang sudah dioperasi untuk tidak meminimalisir gerak.

Di bagian yang dioperasi, akan timbul rasa nyeri dan bengkak. Tenang aja, ada obat pereda nyeri dan antibiotik untuk patah tulang yang akan diberikan dokter agar tidak infeksi.

Lagi-lagi, waktu pemulihan sangat tergantung jenis tindakan yang dilakukan. Selama waktu pemulihan, pasien akan menjalani check-up.

Jika merasakan gejala infeksi seperti demam tinggi atau bengkak dan kemerahan di lokasi operasi, pasien diminta untuk segera menghubungi dokter.

Risiko operasi patah tulang

Sejumlah risiko komplikasi akan dirasakan pasien di lokasi operasi seperti infeksi, jaringan yang rusak dan darah menggumpal. Selain itu, alergi obat bius dan pendarahan dan rusaknya pembuluh darah.

Biaya operasi patah tulang

Sejumlah rumah sakit mematok harga yang bervariasi tergantung dari jenis tindakan dan peralatan yang digunakan. Lifepal punya rekomendasi daftar estimasi biaya operasi patah tulang terbaru di sejumlah rumah sakit patah tulang, nih.

Rumah SakitEstimasi Biaya
Rumah Sakit Sumber WarasMulai dari Rp8,8 juta
RS EMC Sentul BogorMulai dari Rp3 juta
RSU Pekerja Cilincing JakartaMulai dari Rp3,2 juta
RS Cikarang MedikaMulai dari Rp2,6 juta
RS Karanggede Sisma Medika BoyolaliMulai dari Rp4,9 juta
RS Bhakti Husada CikarangMulai dari Rp2,9 juta
RS Atma JayaMulai dari Rp975 ribu
RS Tiara BekasiMulai dari Rp2,5 juta
Rumah Sakit Umum Melania BogorMulai dari Rp4,9 juta
Rumah Sakit Patria IKKT Jakarta BaratMulai dari Rp2,1 juta
RS Islam Aminah SidoarjoMulai dari Rp3,2 juta
RSU Bunda BMC PadangMulai dari Rp1,5 juta
RSU Bunda JakartaMulai dari Rp20 juta
Rumah Sakit Balimed Negara, Jembrana, BaliMulai dari Rp4,7 juta
Rumah Sakit Murni Teguh SudirmanMulai dari Rp4,5 juta
Rumah Sakit Umum Amira PurwakartaMulai dari Rp4,3 juta

Biaya ortopedi di atas kisaran yang harus dipersiapkan. Selain itu, untuk mendapatkan keringanan biaya, asuransi bisa juga digunakan. Apalagi, kalau kamu punya BPJS.

Apa biaya ortopedi ditanggung BPJS?

Ya, benar banget kalau biaya ortopedi untuk operasi patah tulang bisa ditanggung BPJS. Tahu kan alasannya? Intinya BPJS akan menanggung semua operasi yang berkaitan dengan tindakan medis dan bukan keperluan estetika.

Bagaimana jika pasca operasi patah tulang, pasien diharuskan memakai alat tertentu? Apakah biayanya juga ditanggung BPJS? 

Kabar gembira datang dari manfaat BPJS yang menjamin penggunaan jenis alat kesehatan untuk pelayanan lanjut pasien. Alat kesehatan tadi masuk dalam komponennya ditambah dengan implan yang tak mengandung obat.

Dalam kasus operasi patah tulang, beberapa alat pendukung seperti penyangga leher, jaket penyangga tulang, kaki dan tangan tiruan, dan kruk penyangga tubuh (alat bantu gerak).

Masing-masing alat punya ketentuannya jika pasien ingin menerima manfaat BPJS dari segi alat bantu kesehatan pascaoperasi patah tulang. Wah, untung banget ya punya asuransi!

Pentingnya punya asuransi

Umumnya, asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menanggung biaya medis saat kita diharuskan pergi ke dokter atau rumah sakit. 

Beberapa manfaat asuransi kesehatan meliputi biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up

Nah, asuransi ini juga mempunyai manfaat tambahan lho seperti melahirkan, perawatan gigi, dan mata.

Untuk menikmati manfaat di atas, nasabah perlu membayarkan premi yang besarannya variatif dan tergantung pada usia, pekerjaan, dan limit pertanggungan. 

Namun, berbeda dengan BPJS Kesehatan, kita bisa lebih fleksibel memilih premi yang diinginkan, pertanggungan, dan rumah sakit.

Asuransi Kesehatan – Cover 100% Operasi dan Rumah Sakit Premi Rp200 Ribu/ Bln

Cara memilih asuransi kesehatan terbaik

Di Indonesia, penyedia layanan asuransi jumlahnya ratusan. Namun, sebelum memilih mana yang cocok, kita perlu mengetahui beberapa kriteria asuransi kesehatan terbaik.

Kriteria asuransi kesehatan terbaik, yaitu:

  • Jaringan rumah sakit yang luas. Bagi yang sering ke luar negeri, pastikan penyedia menjangkau rumah sakit di luar negeri.
  • Fasilitas cashless karena praktis apalagi di saat kondisi genting. Sehingga kita cukup menggesekkan atau cukup menunjukkan kartu asuransi saja.
  • Limit pertanggungan dan premi sesuai. Tidak selalu asuransi kesehatan murah akan lebih baik, tetapi asuransi yang bagus juga tidak selalu mahal.

Dengan ratusan pilihan polis dan brand, calon nasabah perlu lebih cermat memilih manfaat asuransi kesehatan yang dibeli. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan: 

1. Metode klaim cashless

Dengan sistem klaim cashless, nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. 

Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit rekanan. Namun, cashless tidak selalu menjadi terbaik. Ingat penjelasan sebelumnya, ya!

Contohnya, rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigma semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement.

2. Menanggung biaya rawat jalan

Biaya perawatan pra dan pascarawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. 

Dari rekomendasi Lifepal, Asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi.

Calon nasabah tinggal memilih premi dan plafon yang dapat melengkapi kebutuhan serta anggaran. 

Lindungi dirimu secara finansial dengan pertanggungan biaya kesehatan dari asuransi Covid-19.

3. Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. 

Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

Beberapa pilihan rekomendasinya adalah asuransi kesehatan Cigna, Prudential, dan Allianz juga memberikan manfaat no claim bonus bahkan ada yang setiap setahun. 

4. Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misalnya, uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. 

Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan medis di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi memakan biaya sekitar Rp7-Rp15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil.

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged) seperti Manulife, Prudential, dan BNI Life. 

5. Iuran premi tidak lebih 10 persen dari gaji

Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. 

Salah satunya adalah, mengikuti metode finansial 50/30/20. Di mana 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk hiburan, 10 persen investasi, dan 10 persen asuransi.

6. Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, akan sangat sulit melakukan pengajuan klaim sendiri. 

Belum lagi, jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut.

Keuntungan beli asuransi kesehatan online 

Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat dengan beli asuransi kesehatan online. Salah satunya adalah kemudahan transaksi. 

Sebab, calon nasabah hanya perlu buka situs broker asuransi Lifepal untuk membandingkan ratusan produk asuransi kesehatan terbaik dan murah. Setelah itu, pilih plafon dan premi yang sesuai kebutuhan serta anggaran. 

Selain itu, marketplace asuransi online juga biasanya menawarkan banyak diskon, sehingga premi yang didapat bisa lebih murah. Seperti Lifepal, yang saat ini menawarkan promo menarik untuk produk asuransi kesehatan.

Itulah informasi penting mengenai operasi patah tulang meliputi pengertiannya, prosedur hingga harga operasi patah tulang yang sangat penting untuk diketahui sebagai referensi.

Kalau dilihat-lihat, biaya operasi patah tulang sangat bervariasi dari Rp1 juta sampai Rp 25 jutaan. Jangan lupa ya, harga tadi tergantung banget sama rumah sakit dan peralatan yang digunakan.

Semoga dengan informasi tersebut bermanfaat buat kamu. Lifepal menyajikan informasi menarik lainnya yang bisa kamu temukan. Jangan sampai ketinggalan dan tetap jaga kesehatan, ya!

Asuransi rawat jalan akan menjamin kamu juga secara finansial dari pengeluaran untuk membeli obat dan pemeriksaan medis lainnya.

Tips dari Lifepal! Saat seseorang mengalami patah tulang, tentu saja akan membuat mereka tak maksimal melakukan pekerjaan karena ada bagian alat gerak yang bermasalah.

Karena itu, mereka yang mengalami patah tulang harus segera ditolong dengan tindakan yang disesuaikan jenis permasalahannya.

Biaya operasi patah tulang pun sama, sesuai sama prosedur yang dilakukan. Nah, biaya ini jangan sampai luput dari perhatiannya karena hal tersebut akan menentukan besaran dana yang harus dikeluarkan.

Simak pula ulasan mengenai biaya operasi tulang belakang di artikel Lifepal lainnya!

Jagalah selalu kesehatan tubuh, sebab biaya pengobatan kamu tidaklah murah. Oleh karena itu, mari mulai melakukan gaya hidup sehat. Selain itu, kamu pun tetap harus menjaminnya dengan memiliki asuransi kesehatan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi kesehatan terbaik:

Berapa uang pertanggungan dari asuransi kamu?

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Manfaat memiliki asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

 

Pertanyaan seputar biaya operasi patah tulang

Biaya operasi patah tulang berkisar antara Rp1 juta hingga Rp25 juta. Harganya yang berbeda-beda pada setiap rumah sakit ini bergantung pada fasilitas dari rumah sakit tersebut. Selain itu, biayanya juga tentu berbeda untuk jenis tindakan berbeda. Misalnya biaya operasi lepas pen dengan pasang pen tentunya berbeda.

Operasi patah tulang ditanggung oleh BPJS, begitu juga keperluan alat yang mungkin kamu butuhkan selama operasi.

Lengkapi juga BPJS Kesehatan kamu dengan asuransi kesehatan swasta untuk memastikan semua biaya dapat tercover. Bedanya asuransi swasta dengan BPJS adalah kamu dapat memilih sendiri manfaat yang kamu butuhkan. Maka dari itu, BPJS dan asuransi swasta dapat saling melengkapi.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.