90 Rumah Kosong dan Terbengkalai, Hanya Satu Keluarga yang Bertahan

90 Rumah Kosong dan Terbengkalai, Hanya Satu Keluarga yang Bertahan

2 menit

Situasi tak lazim terjadi di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Di sana dikabarkan adanya 90 rumah kosong dan terbengkalai meski kondisi hunian relatif masih layak. Seperti apa kisah dan potretnya?

Melansir kanal Youtube Hardi ArtVenture, ditemukan sebuah perumahan di Kampung Eor, Tasikmalaya, yang memiliki suasana bak kawasan mati.

Pasalnya, terdapat sejumlah hunian rusak dan tidak terurus, meski ada pula rumah dengan tampilan fasad yang masih bagus.

Siapa sangka, dari rumah kosong dan terbengkalai tersebut, terdapat satu keluarga yang bertahan dan hidup tanpa tetangga.

Perumahan Ditinggal Developer, Mangkrak 4 Tahun

sumber: youtube.com/Hardi ArtVenture

Dari wawancara yang dilakukan Youtuber Hardi dengan Aep, salah satu penghuni rumah yang bertahan, didapat sejumlah informasi mengenai perumahan tersebut.

Menurut Aep, proses pengerjaan perumahan tersebut telah berhenti alias mangkrak sekitar 4 tahun lalu.

Dari 90 unit rumah yang tersedia, 32 di antaranya sudah laku terjual sedangkan 48 unit sisanya masih kosong tak berpenghuni.

Akan tetapi, meski sebagian telah terjual para pemilik rumah banyak yang membiarkan dan tidak mengurus hunian tersebut.

“Jadi yang sudah terisi itu di sebelah sana, itu ada blok A, blok B. Itu udah ada pemiliknya, tetapi dibiarkan begitu saja, cicilannya pun terus jalan,” kata Aep.

Sebagaimana penuturan Aep, salah satu faktor yang membuat perumahan menjadi tidak terurus dikarenakan pemborong tidak bertanggung jawab.

“Kalau alasannya itu katanya, itu yang pemborong-pemborongnya itu pada enggak ada [kabur] gitu. Tapi itu katanya, saya ‘kan sampai sekarang belum tahu jelas,” tambahnya.

Dengan sedikit berhati-hati, Aep mengatakan masih belum tahu pasti apakah kaburnya pemborong menjadi penyebab atau ada faktor-faktor lain.

Tak Ada Kisah Mistis

perumahan terbengkalai

sumber: youtube.com/Hardi ArtVenture

Ketika disinggung mengenai pengalaman Aep dan keluarga terkait gangguan makhlus halus yang acapkali menyukai tempat-tempat tidak terurus, Aep pun menyanggah.

Ia dan keluarganya merasa belum pernah mengalami gangguan dari makhluk halus kendati kondisi perumahan sepi.

Alhamdulillah, saya selama beberapa tahun tinggal di sini, belum pernah ada yang seperti itu (gangguan), paling kalau ada orang-orang yang enggak jelas di sini saya tanya, saya suruh pergi,” ucap Aep.

Alih-alih terganggu, Aep justru merasa betah tinggal di perumahan tersebut karena merasa adem dari sisi cuaca.

Untuk diketahui, perumahan terbengkalai di Tasikmalaya ini memiliki luas tanah kurang lebih 5 hektare dan masih ada beberapa area tanah terbuka.

***

Semoga informasinya bermanfaat, Property People.

Baca ulasan menarik dan terbaru di Google News Berita 99.co Indonesia.

Jika kamu sedang mencari hunian aman dan nyaman di kawasan Bandung, bisa jadi Nuansa Alam Setiabudi Clove adalah jawabannya.

Tengok ragam pilihan terbaik dengan harga kompetitif di 99.co/id dan rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Artikel ini bersumber dari www.99.co.