5 Gejala Injektor Mobil Kotor dan Cara Mengatasinya

5 Gejala Injektor Mobil Kotor dan Cara Mengatasinya

Injektor yang kotor akan menyebabkan berbagai masalah. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui gejala injektor mobil kotor yang perlu diwaspadai.

Beberapa gejala yang umumnya dialami ketika injektor kotor adalah mesin jadi sulit dinyalakan, mesin ngadat, dan lain sebagainya.

Gejala injektor mobil kotor

Karena perannya yang penting, injektor harus selalu dicek dan diperhatikan kondisinya agar tidak menyebabkan kerusakan. 

Lantas, apa saja ciri injektor mobil kotor? Berikut ini gejala-gejala yang perlu diwaspadai.

1. Kinerja mesin mobil berkurang

Gejala injektor mobil kotor bisa dilihat dari berkurangnya kinerja mesin mobil. Biasanya, mobil akan menimbulkan getaran yang membuat pengemudinya tidak nyaman.

Hal ini disebabkan karena injektor tidak bisa menyeimbangkan antara kadar udara dan bensin yang tercampur dalam mobil. 

Tidak hanya menyebabkan getaran, mesin mobil juga akan mengeluarkan bunyi yang mengganggu selama berkendara.

2. Keluar asap knalpot yang lebih tebal

Pernah melihat asap knalpot yang keluar hitam dan tebal? Bisa jadi hal tersebut adalah gejala injektor mobil kotor. 

Penyebabnya karena injektor yang terbuka dan kadar udara dalam bensin meningkat. Hal ini membuat sistem pembakaran mengeluarkan asap warna hitam yang biasanya juga disertai bau tajam bensin.

3. Mesin mobil bergetar pada RPM tertentu

Gejala berikutnya adalah mesin mobil terasa bergetar pada RPM tertentu. Jika injektor kotor gejalanya akan terlihat dari getaran RPM mulai dari RPM Idling (800-1000 RPM) hingga RPM menengah (1000 -2500 RPM). 

Ini lah yang akan membuat mobil tersendat dan mengganggu perjalanan. 

4. Jarum speedometer terus bergerak

Pada injektor yang normal, speedometer akan bergerak sesuai dengan kecepatan mobil. Namun, pada injektor yang kotor, jarum speedometer cenderung tidak stabil, terus bergerak dan tidak dapat diprediksi. 

5. Mesin mobil mati mendadak

Ciri injektor mobil kotor terakhir adalah mesin mobil mati mendadak. Gejala ini sangat terlihat dari kondisi katup selenoid yang terbuka dan tertutup. 

Kondisi ini menimbulkan aliran bahan bakar terhambat, sehingga mesin mendadak mati. Bahkan, meskipun bisa dinyalakan kembali, mesin akan mati lagi dalam beberapa menit.

Efek injektor mobil kotor

Jika injektor kotor, akan ada dampak atau efek yang dirasakan. Lantas, apa efek injektor mobil kotor yang tidak segera dibersihkan?

Sistem injeksi mobil yang kotor dapat menyebabkan mampat dan pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Selain itu, bahan bakar jadi tidak homogen dengan udara.

Efek lain mengakibatkan injektor tidak bekerja secara maksimal karena residu kotoran. Sehingga, mesin mobil tidak dapat berjalan dan bekerja dengan normal.

Contohnya, biasanya mobil akan tersendat-sendat saat berjalan, sulit di-starter, dan mesin kurang bertenaga. Nah, jika kamu sudah merasakan efek dari injektor kotor mobil ini, pertimbangkan untuk mengatasinya, ya.

Cara mengatasi injektor mobil kotor

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa efek dari injektor kotor akan membuat ketidaknyamanan saat mengemudi. 

Jika tidak segera diatasi, akan berpotensi membuat masalah pada mesin yang jauh lebih parah seperti, mesin mobil tidak dapat dinyalakan sama sekali. 

Kamu harus tahu cara cek injektor mobil bensin terlebih dahulu, baru setelah itu bisa menentukan upaya yang tepat untuk mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi yang bisa dicoba.

1. Pastikan fuel filter bersih

Sebelum mulai membersihkan injektor, kamu perlu memastikan bahwa komponen fuel filter saringan bahan bakar dalam keadaan bersih. 

Jika terlihat kotor, maka bersihkan terlebih dahulu fuel filter hingga benar-benar bersih sebelum mengatasi injektor. 

2. Bersihkan injektor

Jika fuel filter sudah dipastikan bersih, kamu bisa melanjutkan ke cara berikutnya yaitu, membersihkan injektor. Cara membersihkan injektor mobil bisa dimulai dengan membuka pipa bensin. 

Lalu, buka injektor melalui pipa bensin. Pada bagian tersebut kamu akan menemukan beberapa komponen penting, maka berhati-hatilah saat membersihkannya. 

Hal ini dilakukan agar seal injektor tidak putus, rusak atau berlubang. Jika terjadi kerusakan maka kamu harus mengganti dengan yang baru. 

3. Membuka seal injektor

Cara mengatasi injektor kotor selanjutnya adalah dengan membuka seal injektor. Sebelum itu, pastikan seal injektor dalam kondisi yang baik. Kemudian, bersihkan seal injektor pelan-pelan agar tidak merusaknya. 

4. Bersihkan bagian luar injektor

Untuk mulai membersihkan bagian luar injektor dibutuhkan cairan khusus, yaitu injector cleaner. Cairan ini bisa didapatkan dengan mudah pada bengkel-bengkel mobil terdekat. 

Berikutnya, bersihkan ujung injektor hingga bagian yang kotor menggunakan injector cleaner. Usahakan untuk berhati-hati dalam menyemprotkan injector cleaner agar tidak mengenai mata. 

5. Pasang seal injektor 

Setelah semua tahapan di atas selesai dilakukan, pastikan kondisi injektor mobil sudah benar-benar bersih. Jika sudah, maka kamu bisa memasang seal injektor pada injektornya kembali.

Itu lah beberapa cara mengatasi injektor mobil kotor yang bisa kamu coba. Cara ini bisa dilakukan secara berkala untuk memastikan injektor bebas noda, sehingga mobil juga bebas dari gangguan dan masalah mesin.

Alasan perlu punya asuransi mobil

Asuransi mobil merupakan salah satu cara untuk melindungi kamu dan mobilmu dari risiko selama berkendara. Mulai dari kerusakan ringan, berat, bahkan hingga kehilangan. 

Bukan cuma itu, asuransi juga bisa membantu melindungi kondisi keuangan kamu dari pengeluaran tak terduga akibat kerusakan mobil. Simak penjelasannya di video berikut ini.

Risiko kerusakan kendaraan merupakan hal yang sering kali tidak bisa terhindarkan. Bahkan bisa saja kemarin mobil masih dalam kondisi prima namun hari ini ada komponennya yang bermasalah. 

Jika tidak menyediakan asuransi mobil, maka kamu harus siap-siap merogoh kocek setiap kali harus membawa mobil ke bengkel.

Asuransi mobil akan memberikan rasa aman karena terhindar dari risiko berkendara saja, serta pertanggungan biaya perbaikan kerusakan di bengkel.

Untuk bisa merasakan manfaat dari asuransi mobil, kamu harus membayar premi terlebih dahulu. Hitung estimasi preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

FAQ seputar gejala injektor mobil kotor

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.