Ukraina Identifikasi Komandan Rusia Diduga Beri Perintah Tembak Warga Sipil

Ukraina Identifikasi Komandan Rusia Diduga Beri Perintah Tembak Warga Sipil

portal-rakyat.com – Dinas Keamanan Ukraina (SBU) mengatakan telah mengidentifikasi seorang komandan Rusia yang memerintahkan pasukan untuk menembaki warga sipil pada hari-hari awal invasi. Mereka menuduh komandan tersebut yakni Letnan Kolonel Yevgeniy Zelenov.

Seperti dilansir CNN, Minggu (11/12/2022), Dinas Keamanan Ukraina menyebut Letnan Kolonel Yevgeniy Zelenov, yang merupakan seorang wakil komandan di Distrik Militer Barat, memerintahkan pasukan untuk menembak mobil sipil di pintu masuk Kharkiv pada hari pertama invasi Rusia ke Ukraina, 24 Februari 2022 lalu.

Pihak Ukraina mengklaim dalam sebuah pernyataan bahwa pada hari itu, Zelenov memimpin kelompok taktis batalion Rusia dan “melakukan permusuhan aktif dengan unit Angkatan Pertahanan di arah timur.”

“Menurut penyelidikan, kelompok pendudukannya mendekati jalan lingkar Kharkiv dari sisi desa Lyptsi dan memblokir pintu masuk ke pusat regional,” ucap Dinas Keamanan Ukraina.

“Pada saat yang sama, penduduk setempat yang melakukan perjalanan dari pemukiman perbatasan wilayah menuntut lalu lintas dibuka dan melawan penjajah,” imbuhnya.

Dinas Keamanan Ukraina mengklaim Zelenov memerintahkan bawahannya untuk menembaki mobil warga sipil. Akibat perintah itu, satu orang tewas dan dua orang luka parah.

“Akibat kejahatan tersebut, satu orang tewas, setidaknya dua orang luka parah,” kata dinas keamanan.

CNN sudah berupaya menghubungi Kementerian Pertahanan Rusia untuk mengomentari tuduhan tersebut. Namun, Rusia secara konsisten membantah menargetkan warga sipil dalam apa yang disebutnya “operasi militer khusus” di Ukraina.

error: Content is protected !!