Bagaimana Fungsi dan Cara Kerja Karburator Mobil Toyota?

Bagaimana Fungsi dan Cara Kerja Karburator Mobil Toyota?

Sama seperti jenis kendaraan lainnya, cara kerja karburator mobil Toyota nyatanya juga menjadi pengetahuan yang cukup penting untuk diketahui oleh para pemiliknya.

Hal ini karena karburator memiliki komponen yang sangat krusial di dalam kendaraan karena bermanfaat untuk mencampurkan udara dengan bahan bakar untuk melakukan sistem pengabuan.

Komponen ini akan bekerja dengan menggunakan perbandingan tertentu sehingga dapat mengalirkannya ke silinder sesuai dengan kebutuhan mesin.

Jadi, sistem kerja karburator mobil akan membantu dengan cara mendukung sistem pembakaran bahan bakar yang terjadi di dalam kendaraan dan memastikannya agar proses tersebut dapat berjalan dengan baik.

Hal ini tentu membuat karburator mobil menjadi salah satu aspek penting agar dapat mendorong mobil bisa dioperasikan dengan baik. Namun, bagaimana cara kerja karburator mobil Toyota yang sebenarnya? Simak penjelasannya di artikel ini!

Cara kerja karburator mobil Toyota

Cara kerja karburator mobil Toyota sebenarnya juga hampir sama dengan jenis mobil lainnya karena ini merupakan komponen yang krusial dimana semua jenis kendaraan tentu memilikinya. 

Oleh sebab itu, sistem kerja karburator mobil ini akan berlangsung saat bahan bakar dialirkan dalam ruang bakar dengan jumlah yang tepat ketika mesin dihidupkan. 

Selanjutnya, mesin akan mulai mengambil udara dan menyatu dengan bahan bakar minyak sehingga pembakaran akan terjadi.

Barulah setelah itu, udara dan bahan bakar akan menjadi gas atau kabut bensin yang dibuang lewat knalpot. Namun secara detail, cara kerja karburator mobil Toyota ini dilakukan oleh mesin dalam beberapa tahapan yaitu:

Penghisapan udara

Pada tahap ini memiliki kegiatan yang sama dengan cara kerja karburator mobil kijang 5k yaitu dengan membiarkan udara masuk ke dalam karburator lewat bantuan piston.

Perlu diketahui bahwa piston adalah salah satu komponen penting agar mesin dapat menghasilkan tenaga selama proses pembakaran sesuai dengan pedal yang diinjak. 

Dimana, tempat pembakaran bahan bakar dan udara pada mobil ini hanya akan bekerja saat mesin mobil menyala.

Saat mobil menyala cara kerja karburator mobil toyota ini akan dimulai dengan piston yang bergerak maju mundur.

Perlu diketahui bahwa piston adalah salah satu komponen penting agar mesin dapat menghasilkan tenaga selama proses pembakaran sesuai dengan pedal yang diinjak.

Lalu, proses tersebut akan berlanjut dengan menarik aliran udara dari bagian depan sistem karburator.

Udara yang masuk ke dalam karburator tidak akan bisa dilakukan jika dalam kondisi choke yang menutup. Jadi, apabila piston mulai memompa udara maka choke akan terbuka secara otomatis.

Barulah setelah itu, udara yang masuk ke dalam karburator ini juga akan melalui ruang pembakaran sehingga menyebabkan bensin terserap di dalam venturi.

Penghisapan bahan bakar

Tahap selanjutnya dari cara kerja karburator mobil toyota yaitu adalah penghisapan bahan bakar. Tahapan ini akan terjadi di bagian venturi karena terdapat capillary tube. Hal ini tentu akan membantunya untuk menyalurkan bahan bakar dari reservoir.

Jadi, bahan bakar bisa masuk ke dalam ruang sempit venturi karena adanya perbedaan tekanan antara reservoir dengan tekanan yang ada di dalam venturi.

Namun perlu diketahui jika hal ini akan dipengaruhi oleh adanya kecepatan di venturi lebih cepat bila dibandingkan dengan di dalam reservoir yang memiliki kecepatan nol.

Pencampuran bahan bakar dengan udara

Sistem kerja karburator mobil kemudian akan diakhiri dengan tahap pencampuran udara dengan bahan bakar di dalam ruang bakar (venturi). Bahan bakar yang disemprotkan akan menjadi bagian yang sangat kecil (atomisasi). 

Jadi, setelah bahan bakar dan udara bercampur maka hasilnya akan dialirkan ke dalam intake manifold untuk proses kompresi dan pembakaran lewat bantuan busi.

Sebab, komponen intake manifold memiliki fungsi utama untuk mencampurkan aliran udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang pembakaran yang ada di dalam tabung mesin.

Penyebab karburator mobil Toyota rusak

Umumnya, sistem karburator terpasang pada mobil-mobil Toyota keluaran lama sehingga tidak menggunakan sensor seperti layaknya sistem injeksi mobil. Jadi, kamu tentunya sudah akan jarang menemukan karburator pada sistem pembakaran mobil-mobil Toyota terbaru.

Namun walaupun begitu tentunya masih banyak pemilik mobil yang memiliki jenis Toyota keluaran lama sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar karburator tidak mudah rusak.

Sebab apabila karburator rusak dan mengalami gangguan maka akan menyebabkan mobil jadi boros bahan bakar. Supaya dapat menghindari karburator mobil yang rusak maka ada beberapa penyebabnya yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:

  • Filter bensin yang kotor.
  • Filter udara yang jarang dibersihkan.
  • Karburator rusak yang ditandai dengan asap knalpot yang menghitam.
  • Busi yang mengalami soak.
  • Kepala dan sumbu busi yang terlalu renggang atau rapat.
  • Adanya kerak pada ruang bakar.
  • Klep mesin yang terlalu rapat.
  • Adanya aliran bahan bakar yang tersumbat.
  • Selang vakum yang mengalami kerusakan.
  • Adanya kebocoran pada intake manifold.
  • Selang vakum advancer yang rusak.
  • Spuyer pilot -jet yang tersumbat.
  • Setelan sekrup stasioner yang tidak sesuai.

Tips merawat karburator mobil Toyota

Ada berbagai cara untuk menjaga agar karburator mobil tetap dalam kondisi prima sehingga proses pembakaran pada kendaraan dapat terjadi dengan lebih optimal untuk waktu yang lebih lama. 

Sama halnya seperti jenis kendaraan lainnya, beberapa cara merawat mobil karburator Toyota antara lain adalah:

  • Menghindari berkendara dengan ugal-ugalan agar mesin tidak mudah mengalami overheat.
  • Melakukan service secara berkala untuk memastikan karburator dan komponen lainnya selalu berada dalam keadaan yang optimal.

Tips dari Lifepal! Cara kerja karburator mobil toyota nyatanya juga menjadi pengetahuan yang cukup penting untuk diketahui oleh para pemiliknya. 

Sebab karburator memiliki komponen yang sangat krusial di dalam kendaraan karena bermanfaat untuk mencampurkan udara dengan bahan bakar untuk melakukan sistem pengabuan sehingga prosesnya menjadi lebih optimal. 

Oleh karena itulah, kamu perlu untuk menjaga komponen ini agar tetap dalam kondisi baik sehingga dapat bekerja dengan maksimal melalui service rutin secara berkala.

Simak pula ulasan mengenai fungsi karburator, bengkel spesialis karburator mobil, dan juga penyebab karburator mobil tidak bisa langsam di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Kenapa asuransi mobil itu penting?

Salah satu hal penting yang seharusnya dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan roda empat  yaitu adalah memberikannya perlindungan menyeluruh berupa asuransi mobil. 

Sebab, asuransi mobil dapat memberikan perlindungan untuk meminimalisir adanya kerugian yang terjadi karena kecelakaan hingga kehilangan akibat dari tindak pencurian.

Seluruh proteksi ini akan sesuai dengan jaminan yang tertera di dalam polis perjanjian. 

Selain itu, asuransi mobil juga akan memberikan penawaran perluasan manfaat berupa tanggung jawab hukum pihak ketiga bila dibutuhkan.

Hal ini tentu akan membuatmu merasa lebih tenang dan nyaman karena kondisi finansial menjadi sangat terjaga.

Apalagi biaya servis mobil dan perawatan tentu juga tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar cara kerja karburator mobil Toyota

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.