30 Pantun Betawi Lucu yang Bisa Membuatmu Tertawa

30 Pantun Betawi Lucu yang Bisa Membuatmu Tertawa

3 menit

Cocok untuk menghibur teman dan memulai hari, simak beragam pantun Betawi lucu yang bisa membuatmu tertawa di sini!

Pantun adalah bagian dari tradisi suku Betawi yang sering digunakan dalam berbagai jenis acara.

Tujuan dari pantun adalah untuk mencairkan suasana sekaligus membuat penonton atau pendengar tertawa terbahak-bahak.

Berbeda dengan pantun biasa, pantun yang satu ini tidak mutlak empat baris, tetapi bisa lebih atau kurang.

Yuk, simak beragam contoh pantun Betawi lucu yang bisa kamu berikan pada teman dan keluarga di bawah ini!

Beragam Pantun Betawi Lucu

Ini adalah beragam pantun Betawi lucu yang bisa membuat temanmu tertawa terbahak-bahak!

  1. Naek delman ke pasar ikan

Beli bandeng campurin teri

Aye dateng beserta rombongan

Nganter tuan raje mude nemuin tuan putri

  1. Ajak anak petik kecapi

Anak nya malah petik buni

Emang enak cuaca begini ngupi

Abis ngupi ngelonin bini

  1. Makan buah salak di sore hari

Buah salaknye dikejar-kejar ame penjualnye

Siape bilang aye dikejar polisi

Aye dikejar noh karna pade mau minta foto

  1. Anak kude naek kerete

Tukang kue naek sepede

Kalo emang itu tujuannye

Tentu ada syaratnye

  1. Bengkwang naro di peti

Itu peti banyak laba-labanye

Abang emang siap menanti

Tapi ngeri ame babehnye

  1. Pesawat terbang menembus awan

Bentuknya hampir sama seekor semut

Banyak orang bilang aye jelek

Nyatanya ratu Elisabeth aje ngejar-ngejar aye

  1. Tempayan tutupnya miring

Anak perawan kentutnya nyaring

Yang janda kentutnya semriwing

Yang bencong kentutnya garing

  1. Jalan-jalan ke pingir kali

Nak bawal ditumisin

Jimat apa yang abang punye

Siang malam cewek tertangisin

  1. Bejubel orang di depan kantor pos

Banyaknye orang kaya pasir di pinggir pantai

Aye ini emang rada sombong

Yang penting barang yang disombongnye bukan cuma mimpi

  1. Ketemu angkatan bawa senjata

Angkatan bernama abang poltak

Si adik manis memang cantik jelita

Tapi sayang ketawanya kok seperti kuntilanak

Kumpulan Pantun Betawi Palang Pintu

Pantun Betawi Palang Pintu

Palang pintu adalah tradisi pernikahan Betawi yang berbentuk adu pantun oleh perwakilan masing-masing mempelai.

Pantun ini berbentuk layaknya seseorang yang bertanya dan berjawab sehingga berkesinambungan, seperti sedang mengobrol.

Melansir dari tribunnews.com, berikut adalah beragam contoh pantun Betawi palang pintu yang bisa kamu gunakan:

  1. Rumah gedongan rumah belande

Pagarnya kawat tiangnya besi

Gue kaga mao tau nih rombongan datengnye dari mane mau kemane

Tapi lewat kampung gue kudu permisi

  1. Makan sekuteng di Pasar Jumat

Mampir dulu di Kramat Jati

Aye dateng ama rombongan dengan segala hormat

Mohon diterime dengan senang hati

  1. Kalo makan buah kenari

Jangan ditelen biji-bijinye

Kalo lu udeh niat dateng kemari

Gue pengen tahu ape hajatnye?

  1. Ade siang ade malam

Ade bulan ade matahari

Kalo bukan lantaran perawan yang di dalam

Kaga bakalan nih laki gue anterin ke mari

  1. Kage salah Abang beli lemari

Tapi sayang kage ade kuncinye

Kage salah abang datang kemari

Tapi sayang tuh perawan ude ade yang punye

  1. Crukcuk kuburan cine

Kuburan Islam aye nyang ngajiin

Biar kate tuh perawan udeh ade yang punye

Tetep aje nih laki bakal jadiin

  1. Kalo jalan lewat Kemayoran

Ati-ati jalannye licin

Daripada niat lu kage kesampaian

Lu pilih mati ape lu batalin

  1. Ibarat baju udah kepalang basah

Masak nasi udah jadi bubur

Biar kate aye mati berkalang tanah

Setapak kage nantinye aye bakal mundur

  1. Ikan belut mati di tusuk

Dalam kuali kudu masaknye

Eh nih palang pintu kage ijinin lu masuk

Sebelum lu penuin persaratannye

  1. Kude lumping dari Tangerang

Kedipin mate cari menantu

Pasang kuping lu terang-terang

Adepin dulu jago gue satu-persatu

  1. Bintang seawan-awan

Aye itungin beribu satu

Berape banyak Abang punya jagoan

Aye bakal adepin satu-persatu

Pantun Betawi Nasehat Bermakna

Pantun Betawi Nasehat Bermakna

Berikut adalah beragam pantun Betawi nasehat yang penuh makna:

  1. Layar perahu boleh tarikin

Sepatu baru boleh dibeliin

Biar kata kita orang miskin

Sholat 5 waktu jangan tinggalin

  1. Makan lolipop sambil dikulum

Tambah enak kalo makan soto babat

Eh, assalamu’alaikum

Yang kaga jawab semoga asam urat

  1. Karang bolong dibikin buat film laga

Beli songkok di Jatiwaringin

Walau pun jarang aye olahraga

Kalo ngrokok ma aye ude kurangin

  1. Pergi ke stadion buat olahraga

Abis olahraga langsung makan buah-buahan

Kalau abang pengen masok sorga

Kudu turutin tuntunan Tuhan

  1. Kelabang demennya makan undur undur

Daerah plosok di Nusa Kembangan

Udah bang ente cuci kaki terus tidur

Nanti besok sekolahnya kesiangan

  1. Lama tak jumpa pun kirim surat

Surat kangen buat si Alvin

Kalau hendak selamat dunia akhirat

Baiknya ente kudu sholat yang rajin

  1. Jalan-jalan ke rumah Atun

Bawa ke mari seekor angsa

Mari kita berbalas pantun

Melestarikan budaya bangsa

  1. Pergi berenang ke pulau Belawan

Pergi nya pas banget hari Rabu

Kata orang tua jangan dilawan

Inget, sorga ada di bawah kaki ibu

  1. Makan roti jangan berlari

Kalaulah jatuh kita yang rugi

Bersihkan hati sucikan diri

Sambut Ramadan sebentar lagi

***

Yuk, baca artikel menarik lainnya hanya di Google News kami agar tidak ketinggalan informasi terkini.

Temukan pula bacaan beragam tema dengan mengakses Berita 99.co.

Sedang mencari rumah di kawasan Bandung seperti Dago Village?

Kunjungi laman www.99.co/id dan Rumah123.com untuk mendapatkan hunian terbaik.

Dapatkan promo menggiurkannya sekarang juga, karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Artikel ini bersumber dari berita.99.co.