30 Fakta Piala Dunia yang Perlu Kamu Ketahui, Nomor 15 Bikin Kaget

30 Fakta Piala Dunia yang Perlu Kamu Ketahui, Nomor 15 Bikin Kaget

Jumat, 25 November 2022 – 15:08 WIB

VIVA Bola – Berbicara tentang Piala Dunia memang selalu mencari perhatian banyak orang. Pasalnya, ini adalah waktu yang indah di mana setiap empat tahun sekali yang terbaik dari yang terbaik di sepak bola internasional bertemu untuk bermain di level tertinggi permainan.  

Piala Dunia adalah turnamen khusus yang sering menawarkan kepada penggemar dan pemain sepak bola nilai tertinggi dan terendah. Tidaklah meremehkan untuk mengatakan bahwa Piala Dunia benar-benar puncak sepak bola profesional.

Patah hati dan kegembiraan adalah hal biasa di turnamen ini, dan setiap tahun terlihat kekalahan yang mengejutkan dan kemenangan yang lebih mengejutkan lagi. Dari kekalahan 7-1 Jerman atas Brasil di turnamen yang diselenggarakan Brasil 2014, hingga Inggris merebut dua pemenang di turnamen 1966 yang mereka selenggarakan sendiri, Piala Dunia memiliki sesuatu untuk setiap penggemar sepak bola.

Laga Piala Dunia 2022 Swiss vs Kamerun

Jadi, jika Anda seperti saya dan Anda menyukai sepak bola dan Piala Dunia, maka tingkatkan beberapa pengetahuan Piala Dunia di sini untuk mengobrol dengan teman sepak ola Anda saat Anda berada di bar selama pertandingan besar berikutnya. Yuk, berikut ini sederet fakta goal tastic tentang Piala Dunia yang menarik diketahui, melansir dari thefactsite.com:

  1. Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali. Hingga saat ini, telah ada 20 turnamen Piala Dunia, yang pertama diadakan pada tahun 1930.
  2. Nama trofi Piala Dunia yang asli adalah Trofi Jules Rimet, yang diambil dari nama Presiden FIFA Jules Rimet yang memberikan suara untuk memulai kompetisi pada tahun 1929.
  3. Uruguay adalah tuan rumah untuk Piala Dunia pertama pada tahun 1930 dan mereka juga memenangkan turnamen tersebut.
  4. 2018 adalah Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di Rusia.
  5. Inggris hanya pernah menjadi tuan rumah turnamen sekali pada tahun 1966, yang juga merupakan satu-satunya saat mereka memenangkan turnamen, mengalahkan Jerman dalam kemenangan 4-2 menit terakhir yang dramatis. Mereka pikir semuanya sudah berakhir, sekarang.
  6. Hampir setengah dari populasi dunia, yaitu 3,2 miliar orang, menonton Piala Dunia 2014.
  7. Piala Dunia 2002, diselenggarakan oleh Korea Selatan & Jepang, adalah Piala Dunia pertama yang diselenggarakan oleh dua negara berbeda.
  8. Brasil saat ini adalah negara yang paling membanggakan kemenangan Piala Dunia, setelah memenangkan lima.
  9. Namun, Jerman dan Italia sama-sama berada di belakang mereka, masing-masing memenangkan empat turnamen.
  10. Kiper Mesir , Essam El Hadary, adalah pemain tertua yang pernah bermain di Piala Dunia pada usia 45 tahun, setelah bermain di Piala Dunia Rusia 2018. Setelah menyelamatkan penalti Fahad Al Muwallad dari Arab Saudi di pertandingan terakhirnya, dia kemudian menjadi penjaga gawang tertua yang pernah menyelamatkan penalti di Piala Dunia.
  11. Orang tertua yang pernah mencetak gol di Piala Dunia adalah pemain Kamerun Roger Milla, yang mencetak gol melawan Rusia pada 1994.
  12. Dalam Piala Dunia tuan rumah Rusia 2018, jarak antara Ekaterinburg dan Kaliningrad, kota tuan rumah paling timur dan kota tuan rumah paling barat, adalah 1.500 mil. Itu jarak yang sama dari Moskow ke London.
  13. Gol Piala Dunia tercepat terjadi hanya 10,89 detik setelah kick off dan dicetak oleh Hakan Sukur dari Turki melawan Korea Selatan pada tahun 2002.
  14. Skor tertinggi dalam pertandingan Piala Dunia adalah saat Austria mengalahkan Swiss 7 – 5 di Swiss sebagai tuan rumah Piala Dunia 1954.
  15. Pada tahun 1966, trofi Piala Dunia dicuri sebelum turnamen dan hilang selama 7 hari sebelum ditemukan oleh seekor anjing bernama Pickles .
  16. Penjaga gawang Inggris Peter Shilton, penjaga gawang tim pemenang Inggris tahun 1966, memegang rekor clean sheet tertinggi, setelah mendapatkan 10 clean sheet di Piala Dunia.
  17. Meksiko adalah tim dengan kekalahan terbanyak, kalah dalam 25 pertandingan berbeda sejak Piala Dunia dimulai.
  18. Italia adalah tim yang memiliki hasil imbang Piala Dunia terbanyak dengan total 21 hasil imbang.
  19. Brasil adalah tim dengan kemenangan Piala Dunia terbanyak, setelah memenangkan 70 pertandingan di turnamen tersebut.
  20. Brasil juga memegang rekor kemenangan terbanyak dalam satu turnamen, memenangkan 7 pertandingan di Piala Dunia 2002 di Korea Selatan/Jepang. Singkatnya, mereka memenangkan setiap pertandingan di turnamen tahun itu. Itu semua tiga pertandingan Grup, pertandingan Babak 16 Besar mereka, pertandingan Perempat Final, pertandingan Semi Final, dan kemudian pertandingan Final untuk memenangkan gelar Piala Dunia ke- 5 mereka.
  21. Jerman hanya pernah gagal melewati babak penyisihan grup di Piala Dunia sebanyak dua kali. Sekali lagi pada tahun 1938, kemudian 80 tahun kemudian di Piala Dunia 2018 di mana mereka tersingkir untuk mempertahankan gelar mereka di grup dengan kekalahan telak di tangan Korea Selatan.
  22. Italia dan Brasil adalah dua tim yang pernah memenangkan turnamen dua kali berturut-turut.
  23. Indonesia adalah tim yang paling sedikit memainkan pertandingan Piala Dunia, hanya bermain sekali pada tahun 1938.
  24. Pada 2026, jumlah tim yang lolos ke Piala Dunia akan melonjak dari 32 menjadi 48.
  25. Gol terbanyak yang pernah dicetak dalam satu pertandingan Piala Dunia adalah 5 gol yang mengesankan, yang dicetak oleh Oleg Salenko dari Rusia pada tahun 1994.
  26. Argentina adalah tim dengan jumlah kartu merah dan kuning tertinggi di semua turnamen Piala Dunia yang mereka mainkan.
  27. Pensiunan striker Jerman Miroslav Klose adalah pencetak gol terbanyak Piala Dunia, setelah mencetak total 16 gol.
  28. Seperti yang dapat dibuktikan oleh banyak penggemar Inggris yang patah hati, Inggris adalah tim yang paling banyak kalah dalam adu penalti Piala Dunia, setelah kalah dalam adu penalti di 3 Piala Dunia terpisah.
  29. Namun, musuh sepak bola Inggris, Jerman, adalah tim yang paling banyak memenangkan adu penalti Piala Dunia, dengan total menang 4 kali.
  30. Pada awal Perang Dunia II pada tahun 1939, rencana untuk Piala Dunia 1942 dibatalkan, demikian pula Piala Dunia 1946 karena FIFA tidak memiliki dana untuk turnamen tersebut dan masih harus membangun kembali dirinya sendiri setelah konflik yang menghancurkan.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.