Begini Cara Menggesek Nomor Mesin Toyota Yaris Sendiri

Begini Cara Menggesek Nomor Mesin Toyota Yaris Sendiri

Bagi kamu yang memiliki mobil Toyota Yaris, penting untuk mengetahui letak nomor rangka mesin serta cara menggesek nomor mesin Toyota Yaris.

Sebab, nomor rangka atau nomor mesin akan menjadi identitas dari kendaraan yang dimiliki. Kamu perlu menggesek nomornya untuk mengetahui berapa nomor tersebut dan mencocokkannya dengan dokumen yang ada, seperti STNK.

Apalagi kalau kamu membeli mobil Yaris bekas, ada kemungkinan bahwa tempelan nomor rangkanya sudah tidak rapi dan nomornya pun tidak lagi terlihat dengan jelas.

Padahal, nomor rangka ini sangat penting dan nantinya sangat dibutuhkan ketika kamu akan melakukan perpanjangan STNK.

Letak nomor rangka Toyota Yaris

Pada mobil Toyota Yaris, nomor rangka berada di bawah jok pengemudi atau jok supir. Persisnya, jok yang dimaksud adalah jok depan sebelah kanan.

Nomor rangka Yaris tertutup oleh karpet, sehingga untuk melihatnya kamu perlu mengangkat karpet di bawah jok terlebih dahulu. 

Selain itu, kamu juga perlu menggeser jok pengemudi sedikit ke belakang. Sebab, nomor rangka berada persis di bawah jok, sehingga akan sulit dilihat apabila jok tidak digeser terlebih dahulu.

Cara gesek nomor rangka Yaris

Apabila kamu sudah menemukan posisi nomor rangka Yaris, maka kamu bisa langsung menggesek nomor tersebut. Fungsinya agar nomor rangka semakin terlihat dan bisa dicek. Berikut ini cara gesek nomor rangka Yaris.

  1. Geser jok pengemudi sedikit ke belakang dan angkat karpet di bawah jok
  2. Tempelkan kertas gesekan di atas nomor rangka
  3. Gesekkan pensil di atas kertas gesekan yang sudah ditempelkan di atas nomor rangka
  4. Lepas kembali kertas gesekan
  5. Setelah kertas dilepas, akan terlihat deretan nomor rangka pada kertas gesekan

Cara menggesek nomor mesin Toyota Yaris tidak bisa dilakukan dengan menggunakan kertas sembarangan. Sebab, kertas yang dipakai haruslah kertas gesek khusus.

Kertas gesek ini bisa kamu beli di toko peralatan alat tulis maupun di toko online. Harganya tidak terlalu mahal, sekitar Rp35 ribu, sudah satu paket untuk kertas gesek nomor rangka dan juga nomor mesin.

Cara menggesek nomor mesin Toyota Yaris 

Sama seperti nomor rangka, nomor mesin juga menjadi identitas dari suatu mobil. Bedanya, jika nomor rangka menunjukkan nomor kendaraan, nomor mesin melambangkan identitas mesin yang digunakan di mobil tersebut.

Posisi nomor mesin Yaris berbeda dengan posisi nomor rangkanya. Untuk Yaris keluaran 2021, letak nomor mesinnya ada di bawah sebelah kiri mesin. 

Sementara, letak nomor mesin Yaris keluaran sebelum tahun tersebut ada di belakang intake manifold atau komponen saluran udara mesin. 

Untuk gesek nomor mesin Yaris, kamu bisa memakai kertas gesek yang sama seperti kertas yang dipakai untuk menggesek nomor rangka. Berikut ini cara menggesek nomor mesin Toyota Yaris.

  1. Parkirkan mobil di tempat yang aman
  2. Buka kap mesin mobil lalu buka cover mesin
  3. Temukan lokasi nomor mesin di belakang intake manifold atau di kiri bawah mesin
  4. Tempelkan kertas gesek pada nomor mesin
  5. Gesekkan pensil di atas kertas gesek yang sudah ditempelkan ke nomor mesin
  6. Lepas kembali kertas gesekan
  7. Setelah kertas dilepas, akan terlihat sederet nomor mesin pada kertas tersebut

Fungsi gesek nomor mesin 

Nomor rangka dan nomor mesin tidak hanya tertera pada komponen kendaraan, tetapi juga pada dokumen penting mobil seperti STNK dan BPKB

Ketika akan melakukan perpanjangan STNK atau menjual kembali mobil Yaris yang dimiliki, kamu perlu menuliskan nomor rangka dan nomor mesin dengan benar, sesuai dengan nomor pada STNK dan BPKB.

Sebenarnya, kamu bisa saja melihat nomor rangka dan nomor mesin secara langsung. Akan tetapi, akan sulit untuk melihat nomor tersebut karena ukurannya cukup kecil dan posisinya susah dijangkau.

Itulah sebabnya perlu melakukan gesek nomor mesin dan nomor rangka. Fungsi menggesek nomor mesin dan nomor rangka adalah mengetahui dengan pasti deretan nomor-nomor tersebut, sehingga bisa dicocokkan dengan nomor pada STNK dan BPKB.

Cara gesek nomor mesin mobil di Samsat

Apabila kamu tidak berhasil menggesek dan mendapatkan nomor rangka serta nomor mesin sendiri, kamu bisa juga melakukan pengecekan nomor tersebut di Samsat. 

Pihak berwajib dari Samsat akan membantu melakukan cek fisik kendaraan untuk mengetahui kedua nomor tersebut. Berikut ini cara menggesek nomor mesin Toyota Yaris di Samsat.

  1. Kunjungi kantor Samsat terdekat
  2. Datang ke loket dan isi formulir cek fisik kendaraan
  3. Datangi petugas di bagian cek fisik
  4. Petugas akan memeriksa dokumen persyaratan dan melakukan penggesekan nomor rangka dan nomor mesin
  5. Petugas mengisi formulir hasil cek fisik
  6. Kembalikan formulir yang sudah diisi oleh petugas ke loket pendaftaran
  7. Tunggu beberapa saat, jika sudah selesai, petugas akan mengembalikan STNK, KTP, serta lembar kuning hasil cek fisik yang sudah berisi nomor rangka dan nomor mesin

Syarat gesek nomor mesin mobil di Samsat

Untuk bisa melakukan cek fisik nomor kendaraan di Samsat, pastikan kamu membawa semua dokumen persyaratan. Adapun syarat untuk melakukan gesek nomor rangka di Samsat antara lain: 

  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • KTP asli

Biaya gesek nomor mesin mobil

Dilansir dari CNN Indonesia, saat ini cek fisik kendaraan di Samsat sudah tidak lagi dikenakan biaya alias gratis. Cek fisik ini termasuk cek nomor mesin dan juga cek nomor rangka.

Dulu, pemerintah memang sempat menetapkan biaya cek fisik sebesar Rp30 ribu. Akan tetapi, biaya tersebut sudah lama tidak berlaku lagi. 

Jika ada penarikan biaya saat cek fisik kendaraan, maka penarikan tersebut diduga pungutan liar atau pungli. 

Ketentuan ini mengacu pada Di Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Polri yang menyatakan bahwa tidak ada penetapan cek fisik yang dipungut biaya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggesek nomor mesin toyota yaris. Semoga bisa bermanfaat, ya. Baca juga artikel terkait nomor mesin kendaraan seperti biaya ganti plat nomor mobil di Lifepal!

Tips dari Lifepal! Saat akan membeli mobil bekas, sebaiknya perhatikan juga nomor rangka dan nomor mesinnya. Sebab, banyak mobil bekas yang nomor rangkanya sudah hilang.

Jika ragu melakukan cara gesek nomor rangka dan nomor mesin sendiri, sebaiknya bawa mobil ke Samsat untuk melakukan cek fisik dengan bantuan petugas.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar cara menggesek nomor mesin Toyota Yaris 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.