Mau Dapat Hasil Foto Terbaik dari Galaxy S23? Begini Caranya!

Mau Dapat Hasil Foto Terbaik dari Galaxy S23? Begini Caranya!

Telset.id  – Tidak terbantahkan, seri Galaxy S23 hadir dengan kualitas kamera gacor. Tapi tidak cuma itu, sorotan juga ditujukan pada kemampuan kamera Galaxy S23 Ultra yang dapat mengekspor file dalam format Expert RAW.

Samsung telah meluncurkan seri Galaxy S23. Dan hal hebat dari seri Galaxy S23 adalah kemampuan kameranya yang lebih mumpuni dibandingkan seri sebelumnya, terutama untuk model Galaxy S23 Ultra.

Namun bukan hanya sensor jumbo 200MP saja, sorotan juga ditujukan pada kemampuan kamera Galaxy S23 Ultra yang dapat mengekspor file dalam format Expert RAW.

Fitur ini pada dasarnya adalah jawaban Samsung untuk format ProRAW yang digunakan Apple untuk iPhone kelas atas. Dan seperti yang bisa Anda tebak, Anda perlu melakukan beberapa settingan manual untuk mendapatkan hasil maksimal dari fitur ini.

BACA JUGA:

Mengapa RAW

Jika Anda adalah pengguna smartphone yang serius dengan fotografi, RAW adalah cara yang tepat. Format ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak kendali atas bidikan dan memungkinkan kontrol halus selama fase pengeditan.

Dan jika dibandingkan dengan JPG, format ini tidak dikompresi. Jadi Anda tidak akan kehilangan detail apa pun dengan hasil foto bidikan tersebut. Bagusnya, Galaxy S23 hadir dengan kapasitas penyimpanan yang cukup.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan ukuran file foto Expert RAW yang lebih besar. Dan karena file ini tidak dikompresi, Anda mendapatkan semua data dari sensor. Itu pada akhirnya akan memungkinkan Anda membuat bidikan terlihat persis seperti yang Anda inginkan.

Sekarang, itu tidak berarti bahwa format JPG yang akan diambil oleh Galaxy S23 secara default buruk. Sensor yang ditingkatkan, dikombinasikan dengan kekuatan AI, pasti akan membuatnya layak untuk konten di Instagram. Namun demikian, jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari sensor, Anda harus membidik pada mode Expert RAW.

Galaxy S23 Expert RAW vs iPhone ProRAW

hasil foto terbaik Galaxy S23

File Expert RAW di seri Galaxy S23 memiliki dukungan untuk kedalaman warna 16-bit. Sebagai perbandingan, fitur ProRAW di iPhone adalah 12-bit. Itu berarti, Anda akan mendapatkan lebih banyak warna dengan mode Expert RAW dari ponsel Galaxy S23. Dan itulah perbedaan utama antara iPhone ProRAW dan Expert RAW.

Selain itu, Expert RAW dapat menyimpan gambar dalam format file DNG dan JPG RAW. Dan file-file ini menawarkan lebih banyak kemungkinan pengeditan after-shot daripada file RAW biasa.

Misalnya, di aplikasi Expert RAW, Anda dapat menyempurnakan sebagian besar pengaturan foto. Itu termasuk white balance, ISO, nilai eksposur, dan kecepatan rana.

BACA JUGA:

Software Apa yang harus Digunakan?

hasil foto terbaik Galaxy S23

Pertanyaannya, agar bisa mendapatkan hasil foto yang lebih ciamik, perangkat lunak apa yang harus Anda gunakan di Galaxy S23 untuk file RAW? Mari kita bahas satu per satu.

Tidak semua orang punya waktu untuk mentransfer file ke PC dan mengeditnya. Kabar baiknya adalah, Anda dapat mengedit file Expert RAW di perangkat Galaxy S23 Anda.

Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua perangkat lunak foto mampu menangani format RAW. Dan itu juga berlaku untuk format Expert RAW.

Kini, Samsung dan Adobe baru saja mengumumkan fitur Expert RAW. Artinya, Lightroom akan menjadi “editor foto default eksklusif” untuk foto RAW yang diambil dengan aplikasi Expert RAW. Jadi, untuk memanfaatkan sepenuhnya kamera Galaxy S23, Anda harus menggunakan Adobe Lightroom.

hasil foto terbaik Galaxy S23

BACA JUGA:

Pengumuman itu datang bersamaan dengan debut aplikasi Expert RAW. Aplikasi ini pada dasarnya memungkinkan Anda mengambil foto RAW dari kamera asli ponsel. Dan aplikasi dapat menghasilkan banyak format file yang berbeda, termasuk JPG. Anda bisa mendapatkan aplikasi Expert RAW langsung dari Galaxy Store.

Setelah itu, Anda dapat menggunakan file-file itu di aplikasi Lightroom untuk mengedit hasil jepretan dengan halus. Harap diketahui, aplikasi Expert RAW saat ini sudah tersedia untuk Galaxy S21 Ultra, Galaxy S22, Galaxy S22 Plus, dan Galaxy S22 Ultra.

Jadi, jika Anda menggunakan salah satu model smartphone yang kami sebutkan di atas, maka Anda sudah dapat memanfaatkan aplikasi luar biasa ini. [SN/HBS]

 

Artikel ini bersumber dari telset.id.

error: Content is protected !!