Pesawat Pengebom Milik China dan Rusia Terbang Bersama, Dua Negara Dinilai Ancam Jepang

Pesawat Pengebom Milik China dan Rusia Terbang Bersama, Dua Negara Dinilai Ancam Jepang

portal-rakyat.com – Jepang menilai jika Rusia dan China melakukan ancaman terhadap Negeri Sakura itu.

Hal tersebut berkaitan dengan empat pesawat pengebom milik China dan Rusia yang terbang bersamaan di dekat perairan Jepang , Rabu, 30 November 2022.

Diterbangkannya empat pesawat tersebut direspons oleh Kementerian Pertahanan Jepang .

“Dua peswat H-6 milik China dan dua peswat Tu-95 mili Rusia melakukan penerbangan bersama jarak jauh dari Laut Jepang ke Laut China Timur melalui Pasifik pada Rabu, 30 November 2022 sore (waktu setempat),” kata Kemenhan Jepang .

Selain empat pesawat tersebut, ada pesawat tempur lain milik China yang ikut bergabung dalam penerbangan itu.

Jepang menganggap aksi yang dilakukan China sebagai ancaman militer dan menyamapikan keprihatinannya kepada China dan Rusia melalui saluran diplomatik.

Pada hari yang sama, Kemenhan Jepang mengatakan dua pesawat pengembom milik China , sebelumnya terbang melalui Selat Tsushima di Jepang Barat Daya dari Laut China Timur ke Laut Jepang pada pagi hari waktu setempat, sebelum menuju ke utara dengan melintasi sebelah barat pulau Takeshima.

“Dalam waktu yang hampir bersamaan, dua pesawat yang diduga milik Rusia , terbang ke selatan di atas perairan sebelah utara Takeshima, berbalik arah menuju ke utara. Namun, pesawat tersebut tidak memasuki wilayah teritorial Jepang ,” ujar Kemenhan Jepang .

China dan Rusia mengakui jika mereka menerbangakn peswata tersebut dengan dalih patroli di atas Laut Jepang dan Laut China Timur.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Kyodo-OANA, China juga mengakui jika mereka melakukan penerbangan dengan pesawat Rusia .***

error: Content is protected !!