4 Cara Menggunakan Double Gardan Mobil Toyota Hilux

4 Cara Menggunakan Double Gardan Mobil Toyota Hilux

Toyota membekali Hilux dengan sistem penggerak 4 roda atau four wheel drive (4WD). Keuntungannya kamu bisa berkendara pada semua jenis medan dan rintangan di jalan. 

Namun, bila tak mengetahui cara menggunakan double gardan Toyota Hilux, maka fitur tersebut tidak akan bisa optimal menghasilkan kinerja terbaiknya.

Fungsi Sistem penggerak 4 roda atau double gardan ini untuk meningkatkan pergerakan roda mobil melalui dua poros roda sebagai sistem penggeraknya. 

Double gardan ini cocok sebagai kendaraan di daerah pedalaman di mana medan jalannya masih penuh dengan lumpur, medan yang licin, atau bahkan tanjakan dan turunan yang curam.

Kendati diklaim bisa melintasi segala medan jalan, akan tetapi bila pengendara belum bisa menguasai cara menggunakan double gardan Toyota Hilux maka percuma saja.

Kamu akan tetap terjebak di dalam medan yang sulit itu. Oleh karena itu, berikut ini cara menggunakan double gardan pada mobil Toyota Hilux.

Cara menggunakan double gardan Toyota Hilux

Ada prosedur khusus untuk mengendarai mobil yang dibekali sistem penggerak 4WD atau double gardan seperti mobil Toyota Hilux 4 x 4 ini. Bila tidak diperhatikan dengan benar, maka bukannya mobil melaju ke depan saat menanjak justru yang ada mobil akan berjalan mundur. Cukup berbahaya bila hal tersebut terjadi.

1. Memperhatikan situasi dan medan jalan

Sebaiknya, kamu mengetahui lebih dulu bagaimana situasi dan kondisi medan jalan yang akan kamu lalui tersebut. Apakah tanjakan atau turunnya begitu curam dan pendek atau sebaliknya. Termasuk perhatikan apakah permukaan jalannya rata atau malah sebaliknya.

Sebab, kamu bisa mempertimbangkan harus menggunakan sistem penggerak roda 2 atau 2WD atau sistem penggerak 4WD

Yang terpenting adalah ketahui cara menggunakan double gardan yang benar supaya mobil tidak mundur ke belakang saat melaju.

2. Menyalakan sistem double gardan Toyota Hilux

Ada tuas khusus atau tombol khusus untuk mengaktifkan sistem penggerak roda ini. Bila berbentuk tuas maka letaknya berada di sebelah tuas transmisi dengan ukuran yang lebih kecil. 

Namun, bila mobil membekali sistem ini dengan button atau tombol, maka biasanya diletakkan di bagian dasbor tengah bawah atau di bagian konsol tengah.

Di fitur tersebut akan ada pilihan H2, H4, dan 4L. Khusus untuk double gardan, kamu bisa memindahkannya ke sistem penggerak 4WD atau 4H. Caranya dengan menekan pedal kopling terlebih dulu, menyalakan tombol gardan kemudian pilih 4H.

Bila posisi masih berada di H2 maka yang terjadi mobil tidak akan bergerak sama sekali karena sistem penggeraknya hanya roda belakang. Sementara H4 merupakan sistem penggerak yang bisa menggerakkan ban depan dan belakang.

3. Mengendarai mobil dengan nyaman dan perlahan

Untuk mengetahui apakah double gardan telah menyala, kamu bisa melihatnya di bagian dasbor di bagian indikator panel. Logo double gardan yang berkedip menandakan kamu telah berhasil mengaktifkan double gardan Toyota Hilux.

Selanjutnya, berkendara dengan nyaman dan secara perlahan-lahan dengan menggunakan gigi 1. Catatan yang perlu diketahui bahwa hindari membawa mobil double gardan dengan kecepatan yang tinggi karena bisa merusak bagian gardan itu sendiri.

Idealnya berkendara di bawah kecepatan 80 kilometer per jam. Namun, untuk Toyota Hilux, kamu cukup melaju dengan rata-rata kecepatan 10 sampai 20 kilometer per jam pada gigi 1. 

Hindari untuk memaksakan mobil dengan berkendara dengan kecepatan melampaui batas sehingga terjadi overspeed yang menyebabkan gardan bisa rusak dan hancur.

4. Mengembalikan sistem penggerak ke posisi normal

Banyak kesalahan pengemudi mobil double gardan adalah lupa untuk mengembalikan pengaturan ke posisi normal yakni H2.  

Padahal, caranya cukup mudah dan masih sama dengan cara mengaktifkannya yakni menekan pedal kopling, menekan button gardan dan memindahkan pengaturan dari H4 menjadi H2. 

Gardan yang kembali ke posisi semula ditandai dengan suara yang timbul setelah pengaturan berhasil diubah.

Mobil apa saja yang double gardan?

Pada dasarnya, mobil double cabin seperti Toyota Hilux ini memang tidak setenar mobil di kelas lain seperti mobil MPV dan SUV. Alasan terkuatnya adalah mobil double gardan dijual dengan harga yang cukup tinggi sehingga minim peminatnya.

Akan tetapi, mobil double gardan ini justru memiliki kapasitas mesin, daya, dan capaian torsi yang besar. Tak heran bila mobil ini mampu melintas medan jalan yang curam dan terjal. 

Namun, mobil ini dinilai kurang cocok digunakan sebagai mobil sehari-hari di daerah perkotaan. 

Di Indonesia sendiri, beberapa mobil yang telah dibekali dengan sistem penggerak 4 roda atau double gardan ini di antaranya:

Masalah yang ditemukan pada gardan mobil

Seperti yang sudah disebutkan, persoalan yang sering terjadi pada pengendara mobil double gardan adalah setelah melintas medan yang cukup berat pengemudi lupa memindahkannya lagi ke pengaturan netral.

Padahal kebiasaan tersebut bisa menyebabkan masalah pada double gardan yang bekerja secara terus-menerus. 

Berikut ini masalah yang sering ditemukan pada gardan mobil.

1. Terdengar suara dengung dari bagian bawah mobil

Saat kamu mendengar suara berdengung yang berasal dari bagian bawah mobil, maka segera lakukan pemeriksaan terhadap kaki-kaki mobil atau komponen mobil lainnya. 

Sebab, asal suara dengung tersebut bisa saja dari gardan mobil yang rusak karena adanya celah antara pertemuan gear yang sudah longgar.

2. Terjadi kebocoran oli pada gardan mobil

Permasalahan selanjutnya adalah adanya kebocoran oli pada sistem gardan mobil. Penyebab kebocoran ini adalah karena batu penutup yang telah rusak sehingga oli mengalami kebocoran.

Untuk mengantisipasinya, segera ganti oli atau menambahkan oli gardan supaya tidak kering.

Pasalnya, semakin menipis pelumas pada sistem gardan maka komponen tersebut semakin sulit bekerja dengan optimal sehingga berdampak pada sistem kerja ban mobil yang sulit bergerak. Disarankan untuk menggunakan pelumas gardan sesuai transmisi mobil.

Misalnya bila kamu memiliki mobil bertransmisi manual maka sebaiknya gunakan pelumas gardan khusus mobil transmisi manual, begitu pula sebaliknya pada mobil bertransmisi otomatis.

3. Terasa getaran pada gardan atau ban mobil

Bila kamu merasa ada getaran berlebih yang bersumber dari ban mobil atau gardan mobil, maka segera periksa komponen tersebut. Biasanya, penyebab getaran adalah karena sambungan atau gear yang telah rusak. 

Dikarenakan komponen pendukung gardan ini mengalami kerusakan sehingga tidak bisa bekerja dengan optimal.

Sejalan dengan itu, maka timbullah getaran pada gardan mobil yang akan kamu rasakan saat berkendara. 

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan setiap komponen mobil tanpa terkecuali sekalipun letaknya yang tak terlihat mata seperti gardan mobil guna menjaga stabilitas dan performa mobil saat melaju.

Namun, bila ternyata gardan mobil sudah terlanjur rusak karena kurangnya informasi yang kamu miliki tentang bagaimana cara menggunakan double gardan pada Toyota Hilux yang benar maka sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel mobil.

Itulah masalah-masalah yang kerap muncul pada mobil gardan. Untuk mobil Hilux, kamu juga bisa cek artikel Lifepal mengenai masalah Toyota Hilux Diesel secara lebih lengkap.

Tips dari Lifepal! Untuk memilih bengkel mobil terbaik untuk memperbaiki gardan mobil Hilux kamu di antaranya pastikan bengkel memiliki teknisi yang andal, peralatan bengkel yang lengkap, dan ketersediaan spare part Toyota original untuk mengganti komponen yang rusak.

Tak perlu khawatir dengan biaya servis dan biaya komponen yang begitu mahal. Sebab, kamu bisa mengandalkan asuransi kendaraan untuk meringankan biaya servis mobil.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar cara menggunakan double gardan Toyota Hilux 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.