8 Pasar Seni Terbaik di Indonesia, Ada Pasar Terapung di Kalimantan

8 Pasar Seni Terbaik di Indonesia, Ada Pasar Terapung di Kalimantan

VIVA Lifestyle  – Pasar seni merupakan salah satu tempat yang mana pengunjungnya bisa berbelanja barang kerajinan khas dari sebuah daerah. Kadang, para pengunjung bisa menemukan pasar seni ini di masing-masing kota di Indonesia, tapi tak semua kota memilikinya. Bila kamu ingin berbelanja barang lokal yang khas dan unik serta harganya terjangkau, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

1. Pasar Seni Ubud, Gianyar

Suasana Ubud Art Market

Photo :

  • Website/balicheapesttours

Pasar seni terbaik di Indonesia yang pertama adalah Pasar Seni Ubud yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Tidak sulit untuk menemukan pasar yang cukup populer ini lantaran lokasinya yang berada di pusat pariwisata Ubud. Pasar ini juga terbagi ke dalam dua wilayah, yaitu sisi barat dan timur. 

Di bagian sisi barat, para pengunjung akan menemukan berbagai hasil kerajinan tangan, seperti gelang, kain, tas anyaman, dan masih banyak yang lainnya. Sementara itu, untuk sisi timur, kamu bisa menemukan berbagai barang kebutuhan sehari-hari, misalnya gula, beras, telur, dan kebutuhan lainnya. 

2. Pasar Seni Sukawati, Gianyar

Penjual Lukisan di Pasar Sukawati

Penjual Lukisan di Pasar Sukawati

Masih berada di kawasan Gianyar, Bali, kamu juga bisa menemukan pasar seni terbaik di Indonesia lainnya, yaitu Pasar Seni Sukawati. Pasar Seni Sukawati ini juga tidak kalah populer karena sering menjadi tujuan wisata belanja banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali. 

Pasar seni satu ini menawarkan barang-barang yang unik dan khas. Mulai dari tas, patung tradisional, kain khas Bali, lukisan, dan masih banyak yang lainnya. Pasar seni ini cukup recommended untuk didatangi lantaran barang-barang yang dijual lebih murah, tapi kualitasnya sangat baik. 

3. Pasar Seni Banyumelek, Lombok Barat

Kakek Penjual Mainan Jadi Korban Pencurian, Dagangannya Ludes!

Kakek Penjual Mainan Jadi Korban Pencurian, Dagangannya Ludes!

Selain di Bali, Pulau Lombok juga mempunyai salah satu pasar seni terbaik di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Pasar seni yang satu ini berada di kawasan Desa Banyumelek, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Desa Banyumelek sendiri memang dikenal sebagai kawasan pengrajin gerabah yang membuat karya-karya unik.

Di tempat ini, kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan dapur yang dibuat oleh para pengrajin, seperti piring dan mangkuk. Bukan hanya itu, mereka juga menawarkan berbagai ukiran dinding yang dapat dijadikan buah tangan. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau yang bergantung ukuran dan bentuknya, mulai dari Rp15 ribu hingga Rp125 ribu. 

4. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Pengunjung memilih baju batik yang dijual di Pasar Beringharjo, DI Yogyakarta

Pengunjung memilih baju batik yang dijual di Pasar Beringharjo, DI Yogyakarta

Photo :

  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Kota istimewa yang satu ini juga mempunyai sebuah pasar seni terbaik di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi. Bernama Pasar Beringharjo, merupakan pasar legendaris lantaran sudah menjadi pusat perdagangan sejak tahun 1758. Pasar yang menempati bangunan bersejarah ini cukup populer lantaran dijadikan sebagai tujuan untuk berbelanja batik. 

Di tempat ini, pengunjung bisa menemukan berbagai macam batik dengan berbagai macam model. Mulai dari baju, daster, celana, sampai kemeja. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan bisa ditawar. Pasar Beringharjo ini terletak di lokasi yang cukup strategis yaitu Jalan Malioboro dan buka setiap pukul 08.30 pagi hingga 21.00 malam. 

5. Pasar Seni Gabusan, Bantul

Pasar Seni Gabusan.

Selain di kota Yogyakarta, pengunjung juga bisa menemukan pasar seni terbaik di Indonesia di Kabupaten Bantul. Pasar Seni Gabusan pada awalnya dibangun untuk perajin lokal untuk memasuki pasar internasional. Berbeda dengan pasar seni lainnya, Pasar Seni Gabsan ini memiliki desain bertaraf internasional.

Di sini para pengunjung dapat membeli berbagai barang. Seperti tas rotan, tempat lilin berbagai bahan, kotak bambu, topeng berbagai bentuk dan lain sebagainya. Pengunjung juga bisa mengunjungi pasar seni di Jalan Parangtritis mulai pukul 09.00 hingga 19.00 malam.

6. Pasar Gede Harjonagoro, Surakarta

Ilustrasi Pedagang di Pasar Pancoran Glodok menjual pernak-pernik Imlek 2021.

Ilustrasi Pedagang di Pasar Pancoran Glodok menjual pernak-pernik Imlek 2021.

Pasar seni terbaik di Indonesia berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Pasar Gede Harjonagoro. Pasar di Kota Suragada ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi, dan bentuk bangunannya masih berupa arsitektur klasik Eropa, dengan pernak pernik Jawa, serta memiliki suasana khas Pecinan.

Kawasan Pasar Gede Harjonagoro juga dikenal sebagai pusat kuliner. Pasalnya, di sini pengunjung bisa menikmati berbagai macam makanan tradisional dan khas yang lezat dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi, selain dijadikan sebagai tempat berbelanja, pengunjung juga bisa mencicipi aneka makanan.

7. Pasar Triwindu, Surakarta

pasar triwindu solo

pasar triwindu solo

Photo :

  • dianztphotography.wordpress.com

Masih di kota Surakarta, selain Pasar Gede Harjonagoro, pengunjung juga bisa menyambangi Pasar Triwindu. Pasar Triwindu juga merupakan salah satu pasar seni terbaik di Indonesia, dan wisatawan tidak pernah sepi. Pasar Triwindu terletak di Banjasari, Suragada dan berdiri sejak tahun 1939. Pasar ini dikenal sebagai surganya barang antik karena sebagian besar barang yang dijual di sini adalah barang antik.

Meski demikian, pasar ini memiliki daya tarik tersendiri. Bagi penyuka barang antik, segala jenis barang antik bisa pengunjung temukan di sini, seperti batik perangko, mata uang, mesin ketik kuno, keris jawa, dekorasi rumah dari motor tua. Pasar ini dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. 

8. Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018

Pasar seni terakhir dan terbaik di Indonesia adalah Pasar Terapung Lok Baintan. Pasar di kota Banjarmasin ini masih tergolong tradisional dan unik karena pasar ini terapung. Semua pembeli dan penjual harus menggunakan perahu kecil untuk berdagang satu sama lain. Meski begitu, di sini pengunjung bisa menemukan segala macam kebutuhan.

Mulai dari bahan pokok makanan, souvenir hingga aksesoris yang dijual di beberapa kapal. Selain berbelanja, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah di sini. Tak heran jika pasar ini menjadi favorit banyak wisatawan.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.